in: News | June 30, 2014 | by: Cerira

Facebook Diam-diam Pindahkan Semua Data Foto User Instagram ke Servernya

Facebook-Instagram-copy

Akhirnya Facebook selesai memindah semua data foto yang di-upload penggunanya dari server yang semula menggunakan server Amazon ke pusat data miliknya. Kini, semua data foto yang pernah di-upload para pengguna Instagram –sebelum Instagram diakuisisi Facebook– sudah benar-benar berada di bawah naungan Facebook.

Facebook mengumumkan bahwa ‘Instagration’ tersebut sudah sepenuhnya selesai. Sebelumnya memang tidak ada pemberitahuan apapun yang disampaikan oleh Facebook ke 200 juta pengguna aktif Instagram tentang rencana tersebut. Menurut situs Wired, migrasi itu awalnya direncanakan akan memakan waktu sekitar satu tahun. Tim ini ditangani oleh sebuah tim kecil yang semula hanya beranggotakan 8 insinyur. Namun ternyata proses migrasi itu hanya memakan waktu satu bulan saja dan ditangani oleh sekitar 20 orang dalam tim yang dibentuk Facebook.

Masih menurut Wired, Pendiri Instagram, Mike Krieger mengatakan, transisi tersebut dibutuhkan Instagram saat pertama berpindah dari layanan komputasi awan EC2 milik Amazon ke Virtual Private Cloud Amazon. VPC akan memungkinkan Krieger untuk menciptakan jaringan logis yang bisa mencapai melampaui Amazon ke pusat data Facebook. Migrasi itu sendiri sudah selesai pada bulan April dan Facebook mengklaim bahwa hal ini untuk menjaga data pengguna Instagram tetap terlindungi. langkah ini juga menunjukkan bahwa perilaku Anda di Instagram tidak akan mempengaruhi upaya pelacakan yang agresif yang terjadi di Facebook, bahkan jika akhirnya iklan akan berperan besar di Instagram.

Tags:

Share This: