in: News | January 17, 2013 | by: Friska Suryawinata

[Infographic] Sejarah Singkat Perkembangan Digital Storage

Teknologi untuk jaman modern saat ini memang takkan berhenti untuk semakin berkembang dan penuh inovasi baru. Sebut saja contohnya laptop yang merupakan versi kecil dari sebuah komputer yang praktis dan dapat dibawa kemana pun kita pergi tanpa harus bersusah payah menggotong CPU dan perangkat komputer lainnya. Semakin berkembangnya teknologi, maka penggunaan komputer dan perangkatnya juga semakin dipermudah dan serba praktis.

Punch Card

Selain komputer yang dapat dibawa kemana saja kita inginkan, perangkat yang juga pastinya turut berkembang adalah perangkat penyimpanan datanya, atau disebut juga digital storage. Perangkat penyimpanan data jaman dulu belumlah sepraktis sekarang. Jika kita sekarang sudah menggunakan teknologi SSD atau Cloud sebagai tempat penyimpanan data, pada tahun 1800an digunakanlah Punch Card sebagai pengganti memory card komputer.

Bentuk Punch Card ini mirip seperti kartu yang memiliki pola titik di atasnya. Jika dimasukkan ke dalam sebuah mesin pembaca Punch Card, maka komputer tersebut akan mengeksekusi proses yang terdapat dalam pola kartu tersebut. Punch Card ini juga digunakan oleh Herman Hollerit untuk menyelesaikan sensus penduduk 1890 dalam waktu satu tahun, di mana sensus penduduk 1880 silam membutuhkan waktu 8 tahun untuk dapat selesai.

William Tube

Perkembangan digital storage selanjutnya dimulai pada tahun 1940an, di mana William Tube pertama kali dikenalkan dengan kapasitas memori sebesar 0,0625 Kilobyte saja. Tentunya, masih sangatlah kecil ukurannya jika dibandingkan dengan perangkat penyimpanan data jaman sekarang yang sudah mencapai lebih dari 1 Terabyte.

Dalam waktu lebih dari 50 tahun sejak pertama kali William Tube ini diperkenalkan, perkembangan digital storage semakin pesat dan maju seperti yang sudah dapat kita nikmati saat ini. Pengguna komputer tak perlu lagi takut akan perangkat penyimpanan data yang terlalu besar ukuran fisiknya maupun terlalu kecil untuk dapat memuat semua data yang dibutuhkan, karena perangkat penyimpanan data di jaman modern saat ini sudah dapat memenuhi kebutuhan para pengguna komputer.

Mashable memberikan sebuah infographic singkat mengenai perkembangan digital storage yang dimulai dari masa Punch Card hingga masa penyimpanan data digital Cloud. Infographic tersebut dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES