LOGO
,,,

PC Gaming Mainstream Termurah dengan Harga 4 Jutaan

Part: 1 2 3 4

Merakit PC Gaming mainstream dengan budget dibawah 5 juta? "Challenge Accepted!!"

Sebelum memulai artikel ini, mari kita sedikit melakukan flashback mengenai perkembangan hardware PC pada tahun 2011 lalu. Kita sudah melihat perkembangan teknologi yang menarik terutama dalam hal graphics card dan motherboard/prosesor, setiap produsen berlomba untuk bisa memberikan yang terbaik bagi para konsumennya, dan sebisa mungkin agar para user tersebut tidak “pindah kelain hati”, melirik produk kompetitornya.

Perkembangan graphics card 2011 dimulai dari NVIDIA yang sudah “mencuri” start sejak penghujung 2010 dengan GF110-nya (GTX 580/570) yang cukup fenomenal untuk menggantikan pendahulunya, GF100. Kemudian NVIDIA melanjutkannya dengan meluncurkan GeForce 500 series lainnya pada awal hingga pertengahan 2011. AMD juga tidak ingin kalah bersaing dengan merilis varian Cayman (HD 6970/6950) pada awal 2011 dan juga beberapa Radeon HD 6000 series lainnya dengan menawarkan harga yang tentu saja lebih kompetitif. Tahun ini tampaknya menjadi giliran AMD yang sudah mulai memperkenalkan graphics card terbarunya pada penghujung 2011 dengan GPU ber-kode nama Tahiti beberapa hari lalu, yang dikabarkan memiliki performa mampu menggantikan posisi single graphics card terkencang yang sebelumnya dipegang NVIDIA GTX 580.

Sedangkan untuk teknologi motherboard/prosesor kami rasa tahun ini lebih didominasi oleh Intel dengan Sandybridge yang dimilikinya, walaupun memiliki “sedikit masalah” dengan para overclocker akibat Clock Wall yang dimilikinya, tetapi tidak menutupi fakta bahwa prosesor Sandybridge ini memang memiliki performa dan efisiensi yang sangat tinggi! Prosesor AMD juga memiliki ambisi untuk mematahkan dominasi Intel dengan AMD Bulldozer yang sudah direncanakan sejak lama, walaupun pada kenyataannya masih sedikit tertinggal dengan Intel dari segi perfoma, tapi setidaknya AMD sudah mengobati rasa penasaran untuk para penggemar AMD yang sudah menantikan prosesor ini. Kabar baik justru datang dari platform AMD untuk kelas entry level-mainstream dengan prosesor AMD Llano yang sudah mengintegrasikan chip GPU kedalam prosesor (APU), platform ini mampu memberikan performa grafis (onboard) terbaik dikelasnya dibandingkan Intel dengan HD 3000-nya.

Lalu sistem PC seperti apakah yang teman-teman se-Jagat gunakan saat ini? Apakah sudah cukup up to-date dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini? Atau mungkin Anda sudah memiliki rencana untuk membangun sebuah sistem baru lagi dari awal? Sebelumnya kami juga sudah membuat artikel membangun sebuah PC Gaming Murah seharga 2 jutaan Rupiah dengan memanfaatkan setiap Rupiah yang ada untuk bisa mendapatkan sistem PC Gaming semurah mungkin dengan performa seefektif mungkin untuk bermain game. Apabila Anda masih merasa PC dengan kelas entry level tersebut masih kurang bertenaga untuk memainkan berbagai game terbaru saat ini, kali ini JagatReview dengan budget kurang dari 5 juta rupiah saja akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi untuk membangun sebuah sistem PC Gaming kelas Entry Level – Mainstream, diharapkan sistem PC Gaming pada kelas ini mampu memberikan performa optimal dan cukup future proof untuk berbagai game yang akan dirilis pada 2012 nanti. Silahkan simak terus artikel kami berikut.

PC Gaming Entry Level – Mainstream

Sudah siapkah PC Gaming Anda untuk memainkan berbagai game terbaru ini?

Merakit PC Gaming pada kelas ini tergolong cukup tricky, karena budget merupakan hal yang sangat sensitif, price dan performance menjadi pertimbangan pemilihan setiap komponen yang akan digunakan. Fungsionalitas juga jauh lebih diutamakan, dengan sangat terpaksa kami harus mengorbankan sedikit penampilan, dan begitu juga dengan brand minded yang harus sedikit dihindari agar cost yang dipersiapkan tidak menjadi terlalu membengkak. Mari kita mulai memilih komponen untuk PC Gaming Mainstream 4 jutaan ini.

Part: 1 2 3 4

Comments

  1. Ridwan Fariz says:

    @alvin
    bisa banget, lebih bagus malah kalau memang budgetnya mencukupi :)

  2. didit says:

    pc game ini dijamin gak nich…bisa mainin semua game ..????

  3. Ridwan Fariz says:

    @didit
    masalah jamin2an mainin game sih, pasti terjamin.
    tinggal pinter2 atur setting yang tepat, supaya frame ratenya nyaman untuk diliat mata. Dari kita nyaranin untuk game2 terbaru dengan resolusi dibawah 1920×1080 dengan setting medium-high.

  4. JafNhar says:

    bisa gak rekomendasi spec PC game yang kuat 5 tahun!!!

  5. praetorian81 says:

    @JafNhar :
    imho kalo dengan perkembangan pc kayak sekarang agak susah bro..tetapi tergantung sih…mungkin kalo ngambil spek high end sekarang aja mungkin tahannya paling banter 3-4 tahun cmiiw

  6. Ridwan Fariz says:

    @JafNhar
    betul kata bro praetorian, skrg perkembangan hardware PC memang sangat pesat, dan akan sangat sulit untuk menjamin sebuah spek PC gaming yang bisa bertahan sampai 5 tahun kedepan. Ada baiknya selalu update berita terbaru seputar dunia hardware agar tidak ketinggalan iformasi.

  7. […] #2 nut Awakened apa yah… baca2 dulu ajah gan… SourcePC Gaming Mainstream Termurah dengan Harga 4 Jutaan | Jagat Review Reply With Quote   + Reply to Thread « […]

  8. deee says:

    @Ridwan Fariz
    itu postingan ente diatas ada ada gtx 460 ti, ga ada kali gtx 4xx series ti.
    dibawah 5jt vga mending ambil gtx 460, skrg mungkin udah susah nyari barunya harga kisaran 1,4jt smpe 1,6jt liat di chart web luar gtx 460 price/perform untuk saat ini paling top buat kelas mainstream

  9. Ridwan Fariz says:

    @deee
    haha, iya maaf salah ketik krn kebawa sama tulisan penanya sebelumnya :p
    dengan 1.6 juta, ngapain ngambil GTX 460 klo udah bisa dapet GTX 560 (polos).. hehe

  10. deee says:

    @Ridwan Fariz
    kalo 560 1,6jt dapet fannya yang biasa, kalo ambil 460 bisa dapet cyclone,hawk tallon, atau malah dapet gtx 460 soc :D, di chart luar gtx 560 ga masuk chart mainstream kayanya (tomshardware)

  11. Ridwan Fariz says:

    @deee
    klo itu balik lagi ke keputusan user bro, saya udah tulis diartikel ini kalau tujuan rakit PC gaming dengan budget ini lebih mengutamakan performa, kalau memang punya budget lebih untuk preference brand pilihan sendiri tentu saja dipersilahkan :D

  12. eru says:

    mas @Ridwan
    ane berencana pake spek seperti di atas tapi dengan kartu grafis yg 700-800 an, bagusnya pake nvidia gforce GT 440 ato ATi radeon yg seri HD 5000 an?

    kekurangan nya klo cm pake itu gak terlalu signifikan kah? atau jauh?? (konteks game2 mainstream)

    tp untungnya ane gak trlalu ekstreem soal game, tapi malah ke design grafis 2D and 3D …

    mohon pencerahannya, thank you :)

  13. civsen says:

    alo, gan sekalian…. saya lagi bingung milih monitor LED yang ukuran 20-an ke atas ni,,, mohon rekomendasi nya merk dan tipe yg ok….
    thanks…..

  14. asep si akang says:

    WUIH…mantep nih blognya, sangat membantu sekali…!!! terimakasih

  15. asep si akang says:

    saya baru bisa modalin sbb:
    corsair cx 430
    amd phenom II X2 555BE
    wdc 400gb (sebelum banjir)
    2x2gb kingstone 1333 (mau upgrade ke corsair 2x4Gb 12800 buat oc)
    mobo ashrock n68 S-UCC
    vga shapire HD 5570 1gb 128 bit
    lcd samsung syncmaster E1920
    (listrik PLN di cianjur parah.. sering padam tiba2)

    lumayan bisa maen game sekelas batman arkham city dan lain-lain, maunya sih seperti spek diatas, tapi apa daya uang nya tarik menarik sama keperluan dapur..

  16. kabil says:

    ridwan tolong rekomkan tempat belanjanya …………harga simulasi di quantum lebih mahal, di kisaran 6 jutaan. kalo ada rekom lain boleh kasih alamatnya kirim k email ini, di tunggu secepatnya………thx

  17. bizly says:

    sekarang sudah susah dpat 4 juta, HDD harganya melambung…
    Spek saya:
    – MOBO: MSI 880GMS-E35 (Rp.829k)
    – PROCIE: AMD Athlon II X2 3,2 GHz…OC ke 3,7 GHz (Rp. 570k)
    – RAM: 2GB V-GEN 17 (Rp.110k)
    – HDD: HDD Seagate 500GB second (Rp.350k)
    – DVD-RW Lite On (R. 170k)
    – CASE: Casing biasa POWER UP (Rp. 220k)
    – MONITOR: LED Ben-Q 16″ (Rp 670k)
    – VGA: DA nVidia GTS 450 DDR3 1 GB (Rp, 920k)
    – PSU: yang murah Cameroon 500 Watt (R. 340k)
    – Mouse+Keyboard: SPC (Rp. 70k)

    Total: Rp. 4.249.000

    ada saran apa yang bisa saya upgrade ke depannya??
    kayaknya procie saya bottleneck ini kalau dilihat dari score Windows Experience Index….

Random Articles
Back to Top