Review ASUS ROG Zephyrus G14 (2024) GA403: Laptop Gaming Kencang, Ringan 1.5 KG, Irit Baterai

Author
Irham
Reading time:
May 14, 2024

Laptop gaming unik ini adalah ASUS ROG Zephyrus G14 keluaran tahun 2024. Sudah menjadi tradisi kalau setiap tahunnya ASUS mengeluarkan penerus dari seri Laptop Gaming 14 Inch mereka.  Ukurannya yang mungil dan bobotnya yang ringan membuat Laptop ASUS yang satu ini cocok untuk mereka yang membutuhkan Laptop High Performance yang enteng dan mudah dibawa kemana-mana.

Bobotnya pun sangat ringan, di bawah 1.5 KG. Biasanya, laptop dengan berat 1.5 KG itu adalah laptop tipis dan ringan yang hanya menggunakan IGP, bukan Laptop Gaming dengan Discrete GPU.

review ROG Zephyrus G14 (2024)

Untuk performa, laptop ini sudah kekinian karena menggunakan prosesor AMD Ryzen 8000 Series yang sudah dilengkapi kemampuan AI. Ya! Prosesor AMD Ryzen ini memiliki unit NPU di dalamnya, sehingga mampu menangani komputasi AI secara offline tanpa perlu koneksi internet

Dengan prosesor ini, pengguna memiliki “mesin AI” pribadi yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu terhubung ke server. Hal ini juga menjaga privasi pengguna karena tidak perlu meng-upload data personal ke server. Punya “mesin AI” pribadi juga membuat pengguna dapat menghemat biaya karena tidak perlu membayar subscription untuk layanan komputasi AI berbasis internet.

AMD Ryzen 8000 bukanlah prosesor AMD Ryzen pertama dengan NPU di dalamnya karena sebelumnya sudah ada Ryzen 7040 Series. Solusi AI dari AMD ini sudah tersedia di dalam jutaan laptop yang dirilis sejak tahun 2023, baik dalam bentuk Laptop Gaming maupun laptop tipis dan ringan

AMD mengklaim memiliki solusi AI yang lengkap mulai dari tingkat Data Center, Edge, hingga Client dengan Ryzen 7040 dan Ryzen 8000-nya (Gambar Slide AMD 01). Prosesor “AMD Ryzen AI” ini sudah menggunakan CPU Zen 4, GPU RDNA3, dan NPU XDNA untuk menghasilkan komputasi AI yang kencang dan efisien di perangkat laptop

Laptop ini juga dilengkapi dengan Discrete GPU RTX 40 Series, sehingga performa gaming-nya kekinian dan siap untuk akselerasi di software content creation ternama. Uniknya, layarnya menggunakan panel 3K 120 Hz OLED Pantone Validated yang lebih cocok untuk content creation kelas profesional.

ROG Zephyrus G14 2024 4

Uniknya lagi, walaupun datang dari seri ROG, Laptop Gaming yang satu ini ternyata memiliki label NVIDIA Studio Laptop dimana hal itu menandakan kalau Laptop ini seharusnya ditujukan untuk Content Creation, bukan Gaming. Tentunya kemampuan AI dari prosesor AMD Ryzen-nya juga bisa dimanfaatkan pula untuk kebutuhan Content Creation seperti dengan menggunakan Software Topaz AI atau Premiere Pro.

Mari kita simak review-nya berikut ini.

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14 (2024)

Processor: AMD Ryzen 7 8845HS

ROG Zephyrus G14 2024
  • Codenamed – Hawk Point
  • CPU Architecture – Zen 4
  • Fabrikasi – TSMC 4 NM FinFET(Jadi prosesor ini punya efisiensi daya yang tinggi)
  • Default TDP – 35-54 Watt
  • 8-Core / 16-Thread
  • L3 Cache – 16 MB
  • NPU Ryzen AI
  • Up to 16 TOPS (Gambar Slide AMD 07)

Integrated Graphics

ROG Zephyrus G14 2024
  • AMD Radeon Graphics 780M
  • IGP ini menggunakan arsitektur RDNA3 dengan 12 Compute Units, yang sudah mendukung fitur Ray Tracing dan juga Video AV1
  • Jadi mau dipakai Gaming tipis-tipis untuk Game ringan atau kebutuhan Multimedia tetap oke
  • Apalagi Laptop ini punya mode untuk hanya menghidupkan IGP saja jadi lebih hemat

Memory/RAM

ROG Zephyrus G14 2024
  • 16 GB LPDDR5X 6400 MHz Dual Channel 128-bit
  • Laptop ini tidak memiliki slot SO-DIMM jadi tidak dapat ditambah kapasitas RAM-nya

Storage

ROG Zephyrus G14 2024 15
  • 1 TB SSD M.2 NVMe PCIe Gen 4 x4

Discrete Graphics: NVIDIA GeForce RTX 4050 Laptop GPU

ROG Zephyrus G14 2024
  • VRAM 6 GB GDDR6
  • Nilai maksimum TGP adalah 90 Watt yang masih sesuai dengan standar dari NVIDIA
  • Uniknya, Driver bawaan Laptop Gaming ini ternyata menggunakan NVIDIA Studio Driver yang dioptimalkan dan diuji kestabilannya di Software Content Creation
  • Tentunya kalau mau diganti ke Game Ready Driver yang lebih optimal untuk Gaming, juga bisa.
  • Laptop ini juga dilengkapi fitur NVIDIA Advanced Optimus dan MUX Switch jadi bisa dipilih apakah Discrete GPU-nya aktif terus menerus, bergantian dengan IGP, atau hanya IGP-nya saja yang bekerja
    ROG Zephyrus G14 2024 17

Wireless Connectivity

ROG Zephyrus G14 2024
  • Menggunakan modul AMD RZ616 dengan Chip Mediatek, yang mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth V5.3

Battery Capacity

ROG Zephyrus G14 2024 19
  • 73 Wh

Operating System

ROG Zephyrus G14 2024
  • Windows 11

Desain

ROG Zephyrus G14 2024 memiliki form factor clamshell dengan bodi yang dibuat dari balok aluminium yang dibentuk menggunakan CNC Machine, sehingga build quality-nya terasa kokoh dan solid. Pilihan warnanya termasuk Eclipse Grey, yang diuji, dan Platinum White. Walaupun memiliki nama ROG, penampilan laptop gaming ini justru jauh dari kesan gaming.

Desainnya terlihat minimalis dengan logo ROG kecil pada punggung layar yang warnanya senada dengan warna bodi. Satu-satunya ornamen “gaming” hanya ditemukan pada punggung layar, yaitu deretan lampu LED yang disusun secara diagonal bernama ROG Slash.

ROG Zephyrus G14 2024 24

Untungnya, lampu LED tersebut berwarna putih sehingga penampilan laptop tetap kalem asalkan efek lampunya tidak diaktifkan. Lampu LED tersebut juga bisa dimatikan sepenuhnya, sehingga secara keseluruhan, penampilan laptop ini tetap terasa profesional.

 

Laptop ini memiliki ukuran panjang 31.1 cm, lebar 22 cm, dan tebalnya bervariasi dari sisi paling tipis 1.59 cm hingga sisi paling tebal 1.63 cm. Bobot laptop adalah 1.47 kilogram, sementara charger 180 Watt-nya memiliki bobot 470 gram, sehingga total beratnya menjadi 1.94 kilogram.

ROG Zephyrus G14 2024 27 ROG Zephyrus G14 2024 26

Menariknya, pada paket penjualan juga disertakan charger 100 Watt dengan konektor USB Type-C yang bobotnya lebih ringan, hanya sekitar 295 gram. Jadi, tidak perlu membawa charger yang berat saat pergi jika aktivitasnya tidak memerlukan performa penuh dari laptop. Charger 100 Watt tersebut juga bisa diganti dengan GaN Charger 100 Watt yang ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih praktis.

Display

ASUS ROG Zephyrus G14 memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi 2880 x 1800 piksel dan aspect ratio 16:10. Refresh rate-nya mencapai 120 Hz dengan response time 0.2 ms. Tentunya, layar laptop ini sudah mendukung teknologi Variable Refresh Rate NVIDIA G-Sync, sehingga tampilan saat bermain game lebih mantap.

ROG Zephyrus G14 2024 30

Panel yang digunakan di ROG Zephyrus G14 2024 adalah OLED, dan ini untuk pertama kalinya ASUS memakai panel OLED untuk laptop gaming mereka. Menurut ASUS, tingkat kecerahan maksimalnya mencapai 500 nits dengan color gamut 100% DCI-P3.

Sementara itu, hasil pengukuran kami menunjukkan tingkat kecerahan maksimal 422 nits di mode SDR dan 657 nits di mode HDR. Gamut coverage-nya mencapai 99.4% DCI-P3 dan gamut volume 121% DCI-P3. Hasil tersebut menandakan bahwa layar laptop ini siap digunakan untuk content creation kelas profesional yang membutuhkan akurasi warna tinggi, terlebih karena sudah memiliki sertifikasi Pantone Validated dengan Delta E < 1.

Untuk menonton film di mode HDR, layar ini juga sangat cocok karena sudah memiliki sertifikasi DisplayHDR True Black 500. Layar ini juga mantap untuk memainkan game AAA atau game kompetitif.

Permukaan layarnya bersifat glossy, yang memang oke dipadukan dengan panel OLED. Walaupun akan memunculkan sedikit pantulan, perpaduan tersebut membuat warna yang ditampilkan lebih cemerlang. Untuk bingkai layar, keempat sisinya sudah dibuat sangat tipis sehingga memberikan sensasi tampilan yang nyaris tidak bertepi.

Camera & Microphone

Laptop ini dilengkapi kamera inframerah 1080P @30 FPS. Karena menggunakan prosesor AMD Ryzen AI dengan NPU di dalamnya, kamera tersebut mendukung berbagai fitur Microsoft Studio Effect seperti:

  • Auto Frame: Posisi pengguna akan secara otomatis terus diposisikan di tengah frame meskipun bergerak ke kanan atau kiri.
  • Background Blur dan Advanced Background Effect: Gambar latar belakang pengguna akan dikaburkan untuk menjaga privasi.
  • Eye Contact Correction: Posisi bola mata akan dibuat seolah menatap mata lawan bicara walaupun pengguna sedang melihat ke arah lain.

Laptop ini juga dilengkapi dua modul mikrofon di sisi kanan dan kiri kamera. Fitur AI Noise Canceling membantu meredam suara bising yang ditangkap mikrofon. Kualitas kamera-nya mirip dengan sejumlah laptop ASUS yang baru-baru ini kami uji.

ROG Zephyrus G14 2024 36

Saat dicoba di ruangan dengan pencahayaan mencukupi, kamera mampu menangkap gambar dengan jernih dan bebas noise. Gambar juga memiliki detail yang baik dengan efek sharpening yang normal, tidak berlebihan.

Mikrofon laptop ini juga mampu menangkap suara dengan jelas. Namun, saat fitur noise cancellation diaktifkan, suara bising di sekitar masih masuk ke mikrofon meskipun suara kami tetap terdengar dengan baik.

Audio

ROG Zephyrus G14 2024 dilengkapi dengan enam speaker, terdiri dari empat woofer dan dua tweeter. Lubang keluaran suaranya ada empat: dua mengarah ke alas laptop dan dua di sisi samping kanan dan kiri keyboard. Speaker tersebut diklaim memiliki desain terbaru yang mampu menghasilkan volume suara 252% lebih kencang dan mampu menghasilkan suara rendah hingga frekuensi 100 Hz.

ROG Zephyrus G14 2024 37

Menariknya, klaim tersebut ternyata bukan omong kosong semata. Suara yang dihasilkan laptop sekecil ini ternyata sangat menggelegar, bahkan bisa diadu dengan laptop gaming 18 inci yang bodinya lebih besar dan tebal. Kualitas suara yang dihasilkan juga sangat memuaskan, dengan bass yang bulat dan detail yang tetap jernih terdengar.

Konektor

Kiri

ROG Zephyrus G14 2024 41
  • 1X ASUS Slim Power Jack untuk nge-Charge si Laptop
    • Ini adalah bentuk konektor DC-IN terbaru dari ASUS
  • 1X HDMI 2.1
  • 1X USB4 yang mendukung
  • Power Delivery, dan
  • Protokol Display Port
  • 1X USB 3.2 Gen 2
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Baca Juga: Review ASUS TUF Gaming A15 (2024): Laptop Gaming Kencang dengan Kemampuan AI! • Jagat Review

Kanan

ROG Zephyrus G14 2024 43
  • 1X MicroSD Card Reader
  • 1X USB 3.2 Gen 2
  • 1X USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung protokol Display Port

Keyboard

Desain dan tata letak tombol tetap mempertahankan ciri khas Zephyrus G14, sehingga tidak ada yang benar-benar baru di sini. Empat tombol makro di sebelah atas tombol function juga tetap dipertahankan. Namun, ukuran tombol kini dibuat lebih besar sehingga lebih nyaman saat mengetik. Keyboard ini memiliki travel distance sedalam 1.7 mm sehingga terasa dalam saat mengetik.

ROG Zephyrus G14 2024 45

Lampu backlit pada laptop ini hanya memiliki satu zona RGB. Tingkat kecerahannya dapat diatur dalam tiga tingkat dengan menekan tombol F2 atau F3. Warna dan efek lampu RGB dapat diatur sesuka hati melalui software Armoury Crate.

Touchpad

Touchpad di ROG Zephyrus G14 2024 ini memiliki ukuran 12.7 X 7.9 CM dengan posisi cenderung Center to Body. Menariknya, sisi vertikal Touchpad dibuat nyaris sama besar seperti area Palmrest jadi tetap terasa luas walaupun bodi Laptop-nya kecil.

ROG Zephyrus G14 2024 47

Meskipun, tidak sejajar dengan tombol Spacebar, saat kami coba telapak tangan cenderung tidak masuk ke area Touchpad jadi tidak mengganggu kenyamanan mengetik

Cooling System

Laptop Gaming ini menggunakan sistem pendingin dengan tiga Heatpipe dan tiga Kipas. Ya, ada Kipas ketiga yang berfungsi meniup angin ke area prosesor. Untuk Thermal Paste-nya menggunakan Liquid Metal yang punya kemampuan transfer panas paling baik saat ini.  Sementara untuk ventilasi pembuangan udara panasnya ada dua yang mengarah ke belakang, menuju alas Laptop, bukan ke permukaan layar

Nah, untuk tahu lebih lanjut seperti apa performa dari ASUS ROG Zephyrus G14 (2024) GA403 yang ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 7 8845HS ini, simak video review lengkapnya berikut ini:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

May 10, 2024 - 0

Review Acer Swift Go 14: Laptop Rasa Premium, Harga Terjangkau

Yang satu ini, adalah sebuah AI PC terbaru dari Acer!…
April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…

Gaming

May 15, 2024 - 0

Helldivers 2 Tembus 12 Juta Kopi dalam 12 Minggu!

Bertempur bersama teman-teman dalam sebuah skenario perperangan super epik dengan…
May 15, 2024 - 0

Hellblade II Pamer Photo Mode Super Detail

Ada banyak alasan untuk menantikan game terbaru dari Ninja Theory…
May 15, 2024 - 0

Artwork Assassin’s Creed Shadows Bocor, Konfirmasi Dua Karakter?

Seperti selayaknya sebuah rahasia umum, kalimat ini sepertinya pantas untuk…
May 14, 2024 - 0

Square Enix Kini Punya 5 Tim Konsol, 1 Tim Smartphone

Jika hanya berbicara soal barisan franchise raksasa yang berdiri di…