in: Desktop | December 12, 2011 | by: Bimanto

Review Nettop Zotac Zbox Plus Nano: HTPC Kecil Bersenjatakan AMD APU E350

Bentuknya yang kecil membuat Nettop Zotac Zbox Plus Nano sangat menarik untuk digunakan sebagai Home Theater Personal Computer atau lebih dikenal dengan nama HTPC. HTPC sendiri merupakan sebuah solusi PC yang menarik dan lengkap. Bentuknya yang kecil dan simple membuatnya mudah ditempatkan di mana saja, sehingga Anda tidak akan kehabisan ruang penyimpanan. Anda tinggal menempatkannya di atas meja atau ditempatkan di belakang layar LCD yang telah menyediakan vesa mount. Selain itu, sebuah HTPC juga dapat digunakan untuk berkerja atau sebagai sebuah mesin hiburan untuk menonton konten film Full HD. Konsumsi daya yang diserap oleh HTPC tidaklah besar. Semua hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah tersendiri untuk kalangan perkantoran yang tidak memerlukan PC dengan kinerja yang tinggi.

Tombol power, Card reader, dan audio in/out

Zotac Zbox Plus Nano mempunyai dimensi yang sangat kecil, tetapi tetap dilengkapi dengan feature yang mumpuni. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai produk ini, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu spesifikasi yang diusungnya.

Spesifikasi Zotac Zbox Plus Nano :

  • Processor AMD APU E350 1.6GHz L3 Cache 1MB
  • Memori DDR3 2GB
  • Hard disk 320GB SATA
  • Graphics AMD Radeon HD6310
  • Interkoneksi wifi 802.11bgn dan Bluetooth
  • Port USB 2.0, USB 3.0, eSATA, HDMI, Display Port, Audio In/out ,Ethernet
  • Card reader
  • Ukuran (mm) 127x127x45
Power port, Display port, HDMI, USB3.0, Ethernet, USB2.0, dan eSATA

Zotac Zbox Plus Nano memiliki hampir seluruh keperluan dari sebuah HTPC. Di bagian belakangnya Anda akan menemukan berbagai port, mulai dari HDMI hingga Display port untuk disambungkan ke Layar LCD berukuran besar yang tentunya telah mendukung HDMI. Ada sedikit kendala bagi lingkungan perkantoran yang ingin menggunakan produk ini. Zotac Zbox Plus Nano hanya mendukung HDMI saja. Rata-rata monitor LCD ekonomis yang banyak beredar di pasaran tidak dilengkapi dengan port HDMI. Anda harus merelakan dana sedikit lebih besar untuk membeli monitor LCD dengan port HDMI. Namun, hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah karena konsumsi dayanya yang kecil dapat mengurangi pengeluaran biaya dari sisi lain.

Tampak bawah dengan slot vesa mounting

Untuk port lainnya, Zotac Zbox Plus Nano menyertakan port USB3.0 dan eSATA. Kedua port ini berguna sekali bila Anda ingin menambah storage external sehingga transfer data dapat dilakukan lebih cepat. Untuk konektifitas, bukan masalah bagi Zotac Zbox Plus Nano karena perangkat ini dilengkapi dengan WiFi dan ethernet untuk berselancar di internet atau menyambungkannya ke jaringan.

Pada paket penjualan, Zotac Zbox Plus Nano menyertakan vesa mount yang terbuat dari logam, jadi Anda tidak perlu takut bila ingin menempatkan Zotac Zbox Plus Nano di belakang layar LCD yang telah menyediakan vesa mount. Pada bagian belakang Zotac Zbox Plus Nano telah disediakan slot untuk menempatkan perangkat ini pada vesa mount, Anda tinggal menempatkan pada posisi yang diinginkan tanpa perlu bersusah payah menggunakan baut.

Module Vesa Mounting

Dalam paket penjualannya, selain Anda mendapatkan vesa mount, Anda juga akan mendapatkan sebuah remote windows media player. Dengan adanya ini, Anda tidak perlu berjalan dari sofa kesayangan untuk memutar atau menonton berbagai file mutimedia. Zotac Zbox Plus Nano akan semakin lengkap bila Anda tambahkan dengan sebuah keyboard dan mouse wireless. Bosan menonton, Anda tinggal membuka browser untuk menjelajahi dunia maya mencari berbagai informasi.

Remote media player
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES