Apa Arti UPS Saat Ini? – Bukan Hanya Untuk Penyelamat PC Desktop!

Reading time:
July 5, 2022
APC by Schneider Electric 7

UPS, atau uninterruptible power supply. Alat yang satu ini dulu bisa jadi dipandang sebagai pahlawan yang menyelamatkan kita saat listrik padam. Siapapun yang bekerja dengan PC desktop pasti tahu seberapa menyakitkannya apa yang kita kerjakan hilang begitu saja karena listrik padam. Ini berlaku mulai dari pelajar atau mahasiswa sampai karyawan atau bahkan pemilik tempat usaha.

UPS memberikan waktu kita untuk setidaknya menyimpan file yang tengah kita kerjakan dan mematikan PC desktop. Jadi, apa yang kita kerjakan tidak hilang begitu saja karena belum tersimpan atau lebih buruk lagi karena PC rusak.

APC by Schneider Electric 1

Tapi, itu dulu. Bagaimana dengan sekarang, era di mana sudah banyak yang pakai laptop. Apa UPS jadi makin tidak berguna? Atau apa ternyata UPS masih punya fungsi lain, bahkan yang mungkin belum banyak diketahui? Kita bisa lihat kalau produsen UPS masih terus menawarkan produk-produk mereka. Bahkan salah satu produsen UPS ternama, APC by Schneider Electric terus memperbarui jajaran UPS mereka dengan produk-produk baru.

Ya, ini menandakan kalau UPS masih tetap dibutuhkan.  Bahkan, menurut pengamatan kami, skenario di mana UPS dibutuhkan malah jadi makin banyak di era saat ini!

Mari kita mulai dari fungsi dasar UPS, menyediakan daya yang bisa digunakan di kondisi darurat, seperti saat listrik padam.

Fungsi Dasar: Menyediakan “Backup Time” Saat Listrik Padam

Selain membuat kita mendapatkan waktu untuk menyimpan file pekerjaan kita dan mematikan PC desktop, ini juga bisa digunakan untuk hal lain. Misalnya, kita bisa menggunakan UPS untuk memberikan daya ke modem dan router Internet.

Jadi, saat listrik padam, kita masih bisa mengakses Internet untuk beberapa waktu dari laptop, tablet, atau dari smartphone kita.

APC by Schneider Electric 5

Misalnya kita menggunakan UPS dari APC by Schneider Electric, BVX700LUI-MS yang masuk ke Easy UPS BVX Series ini. Perangkat ini disebut bisa memasok daya sampai hampir 30 menit untuk perangkat dengan konsumsi daya sekitar 40 Watt.

Modem, Router, WiFi Access Point

Kalau cuma untuk modem dan router Internet bawaan ISP, yang seharusnya konsumsi dayanya cukup rendah, sekitar 15 W – 20 W, kita jadi bisa Internetan sampai 1 jam saat listrik padam.

TV

Kalau punya TV 32” yang umumnya konsumsi dayanya sekitar 40 Watt, saat listrik padam, kita masih bisa nonton TV sekitar 30 menit dengan menggunakan UPS terjangkau tersebut. Lumayan nih, kalau pas lagi ada final pertandingan bola atau MotoGP, misalnya. Kan ga seru kalau pas di menit-menit akhir tiba-tiba mati lampu.

Opsi yang Lebih Besar

Kalau ingin waktu pakai yang lebih lama, kita bisa pilih UPS dengan rating daya yang lebih besar, misalnya dari Easy UPS BVX Series ini ada BVX900LI-MS yang bisa memberikan waktu backup sampai 80 menit untuk penggunaan sekitar 40 Watt, atau BVX1200LI-MS untuk waktu backup sampai 88 menit.

APC by Schneider Electric 6

Terkait berapa daya maksimal yang bisa dipasok oleh UPS dan juga berapa waktu backup yang bisa diberikan UPS, umumnya datanya diberikan oleh produsen di spesifikasi produk. Untuk UPS dari APC by Schneider Electric, informasi waktu backup ini juga ada di kemasan produk.

UPS keluaran baru seperti Easy UPS BVX Series ini juga punya port USB, jadi kita bisa pakai juga untuk charging tablet atau smartphone kita.

Bagaimana dengan Laptop?

Apa tidak butuh UPS lagi karena sudah punya baterai? Tidak juga!

APC by Schneider Electric 9

Ada beberapa kondisi di mana pengguna laptop pun bisa diuntungkan dengan adanya UPS.

  1. Saat laptop-nya belum terisi penuh baterainya, dan listrik padam. UPS bisa membantu melanjutkan pengisian baterai.
  2. Laptop yang sudah berumur dan baterainya sudah lemah, dengan memasangnya ke UPS, kita tidak perlu khawatir baterai habis sebelum kita sempat menyimpan pekerjaan kita dan mematikan laptop dengan benar.
  3. Untuk laptop high performance, atau laptop gaming, menghubungkan laptop ke UPS berarti saat listrik padam, laptop bisa tetap beroperasi di mode performa tinggi, setidaknya untuk beberapa menit. Karena, laptop gaming kan performa tertingginya adanya saat dicolok ke listrik. 

Misalnya untuk laptop gaming kelas menengah dengan konsumsi daya sekitar 200 Watt, dengan BVX900LI-MS atau BVX1200LI-MS, laptop seharusnya bisa tetap kita gunakan di performa tinggi selama kurang lebih 10 – 15 menit.

Ini berguna misalnya saat bermain game AAA di laptop, kita bisa melanjutkan game setidaknya sampai save point terdekat tanpa penurunan performa yang mungkin membuat game jadi terasa kurang nyaman dimainkan. Setidaknya kita bisa menyimpan progress kita dalam game dan mematikan laptop dengan benar tanpa khawatir baterai laptop habis terpakai sebelum kita selesai.

Melindungi Data di NAS

APC by Schneider Electric 15

Beralih ke NAS. Perangkat ini juga umum dihubungkan ke UPS, sehingga saat listrik padam kita masih punya waktu untuk mematikannya dengan benar. Ini akan membantu menjaga kesehatan HDD yang ada di dalamnya.

Untuk Playstation & XBOX

Lalu, game console, ya ini juga bisa merasakan manfaat dari UPS. Kita bisa menghubungkan game console dan TV ke UPS, sehingga saat listrik padam, kita setidaknya bisa mematikan console dengan benar, atau bila memungkinkan, mencari save point terdekat baru mematikan console dengan benar.

Untuk game console “next gen” dengan TV 55”, seharusnya UPS seperti BVX900LI-MS atau BVX1200LI-MS bisa memberikan kita waktu sekitar 5 – 7 menit.

CCTV

Di luar PC dan gadget, kita juga bisa memanfaatkan UPS agar sistem CCTV di rumah kita tetap menyala sekalipun listrik tengah padam. Atau bisa juga untuk perangkat IoT. Terutama untuk yang CCTV-nya menggunakan daya yang disuplai dari kabel ethernet. Kita tinggal memasang UPS pada Switch saja untuk menjaga CCTV tetap menyala meski listrik padam.

Perangkat Lain

APC by Schneider Electric 8

Kalau di luar dunia teknologi, ada juga yang memanfaatkan UPS ini untuk akuarium. Jadi saat listrik padam, alat-alat pendukung akuarium tetap mendapatkan daya, seperti untuk filter air, alat generator oksigen, dan mungkin juga penghangat airnya.

Kalau untuk yang piara ikan, UPS bisa memastikan sistem aerasi atau udara tetap nyala dalam waktu yang cukup lama lho. Kalau besar, bisa berjam-jam itu. Penting banget, untuk memastikan ikan-ikan tidak kehabisan udara saat listrik padam.

Jadi, sebenarnya untuk fungsi dasar dari UPS saja, skenario penggunaannya banyak.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…