Direct Release: ASUS ExpertBook P1, Solusi Teknologi untuk UMKM Hadapi Dinamika Dunia Bisnis

Author
Irham
Reading time:
August 28, 2023

Teknologi kini bisa dikatakan telah menjadi salah satu pilar penting dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis. Teknologi tidak hanya hadir sebagai sarana untuk mempermudah para pelaku bisnis, tetapi juga dapat membuat aktivitas bisnis menjadi lebih produktif serta meningkatkan nilai dari bisnis itu sendiri. Tidak hanya bisnis besar atau enterprise, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga perlu mengikuti perkembangan dan memanfaatkan teknologi.

ASUS ExpertBook P1

Teknologi dan UMKM memiliki kolerasi yang sangat erat di era modern saat ini. Sebuah UMKM dapat berkembang pesat ketika mampu memanfaatkan teknologi dengan baik. Sebaliknya, sebuah UMKM juga bisa terpuruk karena lambat dalam beradaptasi dalam mengadopsi teknologi. Oleh karena itu, bagi para pelaku UMKM, sudah saatnya untuk memandang teknologi bukan sebagai beban investasi, melainkan sebagai investasi masa depan yang berpotensi memberikan ROI (Return on Investment) yang signifikan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, peluang untuk UMKM dalam bersaing di kancah nasional maupun internasional semakin terbuka lebar.

UMKM Tidak Boleh Abaikan Perkembangan Teknologi

Ketika berbicara tentang UMKM, seringkali yang terlintas adalah bisnis dengan operasional sederhana dan terbatas pada skala lokal. Namun di era digital saat ini, batasan tersebut mulai memudar. Teknologi memungkinkan UMKM untuk beroperasi di luar batasan geografis dan mencapai pelanggan yang jauh lebih luas.

Dengan penetrasi internet yang semakin meningkat, hampir semua orang memiliki akses ke dunia digital. Ini artinya peluang pasar bagi UMKM tidak lagi terbatas pada lingkungan sekitar, namun dapat menjangkau nasional, bahkan internasional. Oleh karena itu, mengabaikan perkembangan teknologi berarti membatasi potensi pertumbuhan bisnis.

Dalam dunia bisnis yang dinamis, UMKM harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk tetap relevan dan kompetitif. Salah satu kunci adaptasi tersebut adalah dengan memaksimalkan peran perangkat teknologi. Baik itu untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, atau meningkatkan kualitas produk dan layanan, teknologi kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari formula sukses bisnis UMKM di era modern.

Manfaat Perangkat Teknologi dalam Pengembangan Bisnis

Perangkat teknologi telah memainkan peranan penting dalam pengembangan bisnis, termasuk UMKM. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh UMKM dari adopsi teknologi antara lain:

Bisnis Jadi Lebih Efisien

Sistem teknologi, seperti manajemen inventori otomatis atau sistem akuntansi digital, dapat meminimalkan kesalahan manusia dan mempercepat proses bisnis.

Akses Pasar Lebih Luas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan platform e-commerce atau sosial media, UMKM memiliki potensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya pemasaran yang relatif lebih rendah.

Lebih Mudah untuk Dekat dengan Konsumen

Teknologi memudahkan UMKM dalam mengumpulkan, menganalisa, dan memahami data konsumen. Informasi ini sangat berharga untuk mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.

Transaksi Lebih Aman

Teknologi finansial, atau fintech, telah memperkenalkan berbagai metode pembayaran yang aman dan cepat. Ini tidak hanya memudahkan transaksi, tetapi juga menambah kepercayaan konsumen.

Gunakan Laptop untuk Bantu Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Laptop telah menjadi perangkat penting dalam dunia bisnis modern. Dibandingkan dengan komputer desktop, laptop menawarkan mobilitas yang memungkinkan pelaku bisnis untuk bekerja di mana saja. Berikut beberapa alasan mengapa laptop menjadi alat penting:

Multifungsi

Dari pengelolaan data, presentasi bisnis, hingga komunikasi dengan tim atau klien, semua bisa dilakukan melalui satu perangkat.

Konektivitas

Laptop modern dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas, seperti Wi-Fi dan Bluetooth, yang memudahkan pertukaran informasi.

Integrasi Aplikasi

Berbagai aplikasi bisnis, seperti software akuntansi, CRM, atau analytic tools, bisa diintegrasikan dengan mudah ke dalam laptop.

ASUS ExpertBook P1 (P1412), Solusi Tepat untuk UMKM

Berangkat dari kebutuhan pelaku UMKM, ASUS menghadirkan ExpertBook P1 (P1412) khusus untuk pasar Indonesia. ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop yang dirancang untuk menunjang kebutuhan bisnis, khususnya UMKM. Laptop tersebut tidak hanya sekadar tampil dengan desain modern yang ringkas dan portabel, tetapi juga dibekali dengan fitur serta hardware terkini sehingga memastikan penggunanya dapat tetap produktif.

ASUS EXpertbook P1

Menyesuaikan dengan kebutuhan para pelaku UMKM, ExpertBook P1 (P1412) tersedia dalam pilihan spesifikasi yang sangat beragam. ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop yang menghadirkan performa bertenaga serta visual yang immersif. Tersedia dalam pilihan prosesor Intel® Core™ i3 sampai Intel® Core™ i7, ia hadir dengan NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178° lengkap dengan lapisan matte anti-glare untuk experience yang lebih nyaman.

Di dalam body laptop yang ringkas, prosesor Intel® Core™ ditemani oleh RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24GB and masih bisa di-upgrade. Untuk storage, pengguna bisa menikmati penyimpanan berkecepatan tinggi dan sekaligus berkapasitas luas. Dual-storage design yang digunakan oleh laptop, bisa menampung SSD PCIe hingga kapasitas 1TB dan juga harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan berkapasitas hingga 1TB.

Berhubung ditujukan untuk pelaku bisnis, laptop ini juga menyediakan opsi pengamanan dan pengelolaan yang lebih mudah, khususnya bagi para manajer IT perusahaan. Dari sisi sistem pengamanan, ASUS ExpertBook P1 (P1412) hadir dengan sistem pengamanan yang kuat untuk memastikan data dan informasi sensitif perusahaan tetap terjaga.

Pada laptop ini juga tersedia pengamanan hardware berupa TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk memastikan para penyerang tidak bisa menerobos sistem operasi dan melakukan pencurian data. Untuk fisik laptop, tersedia pula security lock yang mencegah laptop dicuri khususnya saat ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga dengan baik.

Pelaku UMKM juga tidak perlu khawatir dengan harganya karena ExpertBook P1 (P1412) dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.999.000 serta telah dilindungi oleh garansi selama 3 tahun.

Load Comments

Gadget

July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Ya, Jagat Review lagi di Paris untuk membahas Samsung Galaxy…
June 28, 2024 - 0

Review itel VistaTab 30: Tablet 4G dengan Layar Besar, Storage UFS, Harga di Bawah Rp 2 Juta!

Ini adalah itel VistaTab 30, Tablet baru dari itel yang…
June 25, 2024 - 0

Haylou Solar Neo Hadir di Indonesia dengan layar 1,53 inci dan baterai 7 hari dengan harga 370Ribuan!

Haylou dengan bangga mengumumkan perilisan smartwatch terbarunya, Haylou Solar Neo,…

Laptop

July 19, 2024 - 0

TechPodcast: Produsen Laptop Lokal ini NGAMUK? feat. Axioo

Dalam 2-3 tahun terakhir ini, produk laptop Axioo berubah jadi…
July 16, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook S 14 OLED 2024: Vivobook S Naik Kelas?

Laptop yang satu ini, adalah sebuah laptop thin and light…
July 11, 2024 - 0

Review Lenovo Legion Slim 5 AMD 2024: Makin Canggih, Makin Kencang dengan Ryzen 8000 Series

Kali ini kita kedatangan sebuah Laptop Gaming kelas menengah dari…
July 1, 2024 - 0

Review Lenovo YOGA Book 9i (2024): Lebih Canggih dengan Intel Core Ultra

Laptop Dua Layar yang viral dari Lenovo keluar juga nih…

Gaming

July 22, 2024 - 0

Tales of Xillia Dapat Remaster?

Sebuah video game bisa saja sebegitu populernya hingga merajai perbincangan…
July 22, 2024 - 0

Street Fighter 6 Unjuk Tampilan “Realistis” Terry Bogard

Sebuah kolaborasi yang sangat diharapkan namun seringkali digadang sebagai sesuatu…
July 22, 2024 - 0

Inilah Para Pemenang Turnamen Game Fighting Dunia – EVO 2024!

Selalu menjadi sesuatu yang  menarik untuk melihat para pemain professional…
July 22, 2024 - 0

Lost Soul Aside Akan Muncul di ChinaJoy 2024

Apa game asal developer China yang paling ditunggu di pasaran…