Direct Release: RELEX Solutions tingkatkan produktivitas tenaga kerja dengan kembangkan perangkat AI RELEX-GPT

Reading time:
July 26, 2023
RELEXGPT press release

RELEX Solutions meluncurkan fitur baru RELEX-GPT sebagai komitmen terhadap inovasi untuk bantu tingkatkan efisiensi para pelanggan

Jakarta, 25 Juli 2023 – RELEX Solutions, pemimpin dalam solusi pengoptimalan rantai pasokan dan ritel, telah mengembangkan solusi kecerdasan buatan (AI) baru, RELEX-GPT, yang memanfaatkan model AI yang serupa dengan ChatGPT. RELEX-GPT menggunakan sistem operasi bisnis yang aman, dan dilengkapi dengan akses ke basis pengetahuan milik RELEX yang luas. Inovasi ini semakin menunjukkan komitmen RELEX Solutions untuk mengembangkan teknologi demi meningkatkan efisiensi.

RELEX-GPT berfungsi sebagai pusat wawasan yang menyederhanakan akses ke informasi tentang produk RELEX serta memudahkan alur kerja antar tim yang lebih efisien. Selain membantu memperoleh dan merangkum informasi dengan cepat, solusi ini juga membantu memperjelas konsep dan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang rumit. Solusi ini merupakan aset yang dapat bermanfaat dalam menghasilkan berbagai ide dan juga riset, serta membantu pemecahan masalah yang inovatif melalui data yang relevan.

“Para pengguna awal RELEX-GPT telah merasakan peningkatan produktivitas, pengurangan tugas-tugas rutin, dan kemampuan untuk memfokuskan sumber daya pada pekerjaan yang lebih penting dan strategis,” ujar Tommi Vilkamo, Director of RELEX Labs di RELEX Solutions. “Kami berkomitmen untuk memberdayakan tidak hanya karyawan RELEX, tetapi juga para pelanggan dan mitra kami dengan kapabilitas canggih ini serta meningkatkan kepuasan kerja melalui adopsi RELEX-GPT.”

Penerapan teknologi AI seperti ChatGPT, GitHub Copilot, dan RELEX-GPT di RELEX Solutions memberikan manfaat yang cukup besar.  Sebuah survei yang dilakukan oleh tim internal RELEX Solutions memperkirakan kenaikan produktivitas rata-rata sebesar 40%, hingga mencapai 100% untuk beberapa aspek tertentu. Penerapan solusi AI ini juga luas, salah satunya berkontribusi pada pengembangan perangkat lunak dengan menghasilkan kode, mengelola hasil uji coba, dan mengatasi kesalahan. Selain itu, penerapan solusi tersebut juga berperan dalam pembuatan dan pengeditan dokumen, serta meningkatkan komunikasi lintas budaya melalui penerjemahan dan penyesuaian gaya bahasa yang tepat untuk email dan presentasi.

RELEX Solutions baru-baru ini merilis teknologi RELEX-GPT ke komunitas pengguna daring mereka sebagai versi uji coba beta. Teknologi ini tentunya akan meningkatkan penawaran komunitas daring untuk para pengguna solusi. Selain memungkinkan mereka untuk mengajukan berbagai pertanyaan dan langsung memperoleh tanggapan, juga memudahkan pertukaran informasi dan diskusi berbagai praktik terbaik yang berkaitan dengan produk RELEX. Ke depannya, ketika masukan dari komunitas pengguna telah tersedia, RELEX berencana untuk mengintegrasikan RELEX-GPT ke dalam ekosistem produk RELEX Solutions secara menyeluruh, yang akan semakin meningkatkan pengalaman pengguna.

Sementara masih banyak perusahaan yang enggan untuk mengadopsi teknologi AI ke dalam organisasi mereka, RELEX Solutions justru menyambut baik dan memanfaatkan teknologi mutakhir ini untuk memberdayakan tim mereka sebagai menjadi pengguna awal. RELEX Solutions berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi, dan mendorong tenaga kerja mereka untuk memanfaatkan kemampuan revolusioner dari RELEX-GPT dan teknologi AI lainnya.

Terhi Rekilä, Senior Legal Counsel & Governance and Regulatory Risk Manager di RELEX Solutions, menekankan komitmen perusahaan terhadap penanggulangan risiko dan juga evaluasi menyeluruh terhadap teknologi AI.

“Dalam meninjau peluang dan risiko, kita perlu melihat gambaran keseluruhannya,” ujar Rekilä. “Kami bertujuan untuk membangun kendali dan keseimbangan untuk mengatasi risiko dengan cara mengevaluasi setiap perangkat AI dari perspektif keamanan, privasi, dan legal. Dengan cara ini, kami dapat memperoleh manfaat dari AI, sekaligus menghindari risiko bisnis yang mungkin terjadi seperti tertinggal dari para pengguna pertama, serta menanggulangi potensi ancaman. Menggunakan AI bukan berarti tanpa risiko, tapi di saat yang sama tidak ada bisnis yang bebas risiko.”

Camillo Särs, CISO di RELEX Solutions, menjelaskan lebih lanjut tentang pendekatan perusahaan terhadap risiko penggunaan AI. “Teknologi AI menghadirkan peluang besar untuk meningkatkan produktivitas, seperti yang telah kami amati dengan para pelanggan kami dan yang kini kami rasakan sendiri melalui penerapan RELEX-GPT. Kami secara proaktif mempertimbangkan berbagai risiko terkait penggunaan AI dan turut menyusun kebijakan terkait pemanfaatan AI untuk membantu proyek uji coba AI kami. Hal ini memungkinkan kami untuk memperoleh manfaat dari teknologi AI tanpa mengambil risiko yang tidak perlu.”

Camillo menambahkan, “Kami menganalisis risiko-risiko tersebut secara menyeluruh dengan melibatkan tim hukum, privasi, dan keamanan informasi kami. Dari hasil analisis tersebut, kesimpulannya sangat jelas: manfaat yang didapat dari penerapan teknologi ini jauh lebih besar dibandingkan risikonya.”

Melalui RELEX-GPT, RELEX Solutions semakin mengukuhkan posisinya sebagai penyedia solusi inovatif yang terdepan, menjadi penggerak transformasi di industri ritel dan produk konsumen, serta menciptakan solusi pengoptimalan rantai pasokan di masa mendatang. RELEX telah menggunakan teknologi AI dan pembelajaran mesin dalam berbagai portofolio produk mereka sejak awal tahun 2005. Berkat komitmen kuat terhadap pengembangan teknologi, RELEX terus membentuk tren industri di masa depan, memberdayakan tim dan pelanggan untuk tetap unggul di pasar yang terus berkembang.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…