in: Graphics Card - News | December 2, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Penampakan Perdana PCB VGA MSI Radeon R9 290X Lightning

Sebuah kabar gembira akhirnya tiba juga di telinga kami. Radeon R9 290X akhirnya akan segera hadir versi non-reference-nya. Sejumlah produsen dikabarkan tengah sibuk menyempurnakan produk mereka dan salah satu produsen tersebut adalah MSI. Meskipun belum menampakkan bentuk akhirnya, baru-baru ini beredar sebuah gambar PCB yang dipercaya akan digunakan pada produk MSI Radeon R9 290X Lightning. Dugaan semakin menguat dengan absennya konektor Crossfire dan desain penempatan chip memori yang serupa dengan Radeon R9 290X reference.

amd r9 290x lightning pcb top

Jika benar gambar di atas adalah desain akhir PCB MSI Radeon R9 290X Lightning, maka terdapat sejumlah hal menarik dari produk yang dirancang untuk kalangan overclocker tersebut. Beberapa di antaranya seperti MSI Radeon R9 290X Lightning akan dilengkapi konektor daya PCIe 8-pin+8-pin+6-pin. Alhasil total asupan daya yang dapat diterima graphics card mencapai 450 Watt. Seperti seri Lightning sebelumnya, tampaknya setiap konektor daya PCIe dialokasikan khusus untuk komponen tertentu seperti chip GPU, chip memori, dan lainnya. Hal ini mengingatkan kami pada produk MSI GTX 480 Lightning yang menggunakan konfigurasi konektor daya PCIe serupa.

amd r9 290x lightning pcb bottom

MSI Radeon R9 290X Lightning diperkirakan akan menggunakan desain VRM 12+3+2 phase power. Sementara itu di sisi ekor PCB terdapat 3 kotak kecil dimana konektor V-Check Points akan menempati nantinya. Tidak hanya itu, tepat di sebelah konektor V-Check Point, kami menemukan 3 kotak persegi lainnya dimana tampaknya konektor kipas akan ditempatkan di situ. Tiga konektor kipas menimbulkan dugaan bahwa MSI Radeon R9 290X Lightning akan menggunakan sistem pendingin serupa dengan MSI GTX 780 Lightning, Tri Frozr.

Belum diketahui kapan MSI Radeon R9 290X Lightning akan dirilis ke pasaran tetapi tampaknya produk ini akan sangat dinantikan kehadiranya oleh sejumlah kalangan pengguna.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES