LOGO
,

Meningkatkan Performa Notebook ASUS Murah dengan SSD

Part: 1 2 3

Harga SSD akhir-akhir ini terus merosot turun. Di Indonesia, kita sudah bisa mencapai harga 1 US$ per GB. Sudah semakin murah dan terjangkau.

Dalam beberapa artikel terdahulu, kita sudah melihat bagaimana SSD bisa meningkatkan performa notebook kelas menengah ke atas. Bahkan, sebuah notebook lawas dengan dengan prosesor Core i5, bisa ditingkatkan juga performanya, secara signifikan, dengan bantuan SSD.

Dari pengamatan kami, efek dari peningkatan performa pada SSD ini cukup bergantung pada performa sistem juga. Sistem yang kencang, akan menikmati peningkatan performa yang signifikan apabila di-upgrade dari HDD ke SSD. Namun, bagaimana dengan sistem dengan prosesor entry level atau ekonomis? Pertanyaan yang sering dilontarkan kepada kami adalah, “Apakah SSD bisa meningkatkan performa notebook murah?”

 

Notebook Murah: ASUS X44H

Perkenalkan notebook murah yang akan menjadi kelinci percobaan kita kali ini, ASUS X44H. Notebook kelas 3 jutaan rupiah ini hadir dengan prosesor Celeron B830 (1,8GHz), RAM 2GB, dan HDD 500GB. Spesifikasi yang cukup rendah, bukan?

 

SSD: Intel SSD 330 Series 120GB

Memang, SSD ini bukan yang paling murah. Intel SSD 330 series adalah SSD kelas entry level versi Intel yang kini dijual di pasaran dengan kisaran 1,1 juta rupiah. Untuk SSD berkapasitas 120GB SATA-III dengan memori sync, SSD ini adalah salah satu yang termurah (atau bahkan yang paling murah?).

 

Proses Upgrade: Sederhana

Banyak yang mempertanyakan, apakah sebuah SSD itu kompatibel dengan notebook-nya? Pada dasarnya, kompatibilitas konektor bukanlah masalahnya. Yang menjadi masalah adalah ketebalan harddisk yang digunakan. Apabila notebook tersebut membutuhkan drive dengan ketebalan 7 mm, pilihan SSD Anda akan sangat terbatas. Akan tetapi, dalam hal notebook yang kami uji, tidak ada masalah tersebut. ASUS X44H menggunakan HDD dengan ketebalan 9mm. Jadi, Intel SSD 330 Series dapat langsung menggantikannya.

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top