in: Popular Science | January 12, 2011 | by: Lucky Natalia

Desain Dashboard Mutakhir dari Denso

Denso sedang mengembangkan teknologi terbaru yang akan ditanamkan di dashboard mobil. Teknologi tersebut melibatkan perangkat iPhone dari Apple yang akan menjadi pusat pengendali mobil.

iPhone tersebut “tertanam” dengan kokoh di tengah setir yang menjadi pusat kontrol seluruh aktivitas di dalam mobil. Di sisi sebelah kanan bawah, terdapat sebuah layar yang dapat berfungsi sebagai penunjuk arah (GPS). Satu layar berbentuk bulat juga terdapat di dashboard bagian depan yang dapat menunjukkan speedometer dan tangki bensin. Itulah tampilan dashboard terbaru yang sedang dikembangkan oleh Denso. Perusahaan tersebut menggunakan iPhone sebagai alat pengendali all-in yang mengendalikan dua layar untuk mengecek kecepatan, persediaan bahan bakar, suhu, hingga menunjukkan arah.

sumber gambar: CNET

Selain itu, melalui iPhone tersebut, Anda juga bisa mengatur waktu Anda agar tidak terjebak lampu merah terlalu lama. Dari jarak tertentu, Anda bisa memantau lampu merah terdekat yang akan Anda lewati dan memperkirakan waktunya sehingga tidak perlu mengantri terlalu lama. Ini salah satu bentuk solusi agar mobil tidak memerlukan terlalu banyak berhenti dan starting sehingga irit bahan bakar.

Salah satu fitur menarik dari dashboard ini adalah sensor yang akan mengetahui jika Anda dalam keadaan mengantuk dan memberikan sinyal/alarm untuk beristirahat sejenak atau minum segelas kopi. Sinyal tersebut akan dikirim oleh sebuah kamera kecil yang terletak di atas layar bulat di depan dashboard yang akan memantau semua pergerakan Anda.

Sayangnya, teknologi pintar ini masih dalam masa uji coba dan masih terus diperbaiki. Mari bersabar menunggu!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES