Pakai NAS untuk Video Recorder Sistem CCTV

Fitur Pemantauan, Perekaman, dan Manajemen Kamera

Setelah kamera masuk ke dalam daftar di “IP Camera” yang ada di Surveillance Station, kita sudah bisa memanfaatkan NAS Synology kita sebagai NVR. Ada “Monitor Center” yang menjadi pusat pemantauan kamera CCTV dari Surveillance Station ini. Di sini kita bisa mengatur tampilan pemantauan dari kamera-kamera yang sudah terhubung ke Surveillance Station.

Surveillance Station 8
Monitor Center, mendukung tampilan sampai dengan 100 CCTV sekaligus.

Ada banyak preset tampilan pemantauan yang tersedia yang bisa kita pilih. Untuk mengatur posisi tampilan kamera, kita bisa melakukan drag and drop entri kamera ke bagian tampilan di mana kita ingin menampilkan live view dari kamera tersebut. Sampai dengan 100 kamera bisa ditampilkan di sini, tentu saja kalau NAS yang digunakan mendukung sampai jumlah itu.

Kalau butuh mengambil snapshot atau melakukan manual recording dari salah satu kamera yang ada, itu juga bisa dilakukan langsung dari “Monitor Center” ini. Fungsi PTZ (Pan – Tilt – Zoom), kalau tersedia di kamera, juga bisa langsung diakses dari tampilan masing-masing kamera.

Surveillance Station 14
Hasil rekaman dari kamera CCTV yang tersimpan di dalam Synology NAS.

Beralih ke perekaman dan manajemen kamera. Kita bisa mengatur apakah NAS Synology akan terus-menerus merekam video dari kamera-kamera yang terhubung, atau hanya merekam video saat ada gerakan yang terdeteksi oleh kamera.

Surveillance Station 10
Kita bisa menjadwalkan kapan perekaman akan dilakukan.

Kita juga bisa mengatur jadwal, di mana hanya di hari dan jam tertentu saja kamera merekam secara terus-menerus, merekam hanya saat ada gerakan yang terdeteksi, atau tidak merekam sama sekali. Ada juga opsi pengaturan untuk berapa lama rekaman dari suatu kamera disimpan di NAS dan opsi untuk membatasi berapa besar data rekaman yang bisa disimpan. Ini akan bermanfaat untuk menghemat penggunaan kapasitas penyimpanan di NAS ya.

Terkait dengan kemampuan deteksi gerakan oleh kamera, secara standar Surveillance Station bisa memanfaatkan fitur yang ada di kamera. Tapi, kalau dibutuhkan, Surveillance Station juga menawarkan fitur deteksi sendiri. Kita bisa mengatur di area mana saja gerakan akan dideteksi dan sensitivitas terhadap gerakan. Ini akan berguna kalau kebetulan kamera yang digunakan tidak dibekali fitur tersebut.

Surveillance Station 11

Untuk mengakses rekaman dari kamera-kamera yang terhubung ke Surveillance Station, ada menu “Recordings”. Di sini kita bisa memutar rekaman yang ada, mendownload, atau memberi label ke rekaman-rekaman yang ada. Fitur untuk secara otomatis mem-backup rekaman ke tempat lain juga tersedia kalau dibutuhkan.

Akses CCTV dari Jarak Jauh

Synology juga menyediakan cara untuk mengakses CCTV yang terhubung ke NAS Synology dari luar jaringan lokal, alias dari jarak jauh lewat Internet. Ada aplikasi yang disebut sebagai Synology DS Cam yang tersedia di Apple AppStore dan Google Play Store. Ini memungkinkan akses ke kamera-kamera tersebut dari smartphone atau tablet kita.

Screenshot 2023 04 14 16 42 32 208 com.synology.DScam
Pemantauan dengan menggunakan DS Cam.

Selain menyediakan akses dari jarak jauh, DS Cam ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membagi akses ke live view dari kamera CCTV yang terhubung ke NAS Synology ke beberapa orang lain. DS Cam ini bisa digunakan untuk memantau sampai dengan enam kamera dalam satu waktu.

Notifikasi kalau kamera-kamera yang terhubung mendeteksi sesuatu juga bisa diaktifkan. Kita bisa dengan cepat mengetahui apa yang terjadi di area-area yang dipantau kamera. Kalau dibutuhkan, kita juga bisa melihat rekaman yang tersimpan di NAS dari aplikasi DS Cam ini.

Kemampuan Deteksi “Pintar” 

Hal lain yang juga ada di Surveillance Station adalah kemampuan deteksi pintar. Ini biasanya hanya tersedia di NVR kelas menengah ke atas. Tapi, untuk NAS dari Synology, hanya beberapa NAS tertentu saja yang menyediakan akses ke fitur deteksi pintar ini, DVA Series.

Deteksi pintar di sini termasuk di antaranya pengenalan manusia dan kendaraan, penghitungan jumlah orang yang lewat di area yang dipantau, dan pendeteksian pencurian. Ada juga kemampuan face recognition. Ini bisa juga digabungkan dengan database milik perusahaan untuk integrasi ke sistem keamanan dengan lebih baik. Kemudian, deteksi face covering juga tersedia. Ini berguna kalau kita butuh mendeteksi apakah orang yang lewat di area tertentu pakai masker atau tidak.

Kaya Fitur: Lebih dari NVR Biasa

Nah, menggunakan NAS sebagai NVR ternyata bisa menghadirkan banyak kemampuan ekstra, bahkan lebih dari saat kita menggunakan NVR biasa. Misalnya Smart Time Lapse. Kita bisa mengatur agar video time lapse dibentuk dari live view dari kamera-kamera yang terhubung ke NAS. Misalnya kita ingin membuat video time lapse jangka panjang, seperti untuk video konstruksi bangunan, dan lain sebagainya.

Surveillance Station 16
Ada fitur membuat video time lapse dari footage yang diambil oleh kamera CCTV

Selain itu, ada juga Live Broadcast yang memungkinkan kita meneruskan live view dari kamera yang terpasang ke NAS sebagai live di YouTube. Ada juga kemampuan integrasi ke perangkat keamanan lain, termasuk door controller dan IP speaker.

Surveillance Station juga bisa menarik footage yang tersimpan di SD Card atau Micro SD yang terpasang di kamera-kamera yang terhubung ke NAS. Ini berguna misalnya saat ada gangguan koneksi dari kamera ke NAS. Video yang terekam ke Micro SD saat gangguan koneksi itu bisa ditarik ke NAS, sehingga rekaman yang tersimpan di NAS tetap lengkap, sekalipun sempat ada gangguan.

Surveillance Station 17
Banyak kemampuan ekstra yang bisa ditambahkan ke sistem surveillance berbasis Synology NAS

Ada juga dukungan untuk Synology Live Cam. Aplikasi ini memungkinkan smartphone difungsikan seperti kamera CCTV, di mana footage live view dari kamera smartphone bisa ditarik ke Surveillance Station dan digunakan sebagaimana footage dari kamera CCTV biasa.

NAS Memang Bukan Sekadar untuk Menyimpan File Saja

Jadi, seperti yang sudah sering kami sebutkan, NAS, khususnya NAS modern itu memang bukan sekedar alat untuk menyimpan file saja. Banyak sekali kemampuan yang dihadirkan oleh NAS. Kami sudah pernah membahas penggunaan NAS ini untuk hal-hal lain, termasuk backup modern, personal cloud storage yang isinya bisa diakses dari mana saja, multimedia server, dan kali ini juga bisa untuk NVR dari sistem security kamera, atau CCTV.

NAS modern, seperti produk-produk dari Synology ini tentunya juga bisa mengkombinasikan berbagai keunggulan tersebut. Misalnya, kita bisa mengatur backup secara otomatis untuk video yang direkam oleh CCTV yang terhubung ke NAS. Jadi, kalau terjadi sesuatu, kita masih punya backup dari video-video tersebut. Menarik ya.

Pelajari lebih lanjut tentang solusi sistem surveillance Synology: https://sy.to/sistemcctvsynology

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…