in: Overclocking - Processors | November 15, 2011 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Uji Singkat Overclocking Prosesor Sandy Bridge-E Core i7-3960X di 5 Ghz

Setelah lama menunggu, akhirnya masa NDA prosesor Intel Sandy Bridge-E berakhir juga! Kami pun sudah menampilkan Preview performa Sandy Bridge-E Core i7-3930K dan i7-3960X. Lalu, bagaimana kemampuan overclocking-nya? Walaupun masih menggunakan proses fabrikasi 32nm, prosesor baru ini akan mengisi kelas Enthusiast , menggantikan prosesor Core i7 ‘Gulftown’ (Core i7-980X / 990X). Lama sebelum peluncurannya, prosesor ini digembar-gemborkan memiliki kemampuan overclocking yang lebih baik dari pendahulunya, Intel Sandy Bridge, Core i7-2600K. Menurut kabar yang beredar, prosesor Intel Sandy Bridge-E ini bisa dengan mudah menyentuh kecepatan 4.8Ghz dengan keadaan 6 Core/12 Thread aktif, hanya dengan solusi aircooling biasa.

Kemarin, kami mendapat salah satu prosesor Sandy Bridge-E, yakni Core i7-3960X , dan mendapat tugas untuk menguji secara singkat overclockability dari prosesor baru ini, sekaligus juga performanya dalam keadaan dioverclock. Dini hari tadi, salah satu rekan kami sudah mencapai clock 5 Ghz dengan cukup mudah, hanya bermodalkan sebuah liquid-cooling kit sederhana yang disertakan dalam Intel Media Sample Kit yang kami terima.

Bagaimana performa prosesor baru ini pada clock 5 Ghz? Simak uji singkatnya berikut ini!

Platform Pengujian

  • CPU : Intel Core i7-3960X , 6 Core 12 Thread (Engineering Sample)
  • Motherboard : Intel DX79SI ‘Siler’
  • RAM : Kingston HyperX Genesis Grey 2133Mhz 4 x 2GB (Quad-Channel mode)
  • VGA : MSI GTX 580 Lightning
  • Storage : G.Skill Phoenix Pro 64GB SSD
  • PSU : CoolerMaster Silent Pro Gold 800W
  • CPU Cooler : Intel Thermal Solution RTS2011LC (Liquid Cooling)
BIOS Setting
  • CPU Voltage Type : Static
  • CPU Voltage : 1.5V
  • CPU VDroop : Low-VDroop
  • Real Time Turbo Ratio : Enabled
  • Turbo Ratio : 50x
  • Base Clock : 100Mhz (Default)
  • Base Clock Multiplier : 1.00x (Default)
  • DRAM Setting : 1866Mhz, XMP Profile & Timing (9-10-9-27 2T)
  • DRAM Voltage : 1.65V
  • CPU System Agent Voltage : 1.1V
  • Voltage Lainnnya : AUTO / Default

Core i7-3960X @ 5Ghz

Tidak ada setting khusus untuk mendapat clock 5 Ghz, nampaknya kualitas CPU menjadi salah satu variabel yang menentukan hasil akhir overclocking pada platform ini. CPU yang kami dapatkan ternyata cukup bagus, masih bisa menyelesaikan benchmark dengan stabil pada clock 5Ghz, dengan menggunakan VCore 1.5 V. Berikut ini beberapa benchmark sintetik yang kami lakukan pada clock 5Ghz :

Klik untuk memperbesar gambar di bawah ini!

AIDA64 Cache/Memory Bandwidth

3DMarkVantage , CPU Test

3DMark11, Physics Test

Cinebench R11.5, CPU Test

Mungkin skor memory Bandwidth yang ada di AIDA64 tidak terlalu mengesankan mengingat prosesor Sandy Bridge-E (SB-E) memiliki quad-channel memory controller, L3 Cache bandwidthnya pun agak rendah dibanding Core i7-2600K pada clock yang sama. Kami belum bisa mengonfirmasi apakah performa yang rendah ini terjadi karena benchmark AIDA64 yang belum bisa berjalan optimal di platform baru ini atau ada alasan lain. Software deteksi (CPU-Z) kami pun nampaknya belum bisa mengenali konfigurasi memori kami dengan benar.

Yang menarik disini, skor pada CPU Test dari masing-masing 3DMark11 dan 3DMarkVantage yang dicapai SB-E sangatlah tinggi! Sebagai perbandingan, skor dari Sistem SB-E yang berjalan ‘hanya ‘di 5Ghz memiliki CPU Score 3DMarkVantage dan 3DMark11 yang mirip dengan sebuah Core i7-980X yang berjalan di 5.8 – 5.9 Ghz! Lihat screenshot di bawah ini untuk lengkapnya:

*klik untuk memperbesar gambar*

Memang, performa dari kedua benchmark sintetik tersebut tidak bisa dijadikan patokan akan bagus-tidaknya performa CPU ini secara keseluruhan, namun para overclocker yang gemar mengejar skor dan world record dari 3DMark Vantage dan 3DMark11 tentunya akan sangat menyukai prosesor SB-E ini untuk dijadikan senjata utama mereka.

Kesimpulan Sementara

Dari beberapa jam kami menguji sistem SB-E ini, kami merasa bahwa behaviour sistem SB-E saat dioverclock tidak jauh berbeda dari Intel Sandy Bridge yang lama (Core i5/i7-2xxx). Sayangnya pencapaian clock dari SB-E yang kami uji sedikit di bawah ekspektasi kami. Tadinya kami mengharap bisa menemui clock 5.3 – 5.4Ghz dengan 6 Core tetap aktif, namun 5 Ghz adalah batas kami sementara ini.

Sebagai informasi tambahan, Core i7-3960X yang kami uji memberikan heat load yang besar saat dioverclock menggunakan VCore diatas 1.4V, sehingga mungkin limitasi pada uji overclock kali ini terletak pada temperatur CPU. Pada test kami yang berikutnya, kami akan menguji apakah clockspeed pada SB-E ini akan mengalami scaling yang baik begitu suhu prosesor diturunkan lebih jauh lagi dengan menggunakan metode extreme cooling.

Nah, uji singkat SB-E kami selesai sampai di sini, tapi pastikan anda juga mengikuti review lengkap dari prosesor Intel Sandy Bridge-E yang akan di-publish dalam waktu dekat ini, hanya di JagatReview!

Tags: