in: Graphics Card - Processors | January 14, 2014 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Preview AMD Dual Graphics pada APU Kaveri

Ketika membahas teknologi di APU Kaveri, kami sempat sedikit menyinggung terkait kemampuan AMD Dual Graphics yang dimiliki iGPU Radeon R7 Graphics di dalam prosesor tersebut. AMD menyediakan kemampuan untuk menduetkan Radeon R7 Graphics yang ada di dalam Kaveri dengan graphics card keluarga Radeon R7 yang dilengkapi dengan memori DDR 3. Hal itu membuat pengguna dapat memasangkan sebuah graphics card Radeon R7 Series dengan memori DDR3 ke dalam sistem berbasis APU Kaveri untuk mendapatkan performa lebih untuk urusan grafis. Kami akan menyajikan gambaran singkat terkait AMD Dual Graphics pada APU Kaveri tersebut dalam artikel preview ini!

AMD Dual Graphics

AMD Dual Graphics pada APU Kaveri

Radeon R7 Graphics pada APU Kaveri dapat dijalankan pada mode Hybrid Crossfire bila dipasangkan dengan graphics card Radeon R7 Series yang menggunakan DDR3. Batasan DDR3 tersebut membuat pilihan graphics card untuk menjalankan mode tersebut terbatas pada hanya beberapa opsi saja, yaitu Radeon D7 240 DDR3 dan Radeon R7 250 DDR3.

Secara umum, untuk menjalankan Hybrid Crossfire pada sistem berbasis APU Kaveri, pengguna hanya perlu memasangkan graphics card yang sesuai dengan kriteria di atas ke slot PCI Express yang ada di motherboard. Pengguna bisa memilih pengolah grafis mana yang akan menjadi pengolah grafis utama dalam sistem, iGPU dalam APU Kaveri atau graphics card yang terpasang, melalui pengaturan singkat di BIOS. Perlu diperhatikan, agar AMD Dual Graphics dapat bekerja dengan optimal, pengolah grafis yang memiliki kemampuan lebih tinggi sebaiknya digunakan sebagai pengolah grafis utama.

DSC05751s - r

Untuk artikel preview kali ini, kami akan menduetkan iGPU dari prosesor AMD A10-7850K dengan graphics card Radeon R7 240 yang kebetulan ada di lab. JagatReview. Kami akan membahas lebih dalam mengenai AMD Dual Graphics ini di artikel terpisah. Namun, untuk kali ini, kami akan terlebih dahulu memberikan gambaran peningkatan kemampuan yang bisa didapatkan dengan menggunakan AMD Dual Graphics di platform berbasis APU Kaveri.

Platform Pengujian

Berikut ini spesifikasi sistem yang kami gunakan untuk menguji AMD Dual Graphics di platform AMD Kaveri:

  • CPU: AMD APU A10-7850K ‘Kaveri’
  • Mainboard: Gigabyte G1.Sniper A88X

  • RAM: G.Skill TridentX DDR3-2666C11 2x4GB (running at DDR3-2133 CL10-12-12-31 2T)
  • GPU: Integrated AMD Radeon R7-series & HIS Radeon R7 240 2G DDR3
  • SSD: Kingston HyperX 3K 120GB
  • CPU Cooler: Corsair H80
  • PSU: Corsair AX850W

Hasil Pengujian Singkat AMD Dual Graphics pada APU Kaveri

3DMark Fire Strike


3dmark firestrike

DualGraphics_FS

Grid 2

Grid2

DualGraphics_GRID

Kesimpulan Sementara

Yes, it works! Pada pengujian singkat kami, solusi AMD Dual Graphics dengan AMD Kaveri APU A10-7850K + AMD Radeon R7 240 memberikan peningkatan performa yang signifikan. Kami mencatat adanya peningkatan sekitar 38 % pada 3DMark Fire Strike, dan juga 55 % pada GRID 2.  Pada pengujian berikutnya, kami akan menguji AMD Dual-Graphics ini dengan konfigurasi lebih banyak lagi, dan dengan driver AMD Catalyst 13.35 yang disinyalir memiliki Frame Pacing untuk mode Dual-Graphics. Sampai Jumpa!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES