10 Summon Final Fantasy Terkeren

Reading time:
April 22, 2011
final fantasy logo

Seri Final Fantasy tidak terbantahkan masih menjadi franchise game RPG Jepang terbesar yang pernah ada. Lahir dari tangan Squaresoft pada awalnya, Final Fantasy tidak hanya menjadi sebuah game yang lahir dan tenggelam begitu saja, tetapi menjelma menjadi identitas yang unik dari industri game itu sendiri. Jika Anda seorang gamer, terlepas dari apakah Anda pernah memainkannya atau tidak, Final Fantasy bukanlah sesuatu yang asing lagi di telinga Anda.

Ada banyak alasan mengapa Final Fantasy pada masa jayanya mendapatkan perhatian yang sangat besar dari para gamer. Cerita yang ditawarkan memang selalu membawa atmosfer permainan yang menarik, desain karakter yang tiada duanya, soundtrack memorable, gameplay unik, dan pastinya desain berbagai monster summon yang menakjubkan. Kesemua hal itu membentuk Final Fantasy menjadi nama besar yang tetap hidup hingga saat ini, puluhan tahun sejak kemunculan pertamanya.

Final Fantasy kini sudah memasuki seri keempat belasnya. Walaupun tidak pernah ada kesinambungan cerita antara keempat belas seri tersebut, namun Final Fantasy selalu mampu menghadirkan pengalaman unik di setiap serinya. Tetapi bagaimana caranya untuk mempertahankan sebuah franchise dan identitas di dalamnya, jika karakter dan plot yang dihadirkan berbeda satu sama lain? Jawabannya adalah menghadirkan elemen yang terus menerus ada dalam setiap serinya. Elemen seperti ini lah yang kemudian menjadi perekat identitas ke semua seri ini. Untungnya Square Enix punya banyak senjata untuk melakukannya.

Anda mungkin menyadari bahwa selalu ada hal sama yang muncul di setiap seri Final Fantasy. Beberapa dari Anda mungkin akan menyebutkan Chocobo dan Mog sebagai makhluk yang selalu hadir dan membuat sebuah Final Fantasy terasa seperti sebuah Final Fantasy. Atau Anda mengenal CID, sebagai nama karakter yang secara konsisten muncul di setiap seri dan seringkali memegang peranan penting dalam plot permainan. Jika tidak dari keduanya, maka Anda mungkin cenderung seperti saya, menjadi monster summon sebagai hal yang paling membuat suasana Final Fantasy terasa begitu kental.

Dari semua monster summon yang pernah hadir di semua seri Final Fantasy, ada beberapa yang memang harus diacungi dua jempol, baik dari segi kekuatan maupun desain yang dihadirkan. Begitu melekat di otak dan sulit dilepaskan. Bahkan tidak jarang Anda akan merasakan bahwa tanpa kehadiran summon ini, Final Fantasy tidak akan pernah lengkap. Jadi begitu banyak alternatif pilihan yang ada, 10 summon apa sajakah yang bisa dikategorikan paling keren dari semua seri Final Fantasy?

10. Alexander

alexander ff 13

Apakah Anda termasuk gamer yang menyenangi desain summon dalam ukuran masif dan tampak kokoh? Maka Alexander adalah jawabannya. Alexander memiliki latar belakang cerita yang berbeda di setiap seri Final Fantasy, tetapi memiliki visualisasi yang mirip satu sama lainnya. Dihadirkan sebagai monster dengan kepala mirip helm dan tubuh besar seperti bangunan (agak mengingatkan saya pada bentuk bangunan Colisseum setiap kali melihatnya), Alexander adalah summon yang lebih dekat dengan elemen Holy. Bahkan pada Final Fantasy XIII, ia dapat berubah menjadi robot super keren dengan damage besar. Apa yang paling memorable dari Alexander itu sendiri? Saya akan menunjuk event pertarungannya melawan Bahamut di Final Fantasy IX sebagai yang paling membekas di otak.

9. Adrammelech (Final Fantasy XII)

adrammelech

adrammelech2

Mungkin banyak gamer yang tidak terlalu mengenal sosok Adrammelech sebagai sebuah summon. Monster berkepala kambing dengan sayap yang kokoh ini memang pertama kali diperkenalkan di Final Fantasy XII sebagai summon dengan elemen utama Lightning. Adrammelech kemudian secara rutin digunakan untuk summon yang berkaitan dengan “Ivalice Alliance”, game Final Fantasy yang bersettingkan di dunia Ivalice. Apa yang membuat summon ini begitu keren? Desain yang diadaptasikan pada dirinya memang patut diacungi jempol.

8. Shiva

shiva

shiva21

Siapa yang tidak mengenal summon Shiva di dunia Final Fantasy? Jika Anda belum pernah bertemu dengan wanita es ini, maka Anda bukan seorang gamer RPG. Shiva sendiri bersama dengan Ifrit, merupakan summon yang paling sering muncul di seri Final Fantasy. Walaupun karakter ini sudah beberapa kali mendapatkan modifikasi dalam setiap seri, namun ciri khas rambut panjang, tubuh seksi, dan rupa yang dominan berwarna biru selalu menjadi ciri khasnya. Kemampuannya untuk menghancurkan musuh dengan gerakan indah dan penuh dengan efek es ini seringkali menjadi tumpuan para gamer untuk mengalahkan musuh di depan mata.

7. Ifrit

ifrit ff8

ifrit

Ifrit merupakan salah satu summon yang paling sering muncul di dunia Final Fantasy, selain Shiva. Didasarkan pada konsep kepercayaan yang tersebar di Asia, summon berkepala singa dengan tanduk panjang luar biasa ini memang tampil begitu ganas. Apalagi elemen api yang dihadirkannya membuat summon ini seolah baru keluar dari neraka, siap membakar dan melelehkan apa saja yang di depan mata mereka. Dari semua Ifrit yang pernah hadir di Final Fantasy, saya paling jatuh cinta dengan desain dari Final Fantasy X. Mengagumkan.

6. Gilgamesh

gilgamesh

gilgamesh1

Sangat sulit untuk mendefinisikan Gilgamesh sebagai sebuah summon. Mengapa? Kenyataannya ia memang lebih sering menjadi mini-boss yang harus dilawan untuk mendapatkan senjata tertentu. Jika menjadi summon, ia tidak pernah menjadi yang dapat dikendalikan dan diberikan instruksi sesuka hati. Namun tidak dapat dipungkiri, Gilgamesh memang pantas masuk ke dalam list ini. Bagaimana tidak, summon yang terobsesi untuk mengumpulkan senjata-senjata terkuat di semesta ini memang tampak begitu cool dan kuat luar biasa. Seandainya saja hero di seri Final Fantasy manapun dapat berteman baik dengannya dan meminjam salah satu pedangnya untuk sementara waktu, maka saya kira Final Fantasy akan tamat dengan super mudah.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…