Review Android Apps – Root Uninstaler: Meng-uninstall Aplikasi di Perangkat Android

Reading time:
November 29, 2011

Bagi pengguna smartphone, baik Android, Blackberry, maupun iPhone, meng-install aplikasi melalui market masing-masing bukanlah hal yang sulit. Dalam pembahasan kali ini, kami akan  membahas mengenai proses instalasi dan uninstall di perangkat Android.

Pertama6

Banyaknya aplikasi yang ter-install di perangkat Android biasanya akan membuat kinerja perangkat tersebut melambat dan tidak bekerja maksimal. Padahal, belum tentu semua aplikasi yang ter-install di perangkat tersebut digunakan secara optimal. Kebanyakan justru hanya di-install untuk kegioatan coba-coba dan selanjutnya tidak digunakan lagi. Jika Anda pemiliki perangkat Android dan mengalami hal yang kami jelaskan di atas, tidak ada salahnya menggunakan sebuah aplikasi pembantu bernama Root Uninstaller untuk membersihkan perangkat Android Anda dari berbagai aplikasi yang tidak berguna.

Platform

SONY ERICSSON XPERIA X10 MINI

Prosesor: 600 MHz

RAM: 160 MB

Network: HSDPA, WiFi

Bluetooth: 2.0 A2DP

GPS: AGPS Support

Display: 240 x 320 Touchscreen

OS: Eclair 2.1.1

Instalasi

Setelah diunduh dari Android Market, aplikasi ini akan memenuhi ruang memori internal sebesar 5.8 MB. Sesuai dengan namanya, Root Uninstaler membutuhkan superuser permission dan rooted device agar dapat berjalan dengan baik. Untuk proses instalasi dan un-install dapat dilakukan dengan mudah dalam hitungan di bawah satu menit.

Feature

Aplikasi bawaan yang tersedia di perangkat Android tidak akan terpakai semuanya. Jiga seperti itu, tentunya aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan memenuhi ruang memori smartphone Anda. Bila sudah seperti ini, Anda membutuhkan jasa Root Uninstaler untuk meng-uninstall berbagai utilities yang tidak terpakai. Berikut beberapa feature yang terdapat di software ini:

Uninstall – Meng-uninstall aplikasi biasanya membutuhkan beberapa langkah yang sangat menyebalkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah meng-uninstall aplikasi pihak ketiga dan berbagai software bawaan dari produsen handphone.

Instaler – Selain sebagai un-instaler yang sangat powerful, Anda juga dapat meng-install berbagai file apk (standar file instaler untuk Android OS) yang telah ditransfer ke dalam media SD card. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa ada masalah.

Instaler

Backup – Bila Anda merasa suatu hari nanti akan menggunakan kembali aplikasi yang akan di uninstall, aplikasi ini memberikan fasilitas backup ke dalam sebuah direktori di memory card Anda. Kemampuan backup ini berlaku baik software bawaan ataupun dari pihak ketiga.

backup

Market – Dengan adanya tombol market, Anda dapat dengan mudah mencari aplikasi yang hendak di uninstall di Android Market. Selain berguna untuk mengunduh, berbagai keterangan, seperti komen pengguna lainnya atau review singkat mengenai aplikasi yang di-install juga dapat ditemui di Android Market.

Reset – Jika terjadi masalah di aplikasi yang ter-install, Anda dapat meresetnya. Root Uninstaler akan mengembalikannya di keadaan semula seperti pertama kali aplikasi tersebut di-install. Data-data yang berada di cache pun akan terhapus.

Freeze – Freeze berfungsi untuk membekukan aplikasi yang membuat shortcut tidak akan berfungsi. Di masa yang akan datang, berbagai aplikasi yang telah di-freeze dapat di-unfreeze jika Anda membutuhkannya kembali.

Freeze

Pengujian

Aplikasi ini tampil dengan dengan dominasi warna hitam sebagai background dan berbagai ikon dari aplikasi-aplikasi yang telah ter-install sebelumnya. Untuk penggunaan pertama kali, Root Uninstaler akan memindai secara keseluruhan baik itu memori internal ataupun eksternal dan membuat list dari keseluruhan aplikasi yang ada.

Scan

Agar mempermudah Anda dalam mencari sebuah aplikasi yang telah di-list, Root Uninstaler menyediakan fasilitas filtering berdasarkan pengembang. Pihak ketiga, software bawaan, dan berbagai utilities yang berada di memori internal atau eksternal. Proses filtering-nya sendiri dapat berjalan dengan cepat.

Filter

Root Uninstaler memiliki dua versi yang pertama adalah versi free dan yang kedua adalah versi pro-nya. Aplikasi yang kami uji ini adalah versi free yang memiliki beberapa limitasi. Anda akan menjumpai iklan yang berada di bagian bawah dan untuk proses unfreeze atau restore hanya diizinkan sebanyak tiga kali saja di Root Uninstaler Free version.

Kompatibilitas dan stabilitas aplikasi ini ditunjukkan dengan baik saat kami melakukan serangkaian pengujian. Selain itu, hasil dari pengujian secara keseluruhan pun sangat memuaskan. Agar software ini dapat berjalan dengan baik, Anda harus memiliki perangkat Android dengan minimum OS 1.6 atau Donut.

Support

Pihak pengembang aplikasi ini tidak menyertakan panduan file secara offline. Anda dapat menghubungi langsung pihak developer bila terjadi masalah di aplikasi ini ke rootuninstaler@gmail.com atau dapat mengunjungi situs resminya di http://rootuninstaler.com/.

Support2


Kesimpulan

Serangkaian pengujian yang kami lakukan tak sedikit pun menghentikan aplikasi ini untuk menunjukkan kemampuannya. Anda dapat meng-uninstal baik itu aplikasi bawaan dari vendor perangkat yang bersangkutan ataupun aplikasi pihak ketiga. Bila Anda tidak ingin mellihat advertisement di aplikasi ini atau menginginkan feature lebih dan tanpa adanya limitasi, tidak ada salahnya untuk beralih ke versi pro-nya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…