Mengenal Intel vPro Platform: Bukan Sekadar Logo

Reading time:
October 28, 2021

Jika mengikuti kami dalam beberapa bulan ini, pastinya tahu bahwa kami sudah sering membahas soal Intel EVO. Serentetan prasyarat fitur dan kemampuan, diberlakukan untuk laptop yang hendak menyandang label EVO. Membuat kita bisa yakin bahwa laptop EVO akan memiliki segudang fitur kekinian dan performa yang mantap, untuk laptop tipis dan ringan kelas consumer.

intel vpro 3

Sementara untuk kalangan pekerja dan bisnis, selain ada EVO ada lagi standar lainnya yang sebenarnya sudah ada semacam standar yang sejak lama ada: vPro.

Kali ini kita akan bahas mengenai apa itu Intel vPro dan kenapa logo ini sebenarnya bukan bertujuan membuat harga komputer untuk kebutuhan bisnis atau perusahaan jadi mahal. Tapi, sebenarnya membuat komputer dengan logo tersebut menjadi lebih terjamin kestabilan, keamanan, dan maintenance-nya. Yang pada akhirnya membuat kegiatan produktivitas perusahaan sehari-hari jadi lebih aman dan nyaman.

intel vpro 2

Sebelum mulai, pahami dulu bahwa sebuah perusahaan akan memiliki kebutuhan khusus terkait perangkat yang digunakan karyawannya. Karena, laptop rusak atau kena virus, bagi karyawan adalah masalah waktu terbuang dan kelelahan ekstra. Bagi perusahaan, keterlambatan tersebut bisa langsung terkait ke penghasilan bernilai jutaan, milyaran, bahkan sampai triliunan Rupiah.

Perusahaan akan rela membayar sedikit lebih, demi keamanan dan kepastian. Hal ini yang sama bahkan membuat perusahaan atau bisnis yang serius akan memiliki divisi IT khusus untuk menangani masalah yang mungkin terjadi dalam proses bekerja. Itu pengeluaran bulanan yang terus-menerus, beda dengan laptop yang 1x beli untuk beberapa tahun lho. Tapi, terkadang, itu semua belum cukup, karena kepastian ekstra masih dibutuhkan. Oleh karena itu, di sinilah letak fungsi vPro sebagai platform yang divalidasi Intel menjadi penting.

Apa itu Intel vPro?

intel vpro 8

Platform vPro adalah: platform yang divalidasi oleh Intel dengan fitur terintegrasi untuk performa, keamanan, kemampuan manajemen perangkat, dan kestabilan yang semuanya terintegrasi jadi satu. Jadi komputer dengan logo vPro, dipastikan memiliki semua fitur itu.

Komponen-komponen vPro itu penting karena itulah yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik besar maupun kecil. Saat harus membeli PC baru, kalau dari sudut pandang konsumen biasa, fokus kita umumnya ada di harga dan performa. Sementara untuk bisnis atau perusahaan, yang dicari adalah:

  • Performa, pastinya hal ini dicari. Tapi, pertimbangan soal performa ini akan mengarah ke produktivitas. CPU dan GPU kencang bisa jadi cuma satu faktor saja, agar produktivitas pengguna PC tersebut terjaga, faktor penunjang performa lain harus diperhatikan, seperti storage dan konektivitas.
  • Stabilitas platform yang divalidasi, ini memastikan tidak ada downtime, atau saat di mana PC tidak bisa digunakan, karena alasan-alasan teknis. Misalnya update sistem operasi atau driver yang menghadirkan masalah di PC, itu bisa dihindari dengan validasi yang ketat di platform secara menyeluruh.
  • Keamanan, ini tentunya sangat penting, terutama untuk data penting perusahaan. Saat ini, faktor keamanan ini jadi makin penting karena ancaman keamanan data bukan cuma terkait mengamankan PC dari akses pihak yang tidak berkepentingan secara fisik saja, tapi juga dari serangan digital.
  • Remote manageability, ini mungkin tidak penting untuk PC pribadi, tapi untuk perusahaan ini bisa menghemat banyak potensi pengeluaran yang seharusnya bisa dihindari. Tim IT dari perusahaan bisa menyelesaikan masalah untuk suatu PC dari jarak jauh/remote, bila platform PC tersebut mendukungnya. Ini bisa membawa penghematan, bisa dari waktu dan produktivitas, bisa juga dari sisi biaya.

Faktor-faktor tersebut menjadi hal yang seharusnya jadi perhatian utama perusahaan dalam memilih PC untuk bisnis mereka. Rumit? Ya, pastinya. Karena tidak sesederhana seperti hanya melihat hasil benchmark atau FPS dalam game saja.

intel vpro 1

Oleh karena itu, Intel menghadirkan Intel vPro, platform tervalidasi yang mencakup berbagai hal penting yang harus diperhatikan tersebut. Jadi, berbagai aspek di PC dengan Intel vPro ini sudah disesuaikan sehingga bisa menjawab hal-hal tersebut: performa, keamanan, manageability, dan stabilitas.

Intel vPro: Paket Lengkap Menjawab Kebutuhan Bisnis

Jadi, bagaimana Intel vPro ini bisa menjawab hal-hal penting yang diperhatikan tersebut?

Jawabannya dengan menghadirkan syarat ketat yang harus dipenuhi. Intel juga bekerja sama secara erat dengan produsen PC yang mengusung Intel vPro, memastikan platform tervalidasi yang ditawarkan benar-benar memenuhi syarat untuk menjawab hal-hal penting tersebut.

intel vpro 9

Mari ambil contoh dari syarat terbaru Intel vPro Platform for Mobile Processor. Platform ini akan hadir dalam wujud laptop/notebook atau mobile workstation yang cocok digunakan di lingkungan bisnis out-of-the box.

Untuk aspek performa, syaratnya adalah:

  • menggunakan Intel Core vPro U-Series atau H-Series, atau Intel Xeon W-11000
  • menggunakan Intel Xe Graphics Architecture
  • memiliki Intel Wi-Fi 6 terintegrasi atau menggunakan modul Intel Wi-Fi 6E
  • opsi Intel Ethernet Connection, jadi selain Wi-Fi bisa ada juga koneksi jaringan via kabel
  • menggunakan Intel SSD, jadi pasti responsif dan durabilitas dari sisi storage akan lebih terjamin
  • dilengkapi dengan Thunderbolt 4, ini untuk konektivitas kencang ke berbagai alat yang mungkin saja dibutuhkan
  • mendukung Intel Deep Learning Boost, menawarkan akselerasi untuk aplikasi yang memanfaatkan artificial intelligence
  • khusus untuk yang menggunakan Intel Xeon W-11000, ada syarat tambahan yaitu harus menggunakan memori dengan ECC (Error Correcting Code)

Sementara untuk keamanan, syarat yang harus dipenuhi adalah:

intel vpro 10
  • menawarkan Intel Hardware Shield, yang di antaranya berisi:
    • Intel Threat Detection Technology
    • Intel Trusted Execution Technology
    • Intel System Security Report
    • Intel System Resource Defense
    • Intel Virtualization Technology
  • di produk-produk khusus, aspek ini juga mencakup Intel Trusted Supply Chain untuk memastikan tidak ada kompromi sama sekali dari sisi keamanan

Beralih ke manageability, atau kemudahan manajemen perangkat, ada:

  • Intel Active Management Technology (AMT)
  • Intel Endpoint Management Assistant
  • Intel Setup and Configuration Software
  • Intel Remote Secure Erase

Lalu, untuk aspek stabilitas, terdapat:

intel vpro 12
  • Intel Stable IT Platform Program, ini merupakan jaminan “true business class” yang menargetkan tidak ada penggantian hardware sama sekali selama minimal 15 bulan atau sampai generasi berikutnya hadir.
  • Microsoft Windows 10 Validation Program, ini memastikan PC Intel vPro dengan Windows 10 tidak akan mendapatkan update yang belum siap pakai, dalam arti semua update yang dirilis sudah divalidasi berfungsi dengan baik, tidak membuat masalah yang menyebabkan PC tidak bisa digunakan atau menawarkan fungsi di bawah yang seharusnya.
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…