Direct Release: ASUS Perkenalkan Motherboard ROG dan TUF Gaming Z790 di Gelaran Gamescom 2023

Reading time:
August 29, 2023

ROG Maximus Z790 Dark Hero, ROG STRIX Z790-A Gaming WiFi II, dan TUF Gaming Z790-Pro WiFi menawarkan kinerja, konektivitas, dan keindahan desain yang memukau

POIN-POIN PENTING

  • Ketiga motherboard ini mendukung prosesor Intel ® CoreGenerasi ke -12, Generasi ke -13, dan Next-Gen untuk soket LGA 1700
  • Bandwidth ultra: WiFi 7 dengan ASUS WiFi Q-Antenna, PCIe ®0, Thunderbolt 4 (kompatibel dengan USB4®), header front-panel USB 20 Gbps dengan fitur pengisian cepat
  • Fitur ASUS eksklusif: AI Overclocking, AI Cooling II, AEMP II, dan ASUS Q-Design yang meliputi Q-Antenna, M.2 Q-Latch, PCIe Slot Q-Release, dan Q – LED
  • Motherboard seri ASUS 700 dan 600 siap untuk prosesor Intel Core generasi berikutnya dengan pembaruan BIOS
New Z790 Series Lineup

Jakarta, 24 Agustus 2023 — ASUS umumkan tiga motherboard Intel ® Z790 terbaru di gelaran Gamescom 2023. Ketiga motherboard tersebut adalah ROG Maximus Z790 Dark Hero, ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II, dan TUF Gaming Z790-Pro WiFi yang mendukung prosesor Intel Core™ Generasi ke -12, Generasi ke -13, dan Next-Gen. Setiap motherboard dibekali dengan PCIe ® 5.0, dukungan memori DDR5, peningkatan konektivitas, kemampuan penyesuaian kinerja, solusi pendinginan yang efisien, fitur DIY friendly, dan berbagai fitur lainnya.

Peningkatan Soket CPU Intel LGA 1700

Soket LGA 1700 cocok dengan prosesor Intel Core generasi ke -12 dan ke -13, sehingga pengguna dapat merakit PC menggunakan motherboard Z690 atau Z790 sekaligus memilih dari berbagai opsi CPU sesuai dengan keinginan. Meskipun demikian, era LGA 1700 belum berakhir. Ke depan, soket ini juga akan kompatibel dengan CPU Intel Next-Gen.

Artinya, pengguna akan memiliki banyak opsi saat berencana untuk merakit PC terbaru atau meningkatkan rakitan PC yang sudah ada. Pengguna dapat mengganti motherboard mereka dengan spesifikasi yang lebih tinggi untuk mendapatkan konektivitas yang melimpah, dan optimasi solusi daya  dari motherboard ASUS Z790 terbaru. Selain itu, ketika ingin meningkatkan CPU ke Intel Next-Gen , pengguna tetap dapat menggunakan motherboard Z690 atau Z790 lama yang telah teruji. Mereka hanya perlu memperbarui BIOS motherboard tersebut untuk menikmati kompatibilitas penuh terhadap CPU Intel yang akan datang.

Bandwidth tingkat berikutnya dengan WiFi 7

Awal tahun 2023, ASUS mengumumkan perilisan router WiFi 7 pertamanya. Ultrafast WiFi 7 (802.11be) ini menghapus semua batasan untuk memberikan kecepatan jaringan yang luar biasa ketika gaming ataupun hiburan lainnya. Ketika WiFi 6 berfokus pada teknologi untuk mengurai kepadatan di jaringan yang penuh, WiFi 7 meningkatkannya dengan fitur canggih terbaru yang menghadirkan kecepatan nirkabel yang lebih tinggi dari sebelumnya dengan tetap mempertahankan atau menyempurnakan keunggulan yang dimiliki WiFi 6 dan WiFi 6E.

Adapun berbagai teknologi yang digunakan untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi tersebut, antara lain saluran 320 MHz ultra lebar yang membuat router WiFi 7 memberikan kinerja lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar, serta 4096 Quadrature Amplitude Modulation (QAM) yang memungkinkan jumlah data di setiap sinyal menjadi lebih efektif. Selain itu, multi-link operation (MLO) membuat perangkat WiFi 7 dapat mentransmisikan dan/atau menerima data secara bersamaan di berbagai band dan saluran dengan data dan control panel yang terpisah. Tautan paralel menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi dengan cara menggabungkan bandwidth dengan koneksi WiFi yang lebih andal di beberapa band yang digunakan secara bersamaan.

WiFi 7 juga membuat penggunaan spektrum yang tersedia menjadi lebih efisien. Dengan Multi-RU dan Puncturing, perangkat WiFi 7 akan dapat memanfaatkan keseluruhan sisa saluran yang tidak digunakan atau terganggu. Dengan cara ini, bandwidth WiFi dapat digunakan secara efisien untuk membuat transmisi data lebih cepat dan dapat diandalkan.

Untuk memanfaatkan standar nirkabel terbaru sepenuhnya, pengguna membutuhkan router WiFi 7 dan perangkat yang kompatibel dengan WiFi 7. Motherboard ROG Maximus dan ROG Strix Z790 terbaru akan menjadi salah satu produk ASUS pertama yang dilengkapi dengan WiFi 7. Pengguna juga dapat menggunakan ROG Maximus Z790 Dark Hero untuk menikmati pengalaman jaringan nirkabel terbaik. Dengan kecepatan tautan hingga 5,8 Gbps, motherboard ini sangat cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki koneksi internet multigigigabit atau pengguna yang menginginkan koneksi nirkabel berkecepatan tinggi ke unit network-attached storage (NAS).

Untuk membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari koneksi WiFi 7 mereka, ASUS menghadirkan WiFi Q-Antenna. WiFi Q-Antenna ini memiliki fitur desain baru, misalnya optimasi sirkuit ke PCB dan peningkatan konektor inner pin, sehingga sangat meningkatkan throughput sinyal untuk band 5 GHz dan 6 GHz. Dengan satu cara yang mudah, pengguna hanya perlu mencolokkan perangkat tanpa perlu melakukan apa pun untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Karena WiFi Q-Antenna ini adalah antena direksional, ASUS membekalinya dengan tool mudah pada aplikasi Armoury Crate untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sinyal dengan cara mengatur posisinya. Fitur Direction Finder mendeteksi kekuatan sinyal dan mengidentifikasi posisi ideal antena hanya dalam beberapa langkah, sementara Fast Check menyuguhkan cara cepat untuk memeriksa kekuatan sinyal dan memastikan bahwa pengguna mendapatkan koneksi terbaik. 

Penyimpanan cepat sesuai kendali pengguna

Beberapa bulan setelah perilisan motherboard ASUS Z790 pertama, SSD M.2 PCIe 5.0 pertama hadir di pasaran. Penyimpanan tersebut menawarkan peak transfer speeds yang belum pernah ada sebelumnya. Drive ini sangat cocok untuk para enthusiast yang membutuhkan akses berkecepatan tinggi untuk file dan dataset besar serta pengguna yang memerlukan waktu booting dan load aplikasi tercepat.

Untuk mempermudah pengguna dalam memanfaatkan drive canggih ini, ASUS juga menawarkan lebih banyak slot M.2 PCIe 5.0 onboard pada board Z790 dibanding model sebelumnya. ROG Maximus Z790 Dark Hero siap digunakan oleh pengguna yang membutuhkan salah satu slot M.2 berkinerja tinggi ini.

Bagi pengguna yang akan merakit PC di tahun 2023, jumlah slot M.2 yang tersedia seringkali sama pentingnya dengan bandwidth yang tersedia dari setiap slot. Pengguna mungkin saja membutuhkan banyak slot M.2 untuk menciptakan library penyimpanan yang besar atau meningkatkan koleksi drive M.2 dari rakitan sebelumnya. Apapun kebutuhannya, ASUS memperkuat lini produk Z790 dengan menawarkan lebih banyak pilihan, misalnya ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II yang dilengkapi lima slot M.2 dengan heatsink premium dandesain yang harmonis.

Kenyamanan pengisian daya perangkat pada front-panel

Mayoritas pengguna membutuhkan fitur pengisian daya yang nyaman. Dengan semua perangkat yang saling terhubung di dalam rumah, pengguna hampir dipastikan memiliki smartphone, tablet, atau handheld yang membutuhkan pengisian baterai setiap kali mereka duduk di depan komputer mereka. Motherboard Z790 terbaru mempermudah kebutuhan tersebut dengan menyediakan konektor port USB Type – C® front panel yang dapat digunakan dalam case yang kompatibel. Dengan kecepatan USB 3.2 Gen 2×2, konektor tersebut akan mentransfer data hingga 20 Gbps. Dengan teknologi Quick Charge 4+ atau USB Power Delivery 3.0, tergantung pada motherboard yang dipilih, mereka dapat mengisi ulang perangkat yang terhubung dengan cepat.

Selain fitur di atas, masih ada berbagai macam fitur lainnya. ASUS juga menyediakan fitur bawaan yang disebut USB Wattage Watcher. USB Wattage Watcher memungkinkan pengguna untuk memantau watt yang dikirim perangkat yang terhubung ke konektor front panel USB Tipe – C 20 Gbps. Dengan USB Wattage Watcher, pengguna dapat melihat watt pengisian daya secara real – time dan memeriksa status Fast-Charging perangkat yang mereka miliki.

Kemudahan Optimasi Memori dengan AEMP II

Beberapa waktu yang lalu, para perakit PC memperdebatkan apakah lebih baik memilih RAM DDR4 yang terjangkau atau RAM DDR5 yang berkinerja tinggi untuk sistem mereka. Kini, setelah pasar DDR5 berkembang dan berbagai kit memori tersedia dengan harga yang semakin menarik, pengguna semakin sulit untuk mengabaikan potensi kinerja memori generasi berikutnya. Kreator konten, gamer, engineer yang bekerja dengan dataset besar, serta multitasker akan merasakan manfaat dari CPU dengan jumlah core tinggi sekaligus memiliki kinerja multi-threaded yang luar biasa. Selain itu, DDR5 juga lebih cocok dipasang untuk CPU Intel Next – Gen Core dibanding DDR4.

Untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan kit memori dengan kecepatan tinggi, semua motherboard ASUS Z790 yang memiliki dukungan DDR5 dibekali dengan akses profil AEMP II. AEMP II yang dibuat dengan metode pelatihan yang fleksibel memudahkan pengguna untuk mengubah memori mereka melampaui pengaturan dasar, tetapi tetap mempertahankan operasi sistem yang stabil. Dengan AEMP II, pengaturan optimasi memori dilakukan hanya dengan sekali klik, baik untuk memaksimalkan modul entry-level atau menyiapkan kit berkecepatan tinggi untuk mendapatkan kinerja terbaik. Sementara itu, ROG MAXIMUS Z790 Dark Hero kelas atas dan ROG Strix Z790 – A Gaming WiFi II melangkah lebih jauh dengan menghadirkan fitur DIMM Flex, sebuah fitur BIOS yang memantau suhu DRAM dan menyesuaikan kinerja secara dinamis saat headroom termal memungkinkan.

Tuntaskan dengan Intelligent control

Intelligent control pertama pada motherboard yaitu AI Overclocking. Didukung oleh penelitian yang menyeluruh serta kategorisasi potensi kinerja aktual dari ribuan CPU di laboratorium pengujian, tool ini menjadi yang terdepan di industri dalam bidang performa overclocking dan kemudahan penggunaan. Tool ini dapat meningkatkan clock CPU hanya dengan sekali klik. Kecerdasan canggih dari AI Overclocking juga memantau efisiensi pendingin CPU dan perubahan dalam lingkungan operasi untuk menyesuaikan parameter secara berkala agar mendapatkan kinerja terbaik dari serangkaian komponen sistem yang unik. Pengguna akan mendapatkan akses ke fitur AI Overclocking di semua motherboard ROG Maximus dan ROG Strix Z790. Untuk pertama kalinya, AI Overclocking juga dihadirkan pada motherboard TUF Gaming dengan chipset Intel.

Teknologi pintar ini juga dapat mengoptimalkan perangkat pendinginan melalui fitur AI Cooling II. AI Cooling II adalah solusi sempurna bagi perakit yang memilih kipas case dengan RPM tinggi sehingga mampu mengalirkan volume udara yang besar. Kipas ini menjaga komponen berkinerja tinggi tetap dingin di saat beban berat, tetapi di sisi lain kipas dapat menghasilkan suara bising yang cukup mengganggu ketika pengguna melakukan tugas ringan seperti membaca artikel, streaming, atau menulis email. AI Cooling II akan membantu pengguna untuk mendapatkan aliran udara yang efektif saat beban berat sekaligus memberikan pengoperasian kipas yang senyap ketika melakukan tugas yang ringan.

Ketika pengguna pertama kali mengaktifkan AI Cooling II melalui FanXpert di aplikasi Armoury Crate, tool ini menggunakan algoritma machine learning untuk mengumpulkan data sistem selama pengujian singkat. Kemudian, AI Cooling II memantau CPU dan menggunakan data pengujian tadi untuk menghitung kecepatan kipas terendah yang diperlukan untuk mendinginkan sistem secara efektif dengan tetap meminimalkan tingkat kebisingan. Sistem kontrol kipas ini dapat mengurangi kebisingan kipas sistem hingga 5,7 dB saat beban berkelanjutan. Melalui sistem adaptif ini, pengguna akan selalu memiliki daya pendingin ketika dibutuhkan sekaligus pengoperasian senyap saat diinginkan. ASUS juga telah menggunakan kesempatan ini untuk memperbarui FanXpert dengan menambahkan serangkaian opsi kalibrasi dan kontrol kipas yang lengkap. Pengguna akan mendapatkan pemetaan input suhu dan pemetaan respons kipas dalam satu tampilan aplikasi Armoury Crate yang sederhana.

Komunikasi yang jelas sangat penting, baik ketika mengatur strategi gaming dengan teman atau melakukan video call dengan rekan kerja dan calon klien. Fitur Two-Way AI Noise Cancelation menghadirkan komunikasi yang jelas untuk Anda. Fitur ini memanfaatkan database deep-learning yang sangat besar untuk menyaring kebisingan latar belakang dari mikrofon dan audio yang masuk. Suara ketikan keyboard, klik mouse, dan suara di sekitar diredam secara pintar sehingga pengguna dapat mendengar dan didengar dengan jernih saat bermain game atau saat menelepon.

Fitur DIY-friendly permudah perakitan PC

Ketika merancang komponen PC, ASUS berusaha untuk membuat proses perakitan PC menjadi lebih mudah. Inovasi ASUS Q-Design eksklusif di seluruh lini produk ASUS Z790 menyederhanakan dan mempersingkat proses perakitan dan pembaruan PC.

Kartu grafis canggih yang ada saat ini sering kali memiliki solusi pendinginan yang tangguh dan backplate yang kokoh. Sebetulnya dua hal tersebut bagus untuk kinerja, tetapi, di sisi lain, keduanya dapat menghalangi pelepasan pengunci PCIe. Oleh karena itu, tombol ASUS PCIe Slot Q-Release memudahkan pengguna dalam melepaskan kartu grafis dari slot dengan hanya sekali tekan. ASUS pertama kali meluncurkan fitur ini pada motherboard Z690 kelas atas dan dengan bangga menghadirkannya pada model TUF Gaming mainstream.

Serupa dengan fitur di atas, desain slot DIMM tradisional mengharuskan pengguna untuk mengunci kedua sisi memori. Pengguna yang memiliki jari cukup besar seringkali merasa kesulitan untuk membuka pengait yang sangat dekat dengan kartu grafis. Oleh karena itu, ASUS juga telah menyertakan desain satu pengait Q-DIMM di berbagai motherboard Z790-nya. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu bersusah payah melepas kait yang mungkin terlalu dekat dengan kartu grafis mereka. Hanya perlu satu kait di sisi yang paling mudah dijangkau pada slot DIMM untuk menahan modul memori dengan kuat di tempatnya. Pasang dan Tingkatkan RAM jauh lebih mudah.

Motherboard Z790 terbaru bahkan didesain agar mudah dipasang RAM, sehingga pengguna awam dapat memasangnya dengan benar. Indikator Q-LED akan menyala — bahkan sebelum booting — untuk memberi tahu pengguna bahwa memori tidak terpasang dengan benar.

ASUS juga telah menyederhanakan proses pemasangan drive M.2. M.2 Q-Latch ASUS memberikan kenyamanan kepada pengguna karena mereka tidak perlu berurusan dengan baut M.2 yang kecil dan mudah hilang. Sekarang, mereka dapat menngencangkan atau melonggarkan drive M.2 hanya dengan ujung jari mereka. Pengguna akan menemukan M.2 Q-Latch di setiap motherboard ROG Maximus, ROG Strix, dan TUF Gaming Z790.

Tampilan dan performa bintang: ROG Maximus Z790 Dark Hero

Warna lain semakin digemari, tetapi warna hitam memiliki kualitas abadi yang tidak lekang oleh waktu. ROG Maximus Z790 Dark Hero meningkatkan kesan bayangan untuk menciptakan tampilan yang memukau. Pencahayaan polymo pada shroud I/O menyempurnakan semua desainnya dengan aksen yang sempurna. Rangkaian cahaya dan warna mikrostruktural ini memiliki dua lapisan pencahayaan RGB yang terpisah, sehingga perakit dapat menampilkan gaya pencahayaan RGB yang tidak akan mereka lihat di tempat lain.

ASUS mendukung tampilan samar dari ROG Maximus Z790 Dark Hero dengan serangkaian fitur yang canggih. Konektor Dual Thunderbolt™ 4 pada rear panel siap mendukung perangkat periferal generasi terdepan berkecepatan tinggi, sedangkan audio ROG SupremeFX generasi berikutnya dilengkapi dengan ESS ® ES9218 Quad – DAC untuk koneksi front panel agar menghasilkan audio gaming yang jernih dan jelas pada headset atau speaker apapun. Konektor USB 20 Gbps memberikan port USB Type – C dengan bandwidth tinggi kepada pengguna pada front panel— dan dukungan Quick Charge 4+ membuat port ini dapat mengisi ulang perangkat yang terhubung seperti smartphonr dengan cepat. Tiga header addressable RGB LED Gen 2 dan satu header pencahayaan empat pin biasa menyatukan pencahayaan pada rakitan dengan sempurna menggunakan aplikasi Aura Sync.

Bagi pengguna yang berencana melakukan overclocking prosesor Intel kelas atas, ROG Maximus Z790 Dark Hero menawarkan 20+1 teamed power stage untuk menyuplai daya ke CPU Vcore dan prosesor grafis onboard. Setiap power stage diberi nilai output hingga 90 A serta memberikan pengiriman daya yang paling stabil ke prosesor, bahkan pada beban paling tinggi sekalipun.

Dukungan M.2 yang luas pada motherboard ROG Maximus Z790 Dark Hero memberikan opsi kelas atas kepada pengguna untuk membangun sistem penyimpanan yang cepat dan luas. Slot M.2 PCIe 5.0 onboard memungkinkan pengguna untuk memasang salah satu drive tercepat di pasaran, sedangkan empat slot M.2 PCIe 4.0 tambahan memungkinkan pengguna untuk memperluas penyimpanan mereka lebih jauh dengan drive tambahan.

ROG Maximus Z790 Dark Hero mendukung opsi jaringan kelas atas kepada pengguna. Dukungan WiFi 7 membuat pengguna dapat mengakses jaringan nirkabel generasi terbaru ketika motherboard ini terhubung dengan router WiFi 7. Bagi pengguna yang lebih suka koneksi berkabel, port Ethernet 2,5 Gb bandwidth tinggi juga disediakan.

Terakhir, motherboard ini menyederhanakan proses perakitan dan menyediakan tool diagnostik yang bermanfaat. Pelindung I/O yang telah terpasang memudahkan tahap perakitan yang krusial, sementara tombol Q-Release Slot PCIe dan sistem M.2 Q-Latch menyederhanakan proses perakitan dan peningkatan kartu grafis dan drive penyimpanan.

Tampilan putih dan kinerja gaming melimpah: ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II

Motherboard ROG Strix mengambil DNA inti dari seri ROG Maximus dan mengubahnya menjadi desain yang lebih sederhana dengan performa gaming yang luar biasa dan gaya yang menonjol. ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II membawa seri ini ke level selanjutnya dengan menghadirkan lebih banyak konektivitas, peningkatan pendinginan VRM, dan lebih banyak opsi penyimpanan.

ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II siap menjadi fondasi untuk rakitan bertema putih dengan shroud I/O dan heatsink putih dan perak mencolok yang masing-masing terlihat berbeda dari PCB hitam. Bahkan ASUS WiFi Q-Antenna dibalut dengan warna putih yang mewah sehingga tampilannya memiliki keindahan yang harmonis.

Dukungan WiFi 7 menjadi sorotan penting dari spesifikasi motherboard ini, tetapi ini bukanlah satu-satunya peningkatan yang ditawarkan oleh ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II. ASUS telah meningkatkan jumlah slot M.2 hingga lima buah, dan masing-masing slot tersebut memiliki pendingin yang mumpuni disertai dengan heatsink internal. Opsi rear I/O kini meliputi total dua belas port USB untuk memastikan bahwa pengguna memiliki konektivitas yang mereka butuhkan. Kemudian ASUS telah menyempurnakan solusi pendinginan VRM dengan heatsink yang besar dan thermal pad dengan konduktivitas tinggi.

Kecerdasan terbaru, inti tetap sama: TUF Gaming Z790 – Pro WiFi

Para perakit PC di mana pun mempercayai TUF Gaming untuk mendapatkan fitur-fitur gaming yang esensial, tampilan yang menawan, dan performa yang dapat diandalkan. TUF Gaming Z790-Pro WiFi menorehkan prestasi terbaru bagi jajaran produk ini dengan menghadirkan fitur-fitur yang sebelumnya hanya tersedia pada motherboard ASUS yang paling canggih.

TUF Gaming Z790-Pro WiFi menawarkan akses ke AI Overclocking yang merupakan kali pertama pada lini motherboard Intel TUF Gaming ASUS. Perakit pemula akan menyukai fitur ini karena mereka dapat meningkatkan performa PC mereka dengan mudah. Enthusiasts PC berpengalaman dapat memanfaatkan AI Overclocking untuk membuat dasar untuk melakukan penyesuaian. Semua orang dapat menikmati bagaimana fitur ini dapat berfungsi sebagai alat uji coba yang aman, sehingga pengguna dapat menurunkan kinerja sesuai kebutuhan jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, misalnya kegagalan kipas.

Banyak pengguna PC yang senang menggunakan port front panel untuk mengisi ulang daya smartphone mereka saat menggunakan PC. TUF Gaming Z790-Pro WiFi memungkinkan pengguna untuk menghubungkan port berkecepatan tinggi pada front panel case dengan konektor USB Type-C 20 Gbps yang dilengkapi dengan USB Power Delivery 3.0.

Terakhir, ASUS juga menawarkan ASUS WiFi Q-Antenna terbaru pada TUF Gaming Z790-Pro WiFi. Jika dipasangkan dengan router WiFi 6E, konektivitas WiFi 6E pada motherboard ini membuat pengguna dapat memanfaatkan band 6 GHz terbaru untuk mengatasi interferensi yang bisa saja memperlambat jaringan nirkabel di rumah mereka. ASUS WiFi Q-Antenna memberikan alat yang dibutuhkan pengguna untuk mendapatkan sinyal terbaik.

Gambar dan detail lebih lanjut tentang spesifikasi motherboard ASUS Z790 terbaru dapat ditemukan di Panduan Pembelian Edge Up, atau kunjungi halaman website ASUS 700 untuk melihat video tampilan pertama dari setiap seri. 

Ketersediaan & Harga

Silakan hubungi perwakilan ASUS setempat untuk informasi lebih lanjut.

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…