LOGO

Mengungguli Apple pada 2012, Samsung Semakin Menunjukkan Superioritasnya

“Setengah dari semua smartphone yang dikapalkan secara global pada 2012 datang dari Samsung dan Apple,” tutur Linda Sui, analis dari Strategy Analytics. Berdasarkan berita yang kami sadur dari Pocket-Lint, penjualan ponsel pada 2012 mencapai 700 juta unit, meningkat 42,7% dari tahun sebelumnya.

Image source: TechnoBufallo.

Samsung sendiri berhasil menjual 213 juta ponsel tahun lalu, meningkat drastis dari penjualan di tahun sebelumnya yang terhitung sebanyak 97,4 juta unit. Peningkatan tersebut memperlebar jarak antara Samsung dengan Apple. Pada 2011, produsen perangkat elektronik asal Korsel itu berhasil mengungguli angka penjualan iPhone sebanyak 4,4 juta unit. Hingga akhir 2012, total penjualan ponsel keduanya terpaut 77,2 juta unit.

Total penjualan ponsel Samsung yang spektakuler terbantu oleh peluncuran dua smartphone unggulannya, Galaxy S III dan Galaxy Note II. Pada kuartal keempat tahun lalu, keduanya berhasil terjual sebanyak 63 juta unit yang menjadikan pangsa pasar Samsung sebesar 29%. Secara keseluruhan, pangsa pasar Samsung melonjak 30,4% atau 11% di atas Apple.

Di samping dua merek di atas, persaingan pasar ponsel masih diramaikan oleh Nokia. Hingga saat ini, Nokia masih menjadi produsen ponsel terbesar ketiga di dunia. Namun, pangsa pasar perusahaan asal Finlandia itu turun dari 16% menjadi 5% tahun lalu.

“Kami percaya bahwa [Nokia] masih belum memiliki model unggulan yang bisa dianggap mampu mengalahkan Apple iPhone atau Samsung Galaxy S III,” ujar analis dari Strategy Analytics.

Random Articles
Back to Top