Direct Release: Telkom dan Microsoft Perkuat Kolaborasi dengan Tingkatkan Keterampilan Digital Tiga Ribu Lebih Karyawan Telkom

Reading time:
January 12, 2022

Jakarta, 11 Januari 2022 – Telkom Indonesia bersama Microsoft Indonesia secara resmi memulai sebuah program pelatihan digital untuk karyawan Telkom guna mendukung transformasi digital korporasi, dengan memaksimalkan berbagai program skilling yang Microsoft miliki. Secara total, sebanyak 3.000 lebih karyawan yang berasal dari empat departemen/anak perusahaan Telkom Indonesia ditargetkan akan mengikuti program ini hingga Maret 2022. Inisiatif ini selanjutnya juga dapat diperluas ke Yayasan Pendidikan Telkom melalui Telkom University.

Gambar 1 Telkom dan Microsoft Perkuat Kolaborasi dengan Tingkatkan Keterampilan Digital Tiga Ribu Lebih Karyawan Telkom

Melalui program ini, karyawan Telkom memiliki akses ke kelas-kelas Microsoft di level dasar (fundamental) dan lanjut (advanced). Kelas fundamental diselenggarakan secara mandiridi mana peserta dapat menentukan waktu belajarnya sendiri, dengan berfokus pada modul-modul terkait data dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), keamanan siber, serta arsitektur teknologi Azure. Sementara itu, kelas advanced dipandu oleh Microsoft Technical Trainer dengan fokus pada keterampilan digital berdasarkan jenis pekerjaan, sehingga memberikan nilai tambah bagi karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Adapun jenis pekerjaan ini antara lain AI EngineerData EngineerData ScientistDeveloper, dan Solution Architect. Usai menyelesaikan kelas-kelas yang relevan, seluruh karyawan Telkom yang berpartisipasi dapat mengambil sertifikasi internasional Microsoft.

Jemy V. Confido, Chairman Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) mengatakan, “Sebagai perusahaan penyedia layanan informasi dan telekomunikasi, sudah menjadi tugas kami untuk terus memperbarui produk dan layanan kami agar semakin relevan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tak mungkin terjadi tanpa terlebih dulu memastikan bahwa Telkom memiliki talenta digital yang modern dan unggul dalam keahliannya masing-masing. Untuk itu, program pelatihan keterampilan digital bersama Microsoft dirancang untuk membuat Telkom lebih gesit, fleksibel, dan mengedepankan penciptaan inovasi melalui teknologi cloud dan AI.”

Diselenggarakan sebagai salah satu tindak lanjut dari kolaborasi Telkom Group dan Microsoft yang diresmikan pada 19 Agustus lalu, program ini menjadi awal dari peningkatan pengalaman digitalisasi Telkom. Dimulai dengan keterampilan karyawan, kolaborasi ini akan dilanjutkan dengan transformasi produk/layanan, optimalisasi operasi, serta penciptaan pengalaman baru bagi konsumen. Secara lebih makro, inisiatif ini juga diharapkan dapat mendukung kebutuhan Indonesia terhadap sembilan juta talenta digital hingga 2030 mendatang. Dengan demikian, potensi realisasi percepatan transformasi digital dan perwujudan kedaulatan digital di Indonesia akan semakin besar.

Nina Wirahadikusumah, Business Strategy Director Microsoft Indonesia mengatakan, “Kami di Microsoft percaya bahwa sumber daya manusia adalah aset paling berharga yang dapat sebuah perusahaan miliki. Maka dari itu, kami menyambut baik antusiasme ribuan karyawan Telkom untuk mengikuti program pelatihan keterampilan digital dan mengambil sertifikasi internasional Microsoft, yang dapat mendukung proses transformasi digital Indonesia. Sejalan dengan inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia, kami harap inisiatif ini dapat menjadi teladan baik bagi perusahaan lain di seluruh Indonesia untuk memberdayakan tenaga kerja. Menyongsong percepatan perkembangan teknologi informasi di era berbasis cloud saat ini.”

Untuk menjaga antusiasme karyawan Telkom selama mengikuti program, rangkaian pelatihan yang ada juga akan diselingi dengan partisipasi para developer internal Telkom di Microsoft Cloud Skills Challenge dan Code; Without Barriers for Diversity and Branding Telkom Indonesia. Microsoft Cloud Skills Challenge merupakan platform pembelajaran dengan konsep gamifikasi, sehingga membuat belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sementara itu, Code; Without Barriers merupakan program yang mendukung perempuan untuk memperdalam kemampuan teknologi digital, sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif, mendorong inovasi, dan mengatasi kesenjangan gender di sektor ini.

Load Comments

Gadget

January 17, 2022 - 0

Install Aplikasi di Smartphone Baru Huawei: Sulit atau Tetap Mudah?

Pada bulan Juli 2020 lalu, kami dari Jagat Review sempat…
January 6, 2022 - 0

Review Infinix Note 11 Pro: Smartphone Gaming Harga Rp 2 Jutaan

Di lab pengujian Jagat Gadget, sudah ada Infinix Note 11…
January 6, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G: Smartphone Flagship Samsung Termurah di 2022

Smartphone Galaxy Fan Edition, ini dimulai dari Galaxy Note FE…
December 24, 2021 - 0

Smartphone Terbaik 2021 Pilihan Kami di Harga 1-2 Juta Rupiah

Melanjutkan dari video-video sebelumnya, kali ini kami dari Jagat Review…

Laptop

January 24, 2022 - 0

Review Lenovo Legion Slim 7 AMD: Laptop Tipis nan Kencang dengan Ryzen dan GeForce RTX

Terkadang kami sering mendengar berbagai pertanyaan seperti ini: “apakah ada…
January 24, 2022 - 0

Review MSI Delta 15 A5EFK-050ID: Laptop Gaming AMD Advantage yang Kencang dan Tidak Mahal

Standar AMD Advantage memang membuat pilihan Laptop Gaming kelas menengah…
January 22, 2022 - 0

Review Infinix INBook X2: Keren, Terjangkau, dan Lengkap dengan Fitur Baru

Pertengahan tahun lalu, Infinix, yang mungkin lebih dikenal lewat smartphone…
January 20, 2022 - 0

Review Axioo Slimbook 14: Laptop Murah dengan Ryzen 3 dan Ryzen 5

Banyaknya kegiatan online seperti sekolah, kuliah dan WFH membuat banyak…

Gaming

January 28, 2022 - 0

Saingan FIFA – UFL Unjuk Gameplay, Jadikan Cristiano Ronaldo Bintang Utama

Jika kita berbicara soal satu genre yang nyaris tak pernah…
January 28, 2022 - 0

Yu-Gi-Oh! Master Duel Tembus 4 Juta Unduhan dalam 1 Minggu !

Menyenangkan tentu saja melihat nama Konami kembali dibicarakan di industri…
January 28, 2022 - 0

Horizon Forbidden West Rampung

Menjadi salah satu seri sekuel yang paling diantisipasi di tahun…
January 28, 2022 - 0

Ubisoft Akan Matikan Game Battle Royale – Hyper Scape April Ini!

Hampir semua gamer sepertinya memahami bahwa genre battle-royale adalah genre…