in: Gadget - News | July 30, 2010 | by: Patrick

Opera Mini, Aplikasi Mini yang Digemari Indonesia


Merasa familiar dengan logo huruf “O” di atas? Hal ini mungkin karena logo di atas sering Anda lihat di perangkat seluler Anda. Opera Mini, sebuah aplikasi browser mobile dari Opera Software telah menjadi primadona bagi pengguna perangkat seluler di Indonesia.

Status ini bukanlah tanpa dukungan data. Melihat dari statistik yang dikeluarkan oleh Internet World Stats dengan dipadukan oleh Opera’s State of Web Report memperlihatkan Indonesia menempati urutan pertama pengguna Opera Mini di seluruh dunia.

hegemoni aplikasi browser mobile yang dipegang Opera Mini ini disebabkan oleh banyak hal. Menurut Peko Wan, Communications Manager, Opera Software “Ada kecenderungan penggunaan browser mobile pada negara-negara yang memiliki bandwidth Internet terbatas.” Hal ini diperkuat banyaknya perangkat seluler yang membundel Opera Mini pada perangkatnya.

Peko Wan, yang merupakan salah satu perwakilan Opera Software dari Taiwan, menambahkan sedikit mengenai “booming”-nya handphone, smartphone, dan perangkat seluler lainnya.“Saya sendiri agak kaget melihat semakin maraknya pengguna di Indonesia yang mendayagunakan perangkat seluler mereka pada aktivitas mereka sehari-hari. Kemana-mana saya melihat orang-orang sibuk melihat dan mengutak-atik perangkat seluler mereka.”

Opera Software juga melihat booming Opera Mini ini sebagai peluang untuk memperkenalkan aplikasi-aplikasi lain yang tidak kalah menarik dari Opera. Seperti Opera Browser, aplikasi browser desktop Opera yang pada versi 10.60 nya menjadi salah satu browser tercepat sekarang ini.

Bagi pengguna Smartphone, Opera Software juga menyediakan Opera Mobile. Berbeda dengan “adik”-nya, Opera Mini, Opera Mobile memiliki sejumlah feature tambahan yang mampu membuat pengalaman browsing Internet lewat smartphone menjadi lebih menarik.


Feature Tab Browsing di Opera Mobile.

Ke depannya Opera Software berusaha mengintegrasi seluruh pengalaman browsing pengguna ke dalam satu platform Opera. Di sini diharapkan pengguna dapat menggunakan browser secara lintas platform di mana pun dan kapan saja. Harapan yang tentu saja cukup idealis dan patut ditunggu pencapaiannya. Namun saat ini, biarkan saya terbiasa mendengar kalimat seperti ini di kawasan Roxy atau ITC Fatmawati, marketplace perangkat seluler di Jakarta: “Mas, ini sudah di-install Opera belum?”

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES