in: Special Report | June 10, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Computex 2011 – VIA Siapkan Penantang Brazos dan Core i3

Ruangan khusus yang disewa oleh VIA di gedung Taipei International Convention Center (TICC) dipadati oleh pengunjung yang penasaran dengan produk-produk terbaru dari produsen yang dikenal lewat produk-produk chipset tersebut. Di salah satu galeri, terdapat sebuah platform baru milik VIA yang ditujukan sebagai alternatif solusi desktop hemat daya, VX900. Platform ini dipadukan dengan prosesor quadcore baru dari VIA yang juga hemat daya.

CPU quadcore baru milik VIA tertanam di motherboard VX900.

Chipset VX900 dilengkapi dengan HD Video Decoder dan integrated graphics VIA Chrome9 HC3 sehingga sistem ini mampu memutar content video HD dengan utilisasi prosesor minimal. Selain itu, dengan prosesor quadcore berkecepatan 1 GHz milik VIA, konsumsi daya dapat ditekan hingga kurang dari 20 watt. Komputer pun hanya menggunakan pendinginan pasif, alias tidak memerlukan fan untuk membuang panas.

Platform baru VIA -prosesor quadcore dipadukan dengan chipset VX900- mampu memutar video full-HD dengan utilisasi prosesor rendah.

Menurut sumber dari pihak VIA, prosesor quadcore dengan arsitektur x86 out-of-order ini  akan dirilis dalam versi kecepatan yang berbeda-beda dan ditujukan bagi pasar desktop entry-level, bersaing dengan tawaran serupa dari AMD (keluarga CPU Brazos) dan Intel (Core i3).

Soal kinerja, belum banyak hal yang dapat dikatakan oleh VIA selain bahwa prosesor quadcore tersebut menawarkan kinerja yang cukup reasonable dengan tingkat konsumsi daya rendah.  Dalam waktu dekat, VIA akan merilis chipset VX1100 yang memiliki kemampuan lebih tinggi sebagai pasangan prosesor quadcore ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES