Review Advan Laptop 360 Stylus: Laptop 2-in-1 Murah, Dibawah Rp 6 Juta, Pakai Core i3 Lengkap dengan Stylus

Author
Irham
Reading time:
July 17, 2023

Jarang sekali kita temukan sebuah laptop 2-in-1 atau convertible, dengan sistem operasi Windows yang murah. Namun, ada satu laptop convertible yang berhasil menyita perhatian dengan harga yang hanya berada di bawah 6 juta! Bukan hanya harganya yang menarik, namun terdapat banyak hal lain yang patut dibahas mengenai laptop 2-in-1 di kelas harga ini.

review Advan Laptop 360 Stylus (19)

Laptop tersebut adalah ADVAN Laptop 360 Stylus, sebuah laptop convertible dari brand lokal ADVAN yang menawarkan harga yang sangat terjangkau.

ADVAN Laptop 360 Stylus tidak hanya menawarkan harga yang murah, tetapi juga spesifikasi yang menarik. Laptop ini telah dilengkapi dengan stylus pen, serta memiliki layar yang mendukung penggunaan stylus pen.

Layarnya memiliki resolusi Full HD, sehingga menampilkan gambar dengan tajam dan jelas. Selain itu, material chassis bodinya terbuat dari logam, memberikan kesan kokoh dan premium pada laptop ini. Dan tentu saja, masih terdapat banyak fitur menarik lainnya yang akan kita bahas bersama-sama.

Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasan reviewnya mulai dari spesifikasi utamanya berikut ini.

Spesifkasi Utama

Prosesor: Intel Core i3-1115G4

review Advan Laptop 360 Stylus 6

Laptop ini didukung oleh prosesor Intel Core i3-1115G4 dengan fabrikasi 10nm SuperFin. Prosesor ini memiliki 2 core dan 4 thread, dengan kecepatan Max Turbo hingga 4.1 GHz. Meskipun bukan prosesor terbaru, performanya sudah cukup baik untuk sebuah laptop convertible pada harga sekelas ini.

IGP: Intel UHD Graphics

review Advan Laptop 360 Stylus 7

ADVAN Laptop 360 Stylus dilengkapi dengan IGP Intel UHD Graphics dengan 48 Execution Units. Ini memberikan dukungan grafis yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

RAM 8 GB LPDDR4-3200 Dual Channel

review Advan Laptop 360 Stylus 8

Laptop ini memiliki RAM 8 GB LPDDR4-3200 yang terpasang secara onboard dan tidak dapat di-upgrade. Meskipun demikian, kapasitas RAM 8 GB sudah cukup untuk menjalankan berbagai kegiatan ringan yang biasa dilakukan di laptop dengan harga sekelas ini.

Storage 256 GB SSD NVMe PCIe

Laptop ini dilengkapi dengan storage berkapasitas 256 GB SSD NVMe PCIe. Yang menarik, meskipun kapasitasnya hanya 256 GB, laptop ini menyediakan sebuah slot storage M.2 tambahan. Jadi, jika Anda ingin melakukan upgrade storage, sangat mudah dilakukan karena slot upgrade-nya mudah diakses.

Anda hanya perlu membuka panel kecil yang dikunci dengan satu sekrup di bagian bawah laptop. Dalam waktu kurang dari 2 menit, Anda dapat memasang SSD tambahan. Fitur ini jarang ditemukan pada laptop dengan harga sekelas ini.

Konektivitas Intel Wi-Fi AC 9461

review Advan Laptop 360 Stylus 13

Laptop ini mendukung konektivitas Wi-Fi AC dan dilengkapi dengan Bluetooth 5.1, memastikan koneksi yang stabil dan cepat.

Kapasitas Baterai

review Advan Laptop 360 Stylus 9

ADVAN Laptop 360 Stylus memiliki kapasitas baterai sebesar 51 Wh, yang memberikan daya tahan yang baik untuk penggunaan sehari-hari.

Windows 11 Home

review Advan Laptop 360 Stylus 14

Laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home secara default, dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan.

Bodi

ADVAN Laptop 360 Stylus tidak hanya menawarkan spesifikasi yang menarik, tetapi juga memiliki desain yang stylish dan fungsional.

review Advan Laptop 360 Stylus

Laptop ini merupakan laptop convertible atau 2-in-1 yang memiliki layar yang dapat dibuka hingga 360 derajat. Hal ini memungkinkan penggunaan dalam beberapa mode, seperti mode laptop, mode tent, dan mode tablet.

Chassis laptop ini terbuat dari logam, memberikan kesan premium dan kekokohan saat dipegang. Meskipun memiliki harga terjangkau, pengguna tetap dapat merasakan kualitas yang baik dalam segi material.

ADVAN Laptop 360 Stylus memiliki desain simpel polos yang terlihat stylish. Sudut-sudut laptopnya menggunakan round design yang melengkung, menyerupai sebuah tablet. Terdapat logo ADVAN berukuran kecil di pojok kiri atas laptop. Laptop ini hadir dengan warna abu-abu gelap yang elegan dan netral.

Laptop ini memiliki dimensi yang kompak dengan panjang 32.6 CM, lebar 22.4 CM, dan ketebalan 1.8 CM. Hal ini membuatnya mudah untuk dibawa bepergian atau digunakan dalam berbagai situasi.

Dalam hal bobot, laptop ini memiliki berat 1.68 kilogram, sedangkan charger memiliki bobot 210 gram, sehingga total beratnya adalah 1.89 kilogram. Bobot yang relatif ringan ini memudahkan mobilitas pengguna.

Display

review Advan Laptop 360 Stylus 24

ADVAN Laptop 360 Stylus dilengkapi dengan layar panel IPS berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080),serta refresh rate di 60Hz. Berdasarkan pengujian kami layar ini memiliki:

  • Gamut Coverage: 57% sRGB
  • Gamut Volume : 58.6% sRGB
  • Peak Brightness: 291 nits

Layar ini mendukung layar sentuh (touchscreen) dengan kemampuan multi-touch hingga 10 jari. Untuk penggunaan stylus pen, laptop ini sudah dilengkapi dengan stylus pen yang mendukung 1024 pressure level.

review Advan Laptop 360 Stylus 30

Selain itu, permukaan layarnya glossy dengan bingkai kanan dan kiri yang tipis, memberikan pengalaman visual yang maksimal.

Kamera dan Mikrofon

review Advan Laptop 360 Stylus 37

Laptop ini memiliki kamera dengan resolusi 2 MP (1600×1200) yang dapat menghasilkan video dengan resolusi 720p saat menggunakan rasio 16:9.

Baca Juga: Advan Rilis Laptop Windows Harga Rp 2 Jutaan • Jagat Review

Kamera tersebut juga dilengkapi dengan webcam privacy shutter dengan tombol fisik di sisi kanan laptop, memberikan keamanan dan privasi tambahan.

Untuk mikrofon, meskipun belum dilengkapi dengan fitur noise cancelling, hal ini wajar untuk laptop dengan harga sekelas ini.

Audio

review Advan Laptop 360 Stylus 38

Laptop ini menggunakan dua speaker stereo yang terletak di bawah keyboard dan menghadap ke arah pengguna. Kualitas suara dari speaker ini masih perlu dikonfirmasi.

Konektor dan Tombol

Laptop ini dilengkapi dengan berbagai konektor dan tombol yang fungsional. Konektor-konektor termasuk USB 3.2 Gen 1 Type-C yang mendukung charging port, display output, dan data transfer.

Terdapat juga webcam privacy shutter, tombol power, Micro-SD card reader, USB 3.2 Gen 1, dan audio jack combo 3.5mm.

Keyboard dan Touchpad

review Advan Laptop 360 Stylus 46

Keyboard pada laptop ini memiliki desain yang menarik dengan tombol yang mengikuti desain laptop yang memiliki sudut rounded corners. Tombol-tombolnya memiliki travel distance sebesar 1.4 mm dan memberikan sensasi yang solid saat ditekan.

Namun, perlu diingat bahwa input dari tombol di pinggiran keyboard mungkin tidak terbaca oleh laptop, namun tidak ada masalah jika tombol yang ditekan berada di bagian tengah keyboard.

Touchpad pada laptop ini memiliki ukuran yang cukup besar, memberikan ruang yang luas untuk penggunaan yang nyaman. Letaknya cenderung center to laptop, sedikit melebar ke kanan dari tombol spacebar.

Sistem Pendingin

review Advan Laptop 360 Stylus 47

Laptop ini menggunakan sistem pendingin aktif dengan satu fan dan dua heatpipe. Udara masuk dari bagian bawah laptop dan dikeluarkan ke arah belakang untuk menjaga suhu laptop tetap optimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal pengujian performa dari Advan 360 Stylus, simak review lengkapnya di video berikut ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…