in: News | December 1, 2010 | by: Pladidus Santoso

Militer Amerika Serikat Membangun Super Komputer dari PS3

Jika Anda memasuki markas besar Angkatan Udara Amerika Serikat, Anda mungkin akan terkejut menemukan sebuah ruangan yang berisikan ribuan Playstation 3 yang ditata dengan rapi, penuh dengan kabel yang saling terhubung satu sama lain. Anda tidak salah melihat, apa yang Anda saksikan adalah sebuah superkomputer baru dari Militer Amerika, dengan kode nama Condor Cluster.

Kemampuan perangkat keras dari konsol Sony, Playstation 3 memang potensial. Sebagai konsol generasi selanjutnya, Playstation 3 memuat “jeroan” yang seharusnya mampu menghasilkan teknologi gaming yang sangat mumpuni, melebihi apa yang mampu dilakukan oleh para kompetitornya yang lain. Teknologi cell di dalamnya yang belum dapat dimaksimalkan untuk keperluan gaming, juga sebenarnya memuat potensi yang besar untuk digunakan oleh pihak-pihak terkait yang membutuhkan teknologi ini. Termasuk di militer di dalamnya.

Condor Cluster berisikan 1.760 PS3 yang dihubungkan dengan kurang lebih 168 GPU terpisah dan 84 coordinating servers. Kegunaannya? Militer Amerika, khususnya Angkatan Udara akan bergantung pada Condor Cluster untuk menghasilkan kemampuan melakukan proses gambar radar dan satelit beresolusi tinggi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi, dari yang membutuhkan waktu berjam-jam menjadi beberapa detik. Condor Cluster yang merupakan superkomputer ke-33 terbesar di dunia ini juga mampu menghasilkan alogaritma untuk mengidentifikasikan objek-objek yang terbang di angkasa.

Tetapi jangan membayangkan militer Amerika membeli 1.700 ini di toko game terdekat. Mereka secara langsung bekerja sama dengan Sony untuk mengembangkan mesin PS3 ini dengan tanpa slot blu-ray. Teknologi ini juga memberikan penghematan bagi militer Amerika, karena teknologi PS3 yang dihadirkan akan jauh lebih murah untuk mengembangkan PS3 dibandingkan membangun superkomputer dari awal.

Bahkan Amerika menggunakan teknologi konsol Jepang untuk membangun basis militer mereka. Apa kabar Microsoft dan XBOX 360 mereka?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES