Review Dell Pro 2K Webcam – WB5023: Resolusi Tinggi, Punya Fitur HDR dan AI Auto Framing

Author
Irham
Reading time:

Instalasi

Untuk instalasi atau pemasangan Dell Pro 2K Webcam – WB5023, sangatlah mudah. Cukup sambungkan kamera webcam ke port USB yang ada di PC Desktop/Laptop pengguna, maka kamera webcam langsung bisa digunakan.

Review Dell Pro 2K Webcam

Tapi untuk pengaturan lebih lengkap dari kamera web ini, pengguna harus menginstal aplikasi pendukungnya terlebih dahulu yaitu Dell Peripheral Manager, yang bisa didownload secara gratis di situs resmi Dell.

Software Dell Peripheral Manager

Melalui aplikasi ini pengguna bisa mengatur konfigurasi pada perangkat peripheral Dell. Tentunya di pengujian review Dell Pro 2K Webcam – WB5023 kami akan membahas tampilan menu untuk webcam tersebut. Beberapa tab menu yang ditampilkan di aplikasi ini untuk kamera Dell Pro 2K Webcam

Preset

Di tab menu urutan pertama ada Preset. Dimana terdapat beberapa preset tampilan pengambilan gambar yang bisa dipilih pengguna, diantaranya:

Screenshot 6473
  • Default: Kamera terlihat normal, dengan fitur auto framing- non aktif, HDR-non aktif, Auto Focus Aktif, Auto White Balance-aktif
  • Smooth: Gambar terlihat lebih halus, dengan fitur AI auto Framing-non aktif, Auto Focus-Aktif, HDR Aktif, White Balance-Aktif.
  • Vibrant: Gambar terlihat lebih kontras, dengan fitur AI auto Framing-non aktif, Auto Focus-Aktif, HDR Aktif, White Balance-Aktif. Di pengaturan Brightness, Sharpness dan Contrast ditingkatkan, sedangkan saturasi diturunkan.
  • Warm: Warna terlihat lebih hangat (kemerahan), dengan fitur AI auto Framing-non aktif, Auto Focus-Aktif, HDR Aktif, White Balance-Aktif.

Camera Control

Screenshot 6474

Lalu di tab menu urutan kedua ada fitur Camera Control. Di menu ini, pengguna bisa mengaktif/non-aktifkan fitur AI Auto Framing, memilih Field of View antara 65o atau 78o, mengatur Zoom gambar, mengaktif/non-aktifkan Auto-fokus, dan Prioity (memilih kualitas video yang ditampilkan, apakah memprioritaskan kualitas gambar atau frame rate).

Color and Image

Screenshot 6476

Di tab menu ketiga ini pengguna bisa mengaktif/non-aktifkan fitur HDR dan Auto White Balance, mengatur parameter Brightness, Sharpness, Contrast, Saturation, serta mengatur Anti Flicker (50Hz atau 60Hz).

Capture

Screenshot 6478

Di menu Capture, pengguna bisa mengatur resolusi, Frame Rate, Count Down, Grid, dan lokasi penyimpanan file.

Audio

Screenshot 6505 1

Yang terakhir di menu Audio, disini pengguna hanya bisa mengaktif/non-aktifkan fitur microphone pada webcam.

Pengalaman Penggunaan

Kualitas Gambar

Kamera Dell Pro 2K Webcam memang memiliki kualitas yang sangat baik untuk sebuah kamera webcam profesional, khususnya untuk kualitas gambar yang dihasilkan.

webcam wb5023 black gallery 4

Gambar terlihat terang berkat sensor Starvis yang dapat menangkap cahaya dengan baik meskipun dengan kondisi rendah cahaya. Saat pengujian, kami sengaja melakukannya di dalam ruangan, dengan pencahayaan yang tidak begitu terang. Dan bisa kita lihat hasil gambarnya tetap terlihat terang dan cukup jernih.

Apalagi kamera ini sudah memiliki resolusi 2K, jadi gambar yang ditampilkan juga lebih tajam dari webcam umumnya yang masih mengandalkan resolusi 1080p atau bahkan masih 720p, seperti webcam built ini di perangkat laptop.

Hasil perekaman video 2K

Tidak hanya detail dan pencahyaan yang mumpuni, kalau pengguna butuh tampilan yang lebih mulus dengan frame rate yang lebih tinggi, pengguna bisa mengatur perekaman video di 60FPS. Tapi untuk dukungan frame rate di 60 FPS ini hanya bisa digunakan di resolusi Full HD dan HD, dengan fitur AI auto framing di non-aktifkan. Sedangkan untuk resolusi 2K hanya sampai 30FPS.

Hasil Video 1080p dan fitur AI Auto Framing

Tapi bagi yang butuh kualitas gambar yang lebih baik, apalagi tampilan wajah yang lebih proporsional untuk ditampilkan dilayar, fitur AI Auto Framing sepertinya lebih penting untuk diaktifkan, ketimbang frame rate yang tinggi.

Oh iya, sebagai catatan untuk penggunaan webcam ini, saat AI Auto Framing diaktifkan tidak bisa mengatur angle FoV, Zoom, dan autofokus. Semua sudah diatur secara otomatis oleh Sistem. Selain itu, maksimal FPS yang bisa diambil pada perekaman video saat Auto Framing diaktifkan, yaitu hanya di 30FPS.

Screenshot 6508

Ditambah lagi fitur Auto focus dan Auto White Balance, gambar yang dihasilkan juga akan terlihat tajam tanpa mengalami blur, serta memiliki tone warna yang lebih sesuai – tidak kemerah-merahan atau kebiru-biruan.

Fitur HDR juga tak kalah penting di webcam ini. Apalagi buat kalian yang mungkin perlu untuk melakukan panggilan video di berbagai tempat, dengan pencahayaan yang mungkin tidak selalu mendukung. Dengan fitur HDR ini, bahkan dikondisi backlight sekalipun, wajah pengguna akan tetap terlihat jelas.

Untuk fitur Auto-Fokus, di webcam ini bisa dibilang kemampuannya sangat baik, karena bisa mengatur fokus hingga jarak sangat dekat, sekitar 5 cm. Jadi selain bisa menampilkan wajah, bisa juga untuk menampilkan objek di depan kamera, kalau sewaktu-waktu pengguna butuh untuk melakukan presentasi produk dalam sesi video conference.

Auto-fokus kamera

Lalu untuk menghubungkan perangkat webcam ke aplikasi meeting seperti Zoom, Teams dan sebagainya, juga sangat mudah.

Screenshot 6469

Cukup masuk ke pengaturan dan pilih device yang ingin digunakan sebagai camera webcam. Maka Dell Pro 2K Webcam langsung bisa digunakan. Tapi perlu diingat, untuk pengaturan kamera lebih advance tetap dilakukan melalui aplikasi Dell Pehriperal manager.

Kualitas Perekaman Audio

Meskipun cukup berhasil membuat kami terpukau dengan kemampuan perekaman gambarnya, sayangnya kami tidak begitu impresif dengan kemampuan perekaman audionya.

Webcam ini sendiri sebenarnya dilengkapi dengan Microphone yang diklaim punya fitur noise cancelation secara built-in. Tapi sayangnya saat pengujian dilakukan, kami merasa fitur noise cancellation di webcam ini masih kurang optimal. Suara bising dibackground masih terdengar pada perekaman video, meskipun memang tidak begitu lantang.

Jadi, menurut kami jika pengguna perlu kualitas audio yang lebih baik, sebaiknya menggunakan headset dengan microphone yang dilengkapi dengan fitur noise cancellation yang lebih baik,

Kesimpulan

Dari keseluruhan pengujian review Dell Pro 2K Webcam, kamera web ini memang punya kualitas yang baik untuk urusan tampilan gambar. Meskipun untuk fungsi ekstra lainnya seperti microphone, masih kurang memuaskan. Terutama karena Noise cancellationnya tidak begitu optimal.

Dell Webcam Pro 2K

Tapi, mengesampingkan fitur-fitur ekstra tersebut, fungsi utama dari Dell Pro 2K Webcam sebagai kamera web memang punya kualitas yang tinggi. Resolusi gambar yang tinggi, serta pencahayaan yang baik, apalagi punya fitur AI Auto Framing, bakal sangat membantu pengguna untuk tampil proporsional dan jernih di depan kamera. Fitur Auto Fokus, HDR, dan Auto White Balance juga tak lepas dari keunggulan di produk ini.

Baca Juga: Review Razer Kiyo X: Harga Lebih Murah, Gambar Tetap Jernih • Jagat Review

Dell Pro 2K Webcam dijual dengan harga Rp 2.290.000. Harganya memang masih tergolong tinggi, tapi lagi-lagi untuk yang tak mau kompromi soal kualitas gambar dan butuh perangkat yang praktis digunakan, webcam ini tetap layak jadi pilihan.

Hal yang perlu diperhatikan

  • Desain bodi berbentuk tabung, mudah goyang saat diletakan di atas monitor laptop. Lebih cocok untuk PC desktop
  • Mounting kurang kokoh, namun tersedia drat untuk pemasangan tripod.
  • Fitur Noise Cancellation di Microphone masih kurang optimal. Jika memang diperlukan, sebaiknya menggunakan headset dengan fitur ANC yang lebih baik.

Hal yang Menarik:

  • Gambar bagus
  • Resolusi tinggi 2K
  • Di kondisi minim cahaya tetap detail
  • Praktis dipakai, tinggal Plug and play
  • Fitur tampilan gambar lengkap AI Auto Framing, Auto White Balance, Auto Focus hingga HDR, sangat membantu menghasilkan gambar yang paling optimal.
Load Comments

Gadget

September 27, 2023 - 0

HUAWEI WATCH GT 4 dan WATCH Ultimate: Smartwatch PALING STYLISH Rasa Jam Klasik Mewah

Huawei Watch GT 4 dan Huawei Watch Ultimate. Smartwatch terbaru…
April 15, 2023 - 0

Review itel P40: Smartphone Rp 1 Jutaan Paling Mengejutkan!

Perkenalkan, smartphone yang satu ini adalah itel P40. Baru kali…
March 29, 2023 - 0

Review vivo V27 5G: Ringan, Layar Curved, Kamera Keren, Lengkap & Kencang!

Ini adalah vivo V27 5G, smartphone V Series terbaru dari…
March 28, 2023 - 0

Review TECNO SPARK 10 Pro: Smartphone 2 Jutaan, Mewah Tapi Murah dan Lengkap

TECNO SPARK 10 Series, ini adalah keluarga smartphone terjangkau terbaru…

Laptop

November 22, 2023 - 0

Review ASUS Vivobook Go 14 E1404: Laptop Komplit & Murah Untuk Pelajar

Bodi & Desain Berbicara tentang bodi, laptop ini memiliki form…
November 15, 2023 - 0

Review AVITA Pura A+: Laptop Murah Tapi Kencang!

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Pilihan Warna Trophy Purple…
November 9, 2023 - 0

Review ASUS Zenbook Pro 14 OLED: Laptop Mungil Performa Super Tinggi

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Logam Warna Tech…
November 7, 2023 - 0

Review MSI Prestige 14 EVO (B13M-470ID): Laptop Bisnis Prosesor Kencang

Bodi Form Factor Clamshell Material Aluminum Chassis Warna Urban Silver…

Gaming

November 25, 2023 - 0

Ajak Dukung Game Indonesia, Kemkominfo “Diserang” Gamer dan Netizen!

Semua industri di Nusantara memang butuh dukungan pemerintah, namun seringkali…
November 24, 2023 - 0

Dev. A Space for the Unbound Dibeli Seharga 25 Miliar Rupiah oleh Toge Productions!

Setelah kerjasama yang tampaknya  berlangsung erat sebagai developer dan publisher…
November 24, 2023 - 0

Dada Mengecil dan Pakai Sports Bra, Karakter Zenless Zone Zero Kena Tuduhan “Sensor”

Game-game yang didistribusikan dalam format free to play, apalagi yang…
November 24, 2023 - 0

Stellar Blade Jadi Game Korea Pertama yang Resmi Diterbitkan dan Didistribusikan Sony

Seberapa banyak dari Anda yang masih mengingat sebuah game action…