Direct Release: OPPO Manfaatkan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Memperingati Hari Bumi

Author
Irham
Reading time:
April 23, 2022

Setiap tanggal 22 April, masyarakat dunia memperingati Hari Bumi untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya melindungi lingkungan dan planet ini. Sebagai perusahaan teknologi global yang berupaya meningkatkan kehidupan melalui teknologi, OPPO memprioritaskan tanggung jawabnya sebagai entitas korporasi global yang memiliki komitmen jangka panjang terhadap keberlanjutan lingkungan. OPPO terus memanfaatkan teknologi dan kekuatan brand perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk planet bumi, mulai dari penerapan sistem operasional dan desain produk ramah lingkungan hingga edukasi untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap keberlanjutan.

Sampah plastik merupakan salah satu isu utama dalam pencemaran lingkungan saat ini. Menurut data dari United Nations Environment Programme, sekitar 11 juta ton sampah plastik dibuang ke laut setiap tahunnya. Sampah plastik yang tidak dibuang dengan benar akan mencemari tanah, air, dan akhirnya masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang kita makan. Zat mikroplastik tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan dan sayangnya tidak banyak yang mengetahui hal ini.

OPPO Hari Bumi 1

Untuk mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam kemasan perangkat, OPPO telah menerapkan prinsip kemasan hijau “3R+1D” yang telah diakui secara internasional yang berfokus pada pengurangan, daur ulang, penggunaan kembali bahan plastik, dan beralih ke bahan plastik yang bersifat degradable. Melalui pendekatan ini, OPPO telah berhasil mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam pengemasan di Eropa hingga 95% sejak tahun 2019. OPPO juga memanfaatkan bahan asam polilaktat yang dapat terurai untuk menggantikan penggunaan plastik konvensional.

OPPO Hari Bumi 2

Hutan merupakan tempat yang memiliki berbagai sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Namun, karena semakin meluasnya penggundulan hutan, area hutan hujan Amazon telah berkurang 17% selama 50 tahun terakhir karena banyak pohon yang ditebang. Penggundulan hutan dan pengurangan lahan hutan merupakan ancaman langsung terhadap keanekaragaman hayati di bumi dan dapat mempercezpat pemanasan global.

OPPO Hari Bumi 3

Untuk mengurangi penggunaan serat kayu, OPPO  memanfaatkan berbagai bahan daur ulang. Misalnya di Eropa, kemasan untuk seri OPPO Find X5 terbuat dari sekitar 45% serat daur ulang. Serat ini berasal dari kertas daur ulang atau sampah organik lainnya, seperti tebu dan bambu.

Volume limbah elektronik yang dihasilkan secara global telah meningkat sebesar 21% selama lima tahun terakhir, kategori limbah rumah tangga meningkat paling cepat. Meskipun demikian, hanya 17,4% limbah elektronik yang telah didaur ulang. Memahami ancaman jangka panjang yang ditimbulkan oleh limbah elektronik terhadap lingkungan, OPPO telah berinisiatif untuk menciptakan produknya lebih tahan lama. OPPO juga telah menjalankan program daur ulang untuk produk elektronik yang terbuang untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

OPPO Hari Bumi 4

Sebagai contoh, peluncuran terbaru OPPO Find X5 series dilengkapi dengan Battery Health Engine yang dikembangkan secara mandiri oleh OPPO. Battery Health Engine memungkinkan baterai smartphone untuk mempertahankan lebih dari 80% kapasitas aslinya setelah 1.600 siklus pengisian penuh yang memanfaatkan teknologi 80W SUPERVOOC flash charge dari OPPO. Kapasitas ini lebih dari dua kali rata-rata dibandingkan dengan yang ada di industri dan memastikan bahwa setiap baterai dapat digunakan lebih lama dan tidak dibuang.

OPPO juga telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan lain dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk mendorong insiatif daur ulang limbah elektronik. Di Eropa, OPPO memberikan dukungan finansial bagi pengembangan sistem daur ulang di negara tersebut dan bermitra dengan organisasi daur ulang profesional untuk menerapkan program daur ulang untuk limbah elektronik. Di Australia, OPPO telah bekerja sama dengan Taronga Conservation Society guna mengajak masyarakat untuk mendaur ulang limbah elektronik dengan benar dan mengurangi jumlah limbah elektronik yang berakhir dibuang.

OPPO juga merupakan salah satu produsen smartphone pertama yang bergabung dalam Eco Rating, sebuah program yang diprakarsai oleh beberapa operator seluler terkemuka di Eropa untuk mengevaluasi kinerja lingkungan ponsel di seluruh siklus hidupnya. Melalui partisipasinya dalam program ini, OPPO bekerja sama dengan pihak lain di industri untuk mendorong transformasi keberkelanjutan lingkungan.

OPPO tak hanya menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah lingkungan dan mendorong keberlanjutan lingkungan melalui teknologi, tetapi juga bermitra dengan berbagai LSM untuk mengajak masyarakat dunia turut terlibat dalam mengatasi masalah tersebut.

OPPO Hari Bumi 5

Di Italia, OPPO bermitra dengan LSM dalam negeri bernama Free Plastic Odv Onlus untuk mengadakan kegiatan pengumpulan sampah plastik di lima kota pada tahun 2021. Dibantu oleh lebih dari 1.000 sukarelawan, lebih dari 10 ton sampah plastik telah didaur ulang melalui program tersebut.

Di Australia, OPPO juga telah bermitra dengan Reef Restoration Foundation (RRF) melalui aplikasi AR untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai krisis lingkungan yang terjadi di Great Barrier Reef, , dan mengajak masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan. Pada tahun 2021, OPPO juga telah menyumbangkan dana lebih dari $52.000 untuk membantu RRF memproduksi 1.000.000 karang baru di Great Barrier Reef pada tahun 2026.

OPPO Hari Bumi 6

Melindungi lingkungan alam dan keanekaragaman hayati di bumi ini merupakan topik besar yang tidak dapat diabaikan. Terdapat satu juta spesies yang saat ini terancam punah dan OPPO berharap dapat memanfaatkan teknologi untuk melestarikan keanekaragaman dan keindahan semua spesies di planet bumi. Selama dua tahun berturut-turut, OPPO telah menjalankan kampanye Endangered Colours bersama dengan National Geographic untuk menampilkan berbagai foto hewan yang terancam punah untuk menginspirasi banyak orang agar melestarikan keanekaragaman hayati planet ini. Dalam kampanye ini, OPPO juga memberikan dukungan untuk organisasi nirlaba bernama National Geographic Society dalam mendorong upaya konservasi satwa liar.

Melindungi bumi ini merupakan tanggung jawab bersama kita semua. OPPO meyakini bahwa melalui kemajuan teknologi dan gerakan bersama yang melibatkan masyarakat dunia, dan kita dapat membantu melindungi lingkungan alam. Pada Hari Bumi ini, mari bergabung bersama OPPO untuk menyongsong masa depan yang lebih ramah lingkungan, dimulai dari sendiri.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…