in: News - Otomotif | June 21, 2011 | by: Ernest Dimitria

Batmobile Ramah Lingkungan

Bruce Wayne merupakan salah satu pebisnis andal di dunia komik yang mulai memedulikan kelestarian lingkungan. Setidaknya, itulah kesan yang ditimbulkan oleh penerbit komik Batman, DC Comics. Dalam mempersiapkan sebuah pertunjukkan live di Eropa, pihak DC Comics memberikan lampu hijau kepada Gordon Murray untuk mendesain mobil super canggih milik pahlawan super tersebut.

Gordon Murray merupakan seorang desainer mobil Formula 1 dan McLaren. Antara tahun 1991 hingga 2004, pria berdarah Skotlandia ini memimpin tim McLaren Cars dalam mendesain dua mobil super: McLaren F1 dan Mercedes-Benz SLR McLaren. Untuk proyek DC Comics yang satu ini, Gordon memutuskan untuk menggunakan sumber energi alternatif sebagai nafas kehidupan Batmobile, yaitu dengan menggunakan bahan bakar hidrogen. Walaupun begitu, kehadiran afterburner ala pesawat roket di bagian belakangnya tidak ditinggalkan.

Selama beberapa dekade, desain eksterior Batmobile terus berevolusi. Dari mobil tak beratap yang diperkenalkan dalam serial televisi Batman di tahun 60-an, desain mobil sport futuristik yang diperkenalkan dalam jajaran film Batman versi Tim Burton, hingga mobil tangguh Tumbler versi Christopher Nolan. Batmobile versi Gordon Murray tetap mengandalkan desain mobil sport, tetapi mengusung desain yang lebih sederhana dibanding versi Tim Burton.

Feature lain yang dimasukkan oleh Gordon ke dalam Batmobile ramah lingkungan ini antara lain lampu laser di bagian depan mobil, sonar, dan roda virtual. Roda virtual ini dapat menciptakan sebuah medan listrik bertegangan tinggi yang mengangkat mobil tersebut setinggi 40mm dari tanah. Nampaknya DC Comics dan Gordon Murray ingin mengembalikan desain sport Batmobile dengan sentuhan ramah lingkungan melalui mobil yang satu ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES