LOGO

10 Game RPG Playstation Terbaik

Part: 1 2

Masa-masa keemasan Playstation memang harus diakui menjadi waktu yang membahagiakan bagi para gamer. Bagaimana tidak? Selama kurun 7 tahun masa hidupnya, konsol abu-abu milik Sony ini berhasil menelurkan jajaran game-game berkualitas yang sebagian besar lahir dari tanah Jepang. Dari semua genre yang dihadirkan, salah satu yang paling berkesan dan mencapai masa kejayaannya tentu saja game-game RPG. Dengan kualitas developer dan ide kreatif yang masih terbuka lebar untuk dieksplorasi di masa itu, Playstation menyediakan kesempatan untuk menikmati itu semua.

Bukan hal yang mudah tentunya untuk menyeleksi dan menentukan yang terbaik dari semua game RPG yang pernah lahir di Playstation. Dengan begitu banyak judul game yang dilahir di masa itu, semuanya mampu menawarkan karakteristik yang unik dari berbagai elemen game yang dihadirkan. Dari plot yang begitu menyentuh hati, sistem pertarungan yang menarik, adiksi yang ditimbulkan, hingga chemistry yang sulit untuk dijelaskan. Satu hal yang bisa dipastikan, game-game ini menyita sebagian besar dari masa muda Anda yang mengenalnya.

RPG yang dimaksud di sini tentunya yang benar-benar mengusung gameplay tipikal turn-based yang menjadi identitas utama genre ini. Untuk membuatnya lebih spesifik, game-game yang mengusung genre seperti action-RPG atau strategy-RPG tidak menjadi bagian darinya. Dengan pilihan yang semakin mengecil, maka pilihan yang lebih tepat bisa ditemukan.

Jadi apa saja 10 game RPG terbaik yang pernah dirilis di Playstation?

10. Chrono Cross


Menghadirkan visualisasi yang menarik mata, sekaligus membawa berbagai elemen dari salah satu game RPG terbaik SNES – Chrono Trigger adalah sedikit dari nilai plus yang dihadirkan Chrono Cross. Sistem battle, kompleksitas plot, drama, dan puluhan karakter yang bisa direkrut dan digunakan membuat game ini mampu menghadirkan pengalaman bermain yang luar biasa. Chrono Cross bahkan sempat mendapatkan review sempurna dari situs luar negeri di saat perilisannya.

9. Lunar: Silver Star Story


Lunar mungkin bukan game RPG yang familiar bagi beberapa gamer Playstation. Visualisasinya yang masih mempertahankan cita rasa dua dimensi mungkin menjadi alasan mengapa ia tidak begitu dicintai. Namun bagi gamer yang pernah merasakannya, Lunar menyediakan kesenangan lebih daripada sekedar kualitas grafis. Plot, desain karakter, dan musik menjadi nilai plus yang patut diacungi jempol. Dipadukan dengan grafis dan gameplay sederhana, serta pertarungan yang cukup sulit, Lunar adalah game RPG yang akan membuat Anda betah menahan kontroler Playstation. Betapa lagu yang dinyanyikan Luna selalu menenangkan hati.

8. Legend of Legaia


Gamer mungkin muak melihat kualitas grafis yang ditampilkan oleh game ini, namun jika Anda memberikan kesempatan pada game ini hingga menuju pada fase battle yang ada, Anda pasti jatuh cinta dengannya. Legend of Legaia menawarkan sistem pertarungan yang unik dengan memasukkan beberapa command untuk menghasilkan jurus-jurus tertentu. Plotnya sendiri berjalan beriringan dengan perkembangan karakter.

7. Wild Arms


Dengan mengusung setting dunia barat yang liar, Wild Arms menawarkan sensasi permainan yang baru bagi para gamer RPG. Walaupun mengusung sistem permainan yang tidak jauh berbeda, satu hal yang tidak bisa dilupakan dari Wild Arms adalah musiknya yang memorable. Kualitas gambar dua dimensi yang dihadirkan juga tak kalah unik, membuat atmosfer permainan menghasilkan pengalaman yang maksimal. Memorable dan tetap dicintai hingga saat ini.

6. Breath of Fire IV


Jika saya harus memilih game RPG apa yang paling saya inginkan untuk hidup kembali di konsol masa kini, maka Breath of Fire adalah kerinduan yang paling mendalam. Kualitas grafis unik di masa Breath of Fire IV dan plot yang dihadirkan menghasilkan sensasi bermain yang luar biasa. Apalagi Breath of Fire menghadirkan elemen permainan yang kental dengan suasana ke-Indonesia-an lewat beberapa musik dan tema di dalamnya. Oh God, I do miss this game!

Part: 1 2

Comments

  1. harry says:

    br maen suikoden2, xenogears, chrono cross, legend of dragoon, ma bof4
    xenogears agak bingungin
    legend of dragoon jg
    bof4 bosen di tngah jalan
    suikoden2 maen 2 x ^^
    chrono cross jg maen berkali2, bagus sih hhe

  2. Shiro says:

    Suikoden II mah tentu masuk XDD
    Salah satu game keren sepanjang masa, sudah kumainkan sekitar 5 kali ==’
    Ah, Legend of Dragoon.
    Waktu itu kakak saya yang main, dan mereka sudah bisa berubah jadi dragoon.
    Kaset malah rusak ==’
    Kalau ndak salah disc 2-nya ndak bisa buka.
    Stress deh ==’

  3. sasori says:

    hahaha BOF 4 yg tari kecak ya….
    klo menurut saya sih lebih bagus story BOF 3….sisanya menang BOF 4 (sound,graph dll)

    klo soal FF…..FF 9 >.<

    Legend Of Dragoon kerennya pas momen si Lavitz mati diganti Albert…COOL!!
    shana sama yg cw dark dragoon jg caem :)

    Valkryie…..tante freya sama mas Lezzard trus om bhram yg pas dapet langsung tim inti :D…

    klo turn based dulu sempet kecanduan Saga Frontier sama Grandia sayang kgk masuk list paporit Jagat Review…haha :D

  4. Pladidus Santoso says:

    @harry: kalau baru main lima game itu, berarti kudu nyobaiin lima lainnya.. Ditanggung enggak bakal nyesel bro, walopun udah teritung main game klasik sih.. :D

    @shiro : of couse Suikoden II masuk, masih lom ada yang bisa ngasih perasaan epicness semacam Suikoden II.. =)).. Kalo memang masih ngebet main Legend of Dragoon, kan masih bisa pake emulator..

    @sasori : Hahaha..final fantasy sebenarnya hampir semua bagus sih, agak dilema juga nentuin yang mana. Pilih 7 buat menghormati Aerith sebenarnya.. :p. O iya, Saga Frontier.. Gua ampe hampir lupa ama itu game..

  5. testa says:

    betul banget!!!! saga frontier!!!!
    salah satu game dengan skill bervariasi dan punya story lumayan menarik!!!

    sayang banget itu game ngehang disalah satu stage
    xenogear juga, tapi setelah load safe berkali2 tembus juga hangnya (adegan akhir cd 1)
    BOF 4 juga, stuck disuatu dungeoun
    legend of dragon juga

    ah…
    cd bajakan PS1 banyak banget yang cacat kualitasnya

  6. Fajrie says:

    Itu RPG beneran gambarnya RPG! Haha..

    Tapi dulu game yang menurut saya cukup berkesan malah Star Ocean..haha..

  7. Pladidus Santoso says:

    @testa: my bad bro.. >.< padahal dulu gua dulu juga seneng banget main Saga Frontier 2. Tapi malah kelupaan.. :p.. Kalo makin banyak yang suggest, gua masukin ke artikel d.. Hahahaha.. bajakan zaman dulu emang banyak yang bikin kecewa..

    @fajrie: =)) sedikit joke di awal artikel.. Star Ocean malah ane kategoriin agak masuk ke action-RPG bro karena dia enggak turn based, sama kayak serinya Tales. Buat ngecilin kategori aza.. Star Ocean emang keren banget sih dulu..

  8. Aryo Jogja says:

    Dari 10 game saya sudah memainkan 5,..
    Wahahahahahahahaaa,.. jadi inget masa2 SMP dulu,. gara2 keseringan maen PS ampe lupa amkan belajar,. alhasil boleh maen cuman sabtu+minggu,. Hiks,..
    Berkat bantuan majalah ho* game waktu itu semua karakter+item2 terkuat didapatkan,. Huwahahahahahahahaaaaa,…

  9. just4lnk says:

    Final Fantasy VIII (8) yg ane paling demen. Kualitas grafis keknya yg terbaik pada saat itu. Ceritanya juga bikin terngiang2 hehehe. Ditambah ane gak terlalu suka karakter kaki pendek kek di kebanyakan RPG :p

  10. Pladidus Santoso says:

    @aryo jogja: =)) kayaknya pengalamannya sama d bro.. Waktu SMP, pas ujian akhir, masih main game gara2 ada yang nanggung buat ditamatin.. =))

    @just4ink : Kagak sama karakter yang super-deformed yak bro? Padahal banyak yang bagus juga gan dari segi cerita (walaupun gak menarik di grafis)

  11. steven says:

    btw.. kok gambar awalnya rocket launcher?

    ada kamsud tertentu?

  12. Pladidus Santoso says:

    @steven : it’s a joke.. =)).. RPG = role playing game.. RPG kan juga bisa berarti anti-tank.. Jadi gua masukin gambar itu..

  13. reza says:

    Dari PSONE semua, emang konsol kejayaan RPG.
    Kapan bahas Tactical RPG semacam FF Tactic, Front mission nih? Eh udah pernah bikin artikel nostalgia Front Mission belom?

  14. huugee says:

    waduh kyknya daripada BoF IV masih mendingan BoF III deh.
    bof4 bener2 biasa banget storylinenya (kurang berkesan hahaha)

    wah di top 10 gue kira ada star ocean: the second story.
    mabok janda dah maenin side kues nya + nyoba 1-1 dari total 80-an ending.
    blom bisa maenin 2 story versi si cowok ama si cewek hahaha…

    oia, kl taun 2010-2011 game apa ya yang gameplaynya classic rpg kyk di atas2 itu??? trims.
    udah lama ga sentuh game, jadi pgn maen classic rpg lg nih.

  15. Pladidus Santoso says:

    @reza: thanks gan buat sarannya.. :D Berkat saran agan juga, ane nostalgia soal game tactic minggu ini. Tunggu aja..

    @huugee: ane kategorin star ocean jadi action-rpg sih gan, bareng seri tales karena sistem battle nya yang enggak turn-based. Buat ngecilin kategori aza.. Kalo tahun 2010-2011 ini banyakan real time atau action RPG, udah enggak ada yang turn-based. Itulah kenapa ane rindu banget game zaman dulu.

  16. Ryan says:

    Suikoden II = dah tamat berulang” mencoba menamatkan dalam waktu singkat (clive story 20 under hour)
    Chrono Cross mau ngumpulin semuanya, tapi tetap aja gak mungkin (kadang harus milih)
    Legend of Dragon sudah dapat yellow dragon CD malah rusak T_T
    Xenogears = di jamannya ini game mantap, mengendarai gear, (serasa kaya power ranger)
    BOF 4 kompleks dan menarik, kepingin ngumpulin seluruh ikannya
    FF7 my first Final Fantasy, sampai nyari versi terdahulunya, sekarang dah gak lanjutin karena gak beli PS3
    Valkyrie Profile top abis deh, gw jatuh cinta dengan lenneth nya :D
    Lunar game dan musicnya bagus

    dan beberapa game klasik lainnya
    Lufia I dan II (non-PS), Arc The Lad I,II dan III

  17. Joe-Joe says:

    Pilihannya bener2 terbaik dari yang terbaik, Khususnya 3 teratas. Susah untuk mengatakan game mana yang pantes di peringkat 1, karena masing2 game hebat di kelasnya masing2.
    FF bagus di bidang story sama gameplay nya.
    Legend of Dragoon memiliki salah satu grafik terbaik di ps 1.
    Xenogear ….. Story Line yang luar biasa kompleks dan menarik.
    3 game yang pantes untuk masuk dalam daftar game yang harus dimainin Gamers.

  18. [...] kita membicarakan salah satu franchise game RPG tersukses di dunia, harus diakui Final Fantasy merupakan yang terbaik di antaranya. Sejak kemunculan [...]

  19. [...] Other Recommended Articles: Akhirnya! Tanggal Rilis Starcraft 2!Dukungan Astrindo Untuk Perkembangan Gaming IndonesiaFashion Boutique: Bangkitkan Bakat Fashion Anda!10 Game RPG Playstation Terbaik [...]

  20. ple stesen says:

    bof 4 keren , paling suka music nya
    wild arm susah puzzle nya , harus nunggu lama buat namatin nya , nunggu ada internet buat cari walkthrough nya
    kalau final fantasy blum pernah nyoba satu seri pun
    habis dulu langganan salah satu majalah game tiap terbitan pasti Mengagungkan game ini
    gak ada satu edisipun yg gak memuji game ini ,over banget , bikin sebel aja , sampai bikin ane ogah beli kaset nya

  21. AWsome says:

    Semua udah pernah maenin kecuali Valkyrie Profile, Suikoden 2, dan Legend Of Dragoon :). Lunar Silverstar story udah tinggal lawan boss terakhir tapi sayang CD-nya rusak, kualitas CD bajakan PS emang payah banget :p. Setuju pilihan FF7 sebagai seri FF yang terbaik, story n music-nya top bgt, n ngga ngebosenin walau dimainkan berkali-kali :D. Setuju juga dengan Xenogears sebagai game RPG terbaik, what can I say, I love mecha! :D

  22. Pladidus Santoso says:

    @Ryan: Mainin aza lagi bro Legend of Dragoonnya, nyari .iso emulator yang bagus.. :D sekalian nostalgia

    @Joe – Joe: :)) wah, thanks bro udah setuju sama pilihan ane..

    @ple stesen: BOF 4 emang keren banget bro! :) Kalo masalah final fantasy, ada bagusnya dicobaiin. Terutama, Final Fantasy 6 dan 7!!. Orang enggak akan muji kalo enggak bagus bro.. :)

    @AWsome: Wah… kalo doyan sama mecha, jangan lupa singgah dan ngasih opini ke sini bro: http://www.jagatreview.com/2011/07/10-robot-terkeren-di-dunia-game/ :D

  23. dony says:

    10 game udah pernah ane mainin semua
    favorit ane sih BOF4
    sampai maen berkali kali tuh
    kemaren download BOF4 yg versi PC , sayang cuman bisa di win xp :-(

  24. dafa says:

    aku ingin main ini

  25. Melyanto says:

    coba main star ocean second story gan..
    seru abis game nya

  26. Indra says:

    deee sdah smua tamat ini game kecilQu :D

    kecualii valkryie profile blum pas load CD 2 slalu rusak biar kaset bru :(
    suikoden II sih tamat 3x…

    ngomong” knp Tales of Destiny nda masuk ??

  27. aprian bramanto says:

    maen Legend of Legaia, Breath of Fire 4 & Wild Arms 2 ga pernah tamat sampe sekarang.. konsol PS-nya keburur rusak…

  28. anjrod jarod says:

    xenogears emang mantab storyline yg gak membosankan dari suasana yg bright ke suasana kelam, d jamannya ditambah bmg lagu ny asik

    bof iv asik juga saya suka ngumpulin equip ny ampe lengkap + dapetin jurus2 dari monster… asik pengen maen lagi nih…wkwkwk

    legend of dragoon emang tuh cd 2 ny bermasalah kalo gak salah setelah beberapa minggu release cd yg kualitas bagusan tapi setelah itu gw ga maen karena lagi maen game laen.

    ff 7-8, tapi saya maennya ff 8 suka bolak balik dungeon tapi gara2 bolak balik duit price ny berkurang karena tiap misi ada jam misi… lagu ny itu loh terkenal

    suikoden 2 maen bentar doank… saya maenny yg suikoden III

  29. Reza Anggara says:

    Chrono Cross best story best soundtrack best game,pas gw mainin ini game serasa kebawa ceritanya ditambah soundtracknya yang manteb abis

  30. Rudy says:

    Suikoden II menurut saya game yang tidak membosankan dari cerita sampe karakter nya..pdhal itu game saat saya masih sekolah…

  31. sigit says:

    Tapi , menurut ane game RPG paling baik SE-Panjang masa adalah Persona 2 Eternal Punishment and Innocent Sin ..

  32. Himaru says:

    ga bsa di download game na?

  33. kurosari says:

    koq”harvestmoon gax masux gan?
    pdahal tu game terbaik menurut saiia??

  34. sick says:

    thousand arms kok ga masuk ya ,, huhu.. T,T

Random Articles
Back to Top