Bermain Game Jadi Media “Pelampiasan” Orang Indonesia Selama Pandemi
Survei global yang dilakukan produsen PC asal Amerika Serikat, HP, di 13 negara dengan lebih dari 1000 responden di tiap negara mengungkapkan hal menarik mengenai kebiasaan masyarakat selama pandemi berlangsung. Selama pandemi, masyarakat menjadikan Gaming sebagai aktivitas untuk menjaga kesehatan mental, berinteraksi dengan orang lain, dan meningkatkan kemampuan diri. Bahkan untuk kalangan orang Indonesia sendiri, sebanyak 95% diantaranya mengaku menghabiskan waktu selama pandemi dengan aktivitas Gaming. Presentase tersebut bahkan jauh lebih besar dibandingkan data global yang hanya 69%.
Survei tersebut juga menunjukkan jika 4 dari 5 orang tersebut kini punya persepsi lebih positif terhadap aktivitas Gaming, seiring meningkatnya waktu bermain Game. Responden mengungkapkan jika bermain Game telah membantu mereka untuk mengurangi stres, membuat suasana hati jadi lebih baik, dan meredakan kekhawatiran mereka. Gaming iuga membuat Gamer tetap dapat berinteraksi dan meniaIin hubungan dengan teman, keluarga, bahkan orang-orang lainnya walau terpisah secara fisik selama pandemi. Bahkan responden Indonesia juga senang dengan interaksi dan kedekatan yang terbangun dari aktivitas Gaming.
Menariknya lagi, orang-orang tersebut ternyata kini ingin terlibat lebih jauh di dunia Gaming dengan selalu mencari cara untuk berkompetisi dengan Gamer di seluruh dunia dan terhubung dengan komunitasnya. Menurut survei, sekitar 42% reesponden mengatakan jika mereka ingin menjadi bagian dari komunitas Gaming. Sementara 54% lainnya ingin cara lebih mudah untuk tetap berinteraksi dengan sesama Gamer.
“HP percaya bahwa perubahan dan pertumbuhan yang konstan adalah budaya Gaming yang sesungguhnya. Kami melihat peluang untuk meningkatkan pengalaman bermain Game dengan menggandeng komunitas dan melalui Insight yang kami dapat dari hasil survei. Hal ini semakin mendorong kami untuk lebih memberdayakan para Gamer agar lebih inklusif, tetapi terhubung satu sama lain, dan berkembang bersama dengan ekosistem GAming dan aktivitas lokal kami yang kuat,” kata Edo Jonathon Chandra, Market Development Manager, HP Indonesia.
HP pun berkolaborasi dengan Pro-Players, Game Caster, dan Content Creators seperti Kevin ‘XCcurate’ Susanto, Donna Visca, Dyland Pros, Benny Moza, Nabbsky, serta EVOS Funi mengajak Gamer tersebut untuk berbagi dan menghargai pengalaman kekalahan mereka saat bermain Game sebagai bagian dari perjalanan mereka untuk berkembang. Bertemakan ‘Thank Your Losses’, para Influencer berbagi pengalaman mereka sendiri yang mendorong mereka untuk belajar dan menjadi lebih baik lagi dalam bidang masing-masing.
“Saya melihat kekalahan sebagai kesempatan untuk berkembang. Dengan menganalisis setiap kekalahan, saya belajar untuk lebih Agile dan dapat bermain lebih baik lagi. Selain itu, menang atau Comeback setelah sebelumnya kalah itu rasanya puas banget.” ujar Kevin ‘XCcurate’ Susanto.
Nah, hampir 50% Gamer di Indonesia menginginkan akses lebih mudah ke sumber daya yang mendukung aktivitas Gaming mereka. HP sendiri memiliki sejumlah lini produk yang siap mangakomodir kebutuhan Gamer di Indonesia untuk meningkatkan Gameplay mereka. Beberapa diantaranya seperti
- Omen by HP 16 Laptop
- Victus by HP 16 Laptop
- Omen by HP 45L Gaming Desktop