Tak Cuma Performa Prosesor, Ini Lima Keunggulan Laptop dengan Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45)

Author
Irham
Reading time:
October 7, 2021

Seperti kita ketahui, Laptop generasi terbaru dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45) kini sudah banyak tersedia di pasaran termasuk di Indonesia.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45

Prosesor dengan teknologi paling canggih dari Intel tersebut memang membawa banyak daya tarik terutama dari sisi performa yang kini jauh ditingkatkan dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi, seperti sudah menjadi tradisi, dalam menghadirkan prosesor terbaru Intel tidak hanya menjadikan performa sebagai nilai jual utamanya

Baca Juga: Intel Core 11th Gen ‘Rocket Lake’ Resmi Rilis, Core i9-11900K Flagship Dihargai pada 539 USD • Jagat Review

Ada banyak hal baru yang dibawa berbarengan dengan hadirnya prosesor Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45) yang membuat Laptop yang menggunakannya punya keunggulan tersendiri. Apa sajakah itu? Ini dia daftar lima keunggulan laptop dengan platform Intel Core Generasi ke 11 Tiger lake-H (H45)

Thunderbolt 4

Konektor yang punya kecepatan super kencang ini memang spesial sekali karena dapat meng-Upgrade GPU di Laptop. Yap! Upgrade GPU. Bukan sekedar Upgrade RAM atau Storage.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45

Kini pengguna dapat menambahkan Discrete GPU tambahan jika di Laptop mereka ada konektor Thunderbolt dengan menggunakan perangkat External GPU. Jumlah Discrete GPU yang ditambahkan bahkan bisa lebih dari satu buah. Ekstra performa grafis yang ditawarkan oleh External GPU tentunya akan disukai salah satunya oleh mereka yang bergerak dibidang animasi 3D.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (6)

Pada pengujian kami, waktu Rendering paling tidak dapat dipangkas hingga setengahnya dengan menggunakan tambahan satu External GPU. Bayangkan jika ada tambahan dua External GPU lagi yang dipasangkan.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45

External GPU juga membuat performa grafis Laptop tetap bisa kekinian meskipun performa Discrete GPU di dalam laptop, yang mungkin diwaktu mendatang sudah ketinggalan. Konektor Thunderbolt 4 juga telah memenuhi standar spesifikasi USB4 yang seharusnya akan mulai populer dalam beberapa tahun ke depan.

Simak Juga: Video – Review Intel Core Gen-11 H45 “Tiger Lake” di Laptop ASUS ROG Zephyrus S17 GX703HS • Jagat Review

Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) yang kami jumpai rata-rata sudah dilengkapi konektor Thunderbolt 4 paling tidak satu buah. Yang dilengkapi dua buah juga ada

SSD PCI Express Gen 4

Sekencang-kencangnya Laptop, Data yang diolah tetap akan diambil dari Storage. Kalau Storage-nya lamban maka performa keseluruhan sistem akan ikut terpengaruh.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 15

Prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) telah dilengkapi teknologi PCI Express Gen 4 yang menawarkan Bandwidth hingga dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Ini berarti Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) dapat menggunakan SSD PCI Express Gen 4 yang super kencang. Kecepatannya jangan ditanya lagi. Hampir dua kali lipat SSD PCI Express Gen 3 atau sekitar 6000-7000 MB/s.

RAID 0

Prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) kini menawarkan konfigurasi RAID 0 yang terhubung langsung ke prosesor melalui jalur PCI Express Gen 4. Tentunya saat dua SSD PCI Express Gen 4 di RAID 0, kecepatannya akan melambung lebih tinggi lagi.

Raid 0

Kami pernah menjumpai kecepatan SSD lebih dari 12000 MB/s di Laptop yang menggunakan konfigurasi RAID 0. Dengan kecepatan setinggi itu, tentunya Laptop yang telah menggunakan konfigurasi RAID 0 siap untuk standar kecepatan SSD yang lebih tinggi lagi di masa depan.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 19

Memang tidak semua Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) akan langsung dilengkapi konfigurasi RAID 0. Bisa jadi karena tidak ada slot M.2 kedua atau slot M.2 kedua kecepatannya tidak sama dengan slot M.2 utama. Atau jikalau mendukung, pengguna perlu menambahkan SSD M.2 kedua dan mengaktifkan sendiri konfigurasi RAID 0-nya

Wi-Fi 6

Perlahan tapi pasti konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax akan mulai menggeser keberadaan Wi-Fi 5/Wi-Fi ac. Terlebih Smartphone modern mulai banyak yang menyediakan dukungan konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax yang bukan tidak mungkin akan mulai diikuti oleh Laptop.

WiFi 6E

Dibandingkan pendahulunya, konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax menawarkan kecepatan lebih tinggi dan tingkat Latency lebih rendah. Ini berarti Transfer Data ukuran besar dengan cepat tidak harus menggunakan kabel.

Laptop dengan prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) rata-rata sudah dilengkapi konektivitas Wi-Fi 6 atau bahkan Wi-Fi 6E yang lebih canggih lagi. Belum lagi modul untuk konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi ax juga datang dengan standar Bluetooth V5.2 yang paling canggih saat ini.

Dukungan AV1 Codec

Integrated Graphics di prosesor Intel Intel Core Generasi ke 11 (H45) telah mendukung akselerasi secara Hardware untuk Video Codec AV1.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (26)

Video Codec AV1 kini mulai populer digunakan seperti di layanan Video Streaming Youtube, aplikasi Video Confrencing Cisco Webex, bahkan di aplikasi Video Editor DaVinci Resolve. Di masa depan bukan tidak mungkin Video Codec AV1 akan semakin populer digunakan di aplikasi-aplikasi ternama.

Kami sendiri pernah membandingkan jika Video AV1 di Youtube punya ukuran lebih kecil dibandingkan Video VP9 yang juga ada di Youtube. Dengan ukuran lebih kecil Video AV1 akan lebih hemat Bandwith dan tidak memakan banyak kuota.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (26)

Video dengan Codec AV1 memang bisa saja ditangani oleh prosesor atau Discrete GPU tetapi itu akan memakan Resource besar yang bisa menghabiskan baterai dengan cepat saat Laptop tidak menggunakan Charger. Tentunya penggunaan Integrated Graphics akan membuat penggunaan Resource jauh lebih kecil.

Kesimpulan

Tentu saja, produsen laptop bisa memilih untuk menggunakan atau tidak menggunakan fitur-fitur yang kami bahas kali ini. Akan tetapi, kami sudah menemukan banyak yang menggunakan sebagian atau bahkan semuanya. Setidaknya, untuk WiFi6 dan kemampuan AV1 seharusnya sudah tersedia.

Sementara itu, untuk thunderbolt 4, kami masih melihat ada beberapa laptop dengan prosesor Intel H45 yang tidak menggunakannya. Tapi sudah kian banyak yang memakainya, bahkan ada yang menggunakan hingga 2 port.

Lima keunggulan Intel Core Generasi ke 11 H45 (3)

Untuk SSD PCI Express Gen 4, juga sama. Kami sudah melihat banyak laptop gaming kelas menengah atas dengan Intel H45 yang menggunakannya. Akan tetapi, mungkin dengan alasan harga, masiha da juga yang menggunakan SSD dengan kecepatan di kisaran 3000an GB/s.

Kemampuan RAID0 menggunakan 2 atau lebih SSD PCI Express Gen 4 mungkin agak sulit ditemukan. Akan tetapi, di laptop gaming kelas atas, sudah ada beberapa yang kami temui di pasaran Indonesia.

Pada akhirnya, Intel Core Generasi ke-11 “Tiger Lake-H” atau Intel H45 ini memang hadir tidak sebagai peningkatan performa prosesor saja. Akan tetapi, kami melihatnya sebagai peningkatan kemampuan platform secara menyeluruh.

Ini adalah hal yang menarik. Karena, yang membeli laptop berperforma tinggi, pada umumnya bertujuan untuk memakainya untuk jangka waktu panjang. 3-4 tahun, atau bahkan lebih. Seiring dengan waktu, konektivitas, dukungan codec, dan kecepatan storage tentu akan meningkat. Sementara, laptop yang menggunakan fitur-fitur ekstra yang kita bahas tadi, akan terasa tetap up to date dalam jangka waktu yang cukup lama.

Simak video 5 keunggulan Keunggulan Laptop dengan Intel Core Generasi ke 11 “Tiger Lake-H” (H45) berikut ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…