Mengenal Onassis: Produk Smart Home yang Beda dan Lengkap

Author
Irham
Reading time:
December 7, 2021

Saat ini tentunya sudah banyak brand yang menawarkan produk-produk teknologi rumah pintar atau Smart Home. Seperti yang telah mampir berikut ini yaitu Onassis.

Brand produk Smart Home atau Smart Living yang satu ini terbilang unik. Mereka bukan cuma menyediakan produk yang umum dijumpai seperti lampu pintar, remote infra red pintar, CCTV pintar, dan lain sebagainya.

Mengenal Produk Onassis Smart Home

Onassis Ini adalah brand produk Smart Living/Smart Home dari Indonesia milik BLC Group/PT Karya Megah Gunungmas. BLC Group adalah perusahaan yang sudah berumur 19 tahun dan produk-produknya sudah digunakan di lebih dari 10 juta rumah di Indonesia. Produknya berupa berbagai jenis door lock, lengkap dengan berbagai aksesorisnya.

Brand Onassis ini hadir dengan moto utama “Now Everyone Can Have a Smart Home”. Ini mungkin bisa diartikan kalau produk yang mereka tawarkan memiliki harga yang terjangkau, atau mudah digunakan, atau memiliki tawaran yang lengkap untuk membangun sebuah smart home komplit. Atau, mungkin bisa juga berarti kombinasi dari ketiga hal itu.

Ya, memang saat ini produk Smart Home/Smart Living seperti ini jadi makin banyak dipakai, karena menghadirkan banyak kemudahan bagi penggunanya. OK, mari kita lihat, produk apa saja yang ditawarkan oleh Onassis ini!

Produk-Produk Smart Home Onassis

Onassis meminjamkan berbagai produk Smart Living/Smart Home yang mereka miliki untuk kami coba langsung. Nah, sebelum mulai mencoba dan menjelaskan secara singkat produk-produk tersebut, tentu saja kami harus menginstall aplikasi kontrol untuk produk Onassis.

Aplikasi tersebut adalah Onassis Smart, yang tersedia di Google Play Store maupun Apple AppStore. Setelah aplikasi tersebut diinstall dan kita login ke sistem, maka kita sudah bisa melakukan menambahkan perangkat ke aplikasi dan mulai menggunakannya.

Cara untuk menambahkan perangkat tentu akan berbeda-beda untuk setiap jenis perangkat. Ada lembar panduan di dalam boks setiap perangkat yang menunjukkan caranya.

Namun, secara garis besar, cara menambahkan perangkat ke aplikasi adalah dengan menjalankan mode koneksi, yang bisa dilakukan dengan menekan dan menahan tombol yang ada di perangkat; melakukan scan kode di perangkat; menyala-matikan perangkat beberapa kali; atau bisa juga membuat perangkat memindai kode di layar smartphone.

Baca Juga: IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja? • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Sementara untuk kontrol, setelah perangkat ditambahkan ke Onassis Smart, kita bisa mengintegrasikannya ke Google Assistant, Siri, atau Amazon Alexa. Jadi, ya, kita bisa melakukan kontrol melalui voice command juga, bisa langsung dari smartphone atau dari perangkat seperti Google Home atau Amazon Echo.

Nah, berikutnya kita akan membahas beberapa produk Onassis yang diantaranya yaitu sebagai berikut

WiFi Smart Bulb

Mengenal Produk Onassis Smart Home

Ini lampu pintar dengan “million colours” yang bisa dikontrol warna, tingkat kecerahan, dan hidup/matinya melalui aplikasi. Terdapat dua varian yang ditawarkan Onassis:

  • 9W RGBW: varian ini memiliki tingkat kecerahan sampai 810 Lumens.
  • 12W RGBWW: untuk yang satu ini, tingkat kecerahannya mencapai 1110 Lumens.

Kedua varian WiFi Smart Bulb ini menawarkan 16 million color light. Sementara untuk warna putih, tersedia opsi color temp. antara 2700K sampai 6500K.

Smart LED Stripe

sesuai namanya, ini adalah LED Stripe yang bisa diubah warnanya, diatur nyala-matinya, dan dinyala-matikan dari aplikasi. LED Stripe ini tersedia dalam 3 varian, yaitu 2 M, 5 M, dan 10 M, yang tentu saja berbeda di panjangnya.

Mengenal Produk Onassis Smart Home

Tingkat kecerahan yang ditawarkan LED Stripe ini mencapai 350 Lumens per meter, dengan 16 million color light, dan color temp. untuk warna putih dari 2700K sampai 6500K.

Mengenal Produk Onassis Smart Home

Untuk memasok daya dan mengontrol LED Stripe ini, dibutuhkan unit Smart Adaptor, yang merupakan kombinasi dari adaptor daya dan WiFi Controller. Ada dua varian untuk Smart Adaptor, yaitu varian 1A untuk LED Stripe sampai dengan panjang 2 meter, serta 4A untuk LED Stripe sampai panjang 10 – 12 meter.

Smart Universal IR Remote

Mengenal Produk Onassis Smart Home

Ini bisa menggantikan remote control elektronik rumahan dengan basis infrared. Jadi, cukup meletakkan alat ini di tengah ruangan, semua perangkat lain di ruangan yang bisa dikontrol dengan remote control dan memiliki line-of-sight ke alat ini bisa dikontrol dari jarak jauh, dengan app Onassis Smart, lewat infrared yang dipancarkan Smart Universal IR Remote ini.

Door & Window Smart WiFi Sensor

Ini adalah sensor yang bisa dipasang ke pintu atau jendela, untuk mendeteksi apakah pintu atau jendela dalam keadaan terbuka atau tertutup. Kita tentu saja bisa memanfaatkan alat ini untuk mencatat aktivitas buka-tutup pintu atau jendela dengan memanfaatkan fitur record yang ada, atau memantau kondisi pintu/jendela sewaktu-waktu, bahkan saat kita tidak ada di rumah.

Mengenal Produk Onassis Smart Home 20

Bila dibutuhkan, alat ini juga bisa mengirimkan notifikasi ke app Onassis Smart yang ada di smartphone pengguna saat status pintu berubah, misalnya dari tertutup menjadi terbuka, atau sebaliknya.

Atau, kita juga bisa menggunakan perangkat ini bersama dengan perangkat lain seperti smart alarm sirine dan Smart Wireless Camera

Smart Alarm Sirine

Mengenal Produk Onassis Smart Home

sesuai namanya, ini sirine yang bisa berbunyi bila ada trigger yang masuk. Salah satunya bisa dari alat Door & Window Smart WiFi Sensor. Jadi, misalnya saat pintu terbuka, alat ini bisa diatur agar mengeluarkan suara: bisa sebagai peringatan untuk akses buka pintu yang tidak dikehendaki, atau bisa juga untuk bell pintu yang otomatis berbunyi saat pintu dibuka.

Smart Wireless Camera

Ini adalah network camera dengan fitur PTZ (Pan – Tilt – Zoom), menawarkan sudut pemantauan 360° dan audio dua arah. Alat ini dilengkapi dengan fitur deteksi gerakan yang dibekali juga dengan push notification setiap ada gerakan yang terdeteksi di area yang dipantau.

Baca Juga: Review Imou Bullet 2: CCTV Outdoor Tidak Wajib Internet • Jagat Review

Smart Wireless Camera juga dibekali fitur infrared untuk pengambilan gambar di kondisi minim cahaya, dengan jarak hingga 10 meter.

Ada 2 varian Smart Wireless Camera yang ditawarkan Onassis:

  • Smart Wireless Indoor Camera – sesuai namanya kamera ini lebih ditujukan untuk penggunaan di dalam ruangan.
  • Smart Wireless Outdoor Camera – sementara, untuk di luar ruangan, ada juga varian yang satu ini.

Keduanya mengusung sensor 2 MP, dengan slot Micro SD untuk media penyimpanan footage video yang diambil. Bila dibutuhkan ada juga opsi penyimpanan video langsung ke cloud.

Load Comments

Gadget

April 30, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 5-6.9 Juta

Setelah membahas rekomendasi smartphone pilihan kami di rentang harga kurang…
April 29, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 3-4.9 Juta

Setelah membahas Smartphone Rekomendasi dari kami, tim Jagat Review, yang…
April 29, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 1-2.99 Juta

Menjelang Hari Raya Lebaran, tidak sedikit yang berpikir untuk membeli…
April 28, 2022 - 0

Review Jimmy BX5: Vacuum Cleaner yg Bisa Berantas Virus dan Tungau

Kali ini kita akan menguji penyedot debu atau Vacuum cleaner…

Laptop

May 10, 2022 - 0

Review ThinkPad X1 Carbon Gen 9: Acuan Laptop Bisnis Premium Kelas Atas

Laptop yang satu ini adalah salah satu opsi laptop bisnis…
May 8, 2022 - 0

Laptop Content Creator Terbaik Menjelang Lebaran 2022

Setelah dari kemarin sempat membahas laptop non gaming di rentang harga…
May 8, 2022 - 0

Laptop Gaming Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Harga Rp 20 Juta Ke Atas

Setelah dari kemarin sempat membahas laptop non gaming di rentang harga…
May 7, 2022 - 0

Laptop Non Gaming Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Harga Rp 15-20 Juta

Setelah dari kemarin sempat membahas laptop non gaming di rentang harga…

Gaming

May 18, 2022 - 0

Dead by Daylight Dapat Game Dating Sim

April Mop sudah lewat jauh memang dan biasanya momen tersebut…
May 17, 2022 - 0

Kojima Productions Buka Lowongan Baru untuk Proyek Misterius

Sepertinya sudah bukan rahasia umum bahwa Hideo Kojima saat ini…
May 17, 2022 - 0

Anime Cyberpunk: Edgerunners Akan Bagi Detail Baru Bulan Depan

Beberapa dari Anda mungkin sudah melupakan fakta bahwa tidak hanya…
May 17, 2022 - 0

MultiVersus Rilis Trailer Sinematik

Sebuah ide cermelang yang seharusnya sudah diwujudkan sejak dahulu kala,…