Kenapa TV Layarnya Makin Lama Makin Besar? Tren Big Screen TV feat. Sony Bravia XR 65X90K

Reading time:
July 14, 2022
Sony Bravia XR 65X90K

Berbicara di era TV tabung, 25” terasa besar. Lalu, sekitar 10 tahun lalu, ukuran layar 40” saat itu sudah dirasa besar. Tapi, sekarang, ukuran 40” seharusnya sudah terasa biasa, tidak lagi dianggap besar. Sekarang, kita mungkin baru bisa menganggap TV ukuran 55”, atau bahkan di atas itu, sebagai TV layar besar.

Sony Bravia XR 65X90K 2

Tentunya, perubahan pandangan “ukuran besar” ini terjadi karena beberapa hal. Salah satunya ya karena makin banyak yang mengincar ukuran layar lebih besar karena membawa banyak keunggulan. Nah, kali ini, kami akan coba membahas keunggulan menggunakan TV layar besar yang bisa langsung dirasakan. Selain itu, kami juga akan bahas gambaran TV layar besar yang terbilang pas untuk saat ini!

TV Besar, Apa Keunggulannya?

TV besar tentunya akan lebih puas untuk menikmati konten. Tapi kenapa puas dan nikmat? TV besar berarti kita akan bisa menonton dari jarak agak jauh. Di jarak 2 meter, TV akan terasa sangat besar, dan dari jarak 3-5 meter pun, konten dalam TV masih akan jelas ditonton. Jadi, untuk ruangan besar, TV besar 55” ke atas akan nyaman.

Sony Bravia XR 65X90K 3

Ini membuat kita bebas memposisikan sofa dan tempat duduk yang membuat banyak orang sekaligus bisa menonton. Nonton beramai-ramai, atau sekeluarga, tentunya akan seru. Di ruangan yang lebih kecil, jarak tonton sekitar 2 – 3 Meter, akan membuat ruangan terasa seperti bioskop!  Nonton pertandingan olah raga bersama atau main game bersama? Tentunya akan jauh lebih seru.

Selain itu, karena jarak menonton jadi tidak dekat-dekat banget, kalau ada anak-anak di rumah, akan lebih baik juga untuk mereka. Jadi tidak dekat-dekat dengan TV.

Besar Saja Apa Cukup? Feat. Sony Bravia XR 65X90K

Kalau bicara era saat ini, sekedar besar saja seharusnya masih belum cukup. Akan ada banyak hal yang umumnya akan kita harapkan dari sebuah TV dengan layar besar. Kami akan jelaskan dengan menggunakan salah satu TV yang menurut kami terbilang sebagai contoh yang pas, Sony Bravia XR 65X90K.

Sony Bravia XR 65X90K 4

Ini adalah TV dengan ukuran layar 65”, masih tergolong besar di era saat ini. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah resolusi layar, terutama untuk TV dengan ukuran besar.  Kalau TV dengan layar besar masih menggunakan resolusi rendah, seperti Full HD di TV 65”, tampilan di layar TV akan terasa kurang.

Sony Bravia XR 65X90K 5

Kenapa? Karena itu berarti ukuran piksel di layar akan jadi besar. Ini bisa berimbas ke tampilan yang jadi tidak terlihat tajam. Untungnya, kebanyakan TV ukuran besar yang ada saat ini, termasuk 65X90K, sudah memiliki resolusi setidaknya 4K UHD. Resolusi 4K UHD, atau 3840 x 2160 piksel, memadai untuk TV hingga layar 65”, bahkan sampai 75”. Mendukung layar menawarkan tampilan yang relatif tajam.

Sony Bravia XR 65X90K 6

Kemudian, kualitas tampilan dan suara. Ini juga penting karena kepuasan menikmati konten di TV akan sangat tergantung dari hal ini. Produsen TV umumnya akan menyertakan berbagai teknologi mereka yang bisa meningkatkan kualitas tampilan dan suara yang dihasilkan produk mereka. Untuk Sony, mereka menggunakan Cognitive Processor XR untuk TV lini BRAVIA XR, termasuk 65X90K ini.

Sony Bravia XR 65X90K 7

Teknologi ini diklaim membuat TV bisa memahami seperti apa kita melihat dan mendengar konten yang ditampilkan, memungkinkan penyesuaian bisa dilakukan sehingga konten akan terasa lebih immersive, dengan menggunakan AI. TV dengan Cognitive Processor XR bisa menampilkan gambar yang dalam, natural, dan nyata dengan XR Picture.  Hal ini didukung juga dengan XR Triluminos Pro yang bisa menampilkan warna yang akurat, hingga miliaran warna, yang tentunya terlihat impresif di mata manusia

Sony Bravia XR 65X90K 9

Ada juga backlit Full Array LED dengan Local Dimming yang menambah kedalaman tampilan. Dan kontras jadi makin mantap. XR Picture sendiri terdiri dari XR Color yang bisa memproses warna sehingga terlihat di layar sesuai dengan yang kita lihat di dunia nyata, bahkan warna yang terlihat buram atau pucat pun bisa diproses sehingga yang tampil adalah warna yang mendekati kenyataan. 

Kemudian ada XR Contrast yang tentu saja sesuai namanya mengatur gelap-terangnya tampilan di sehingga tidak ada area tampilan yang terlihat washed-out atau blown-out.  Hal ini tentu saja didukung oleh Local Dimming dan fitur XR Contrast Boost 10. 

Sony Bravia XR 65X90K 11

Ada juga XR Clarity yang membuat kita bisa menikmati konten dengan resolusi mendekati 4K walaupun resolusi video yang diputar di bawah itu, dengan mengaktifkan XR 4K Upscaling. Detail di tampilan akan terlihat lebih baik, dibandingkan dengan di resolusi standar. 

Terakhir, ada juga XR Motion, yang membuat gerakan cepat di tayangan yang ditonton terlihat lebih sempurna, dengan dukungan XR Motion Clarity.

Sony Bravia XR 65X90K 13

Beralih ke suara, Cognitive Processor XR menawarkan XR Sound.  Ada XR Sound Position yang membuat suara yang dikeluarkan speaker di TV diatur sedemikian rupa sehingga terdengar sesuai dengan posisi munculnya suara di video yang tampil di layar.  Kemudian ada XR Surround, yang mengusung 3D Surround Upscaling. Fitur ini membuat suara dari video apapun yang ditonton diproses menjadi “3D Audio”. 

Ada juga Voice Zoom 2 yang bisa membuat dialog di video terdengar lebih jelas dan nyata.

Nah, resolusi sudah, kualitas tampilan dan suara sudah, apa lagi ya? Ah, iya, Smart TV!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…