in: Awards - Motherboard | January 8, 2015 | by: Richard Sutanto

Motherboard Intel Terbaik 2014 Harga Rp 1 Juta – Rp 2 Juta

Motherboard-Intel-Rp-1-Jt-Rp-2-Jt

Sudah menjadi sebuah tradisi bagi JagatReview untuk memberikan penghargaan untuk produk-produk yang kami nilai sebagai yang terbaik di kelasnya pada akhir tahun. Pada artikel ini, JagatReview akan mengawali pemberian perhargaan untuk produk motherboard Intel. Kali ini, award akan diberikan terlebih dahulu ke motherboard Intel dengan ketentuan harga di bawah Rp 2 juta. Siapa saja yang mendapatkannya? Langsung saja sebagai berikut:

MSI Z97M-G43

MSI Z97M-G43 - Gold

Motherboard MSI yang satu ini dipatok dengan kisaran harga Rp 1.600.000. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan sebuah motherboard yang sudah menggunakan chipset Z97, yang merupakan chipset tertinggi dari seri terbaru chipset Intel. Motherboard ini juga memberikan I/O backpanel yang memadai, seperti adanya Display Port, 6 Audio Jack, DVI-D, dan VGA Connector yang biasanya ditemukan pada motherboard dengan harga yang lebih tinggi. Ditambah lagi motherboard ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan M2.

Kelebihan-kelebihan milik motherboard Micro ATX tersebut cukup sulit disaingi oleh motherboard lain di rentang harga ini. Oleh karena itu, kami tidak ragu untuk mengganjarnya dengan Gold Award.

ASRock Fatal1ty Z97 Anniversary

SASRock Fatal1ty Z97 Anniversary - Silver

Salah satu motherboard yang menurut kami sangat layak mendapatkan Silver Award untuk tahun 2014 adalah ASRock Fatal1ty Z97 Anniversary yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 1.400.000. Salah satu pemikiran yang mendasari kenapa motherboard ini layak mendapatkan Silver Award adalah harganya yang menjadikannya motherboard Z97 termurah yang memang layak mendampingi prosesor unlocked multiplier termurah dari Intel, Pentium G3258 a.k.a Anniversary Edition. Terlepas dari harga motherboard Z97 yang bisa dikatakan cukup tinggi untuk saat ini, ASRock hadir sebagai salah satu brand yang menyajikan motherboard chipset Z97 termurah saat artikel ini dibuat. Dengan opsi konektivitas yang memadai, motheboard ini siap untuk dijadikan motherboard latihan bagi pada overclocker pemula.

MSI H97 Gaming 3

five_pictures3_3142_20140410184410

Silver Award berikutnya di kategori ini kembali jatuh kepada MSI melalui produk mereka H97 Gaming 3. Motherboard ini menggunakan form factor ATX dan chipset H97. Dipatok dengan harga kisaran Rp 1.600.000, motherboard ini dilengkapi dengan I/O backpanel yang lengkap dengan adanya Display Port, DVI-D, VGA Connector, dan 6 Audio Jack. Dukungan untuk M.2 dan beberapa komponen gaming lainya seperti killer LAN dan OCGenie! ikut disertakan. Selain itu, beberapa fitur tambahan untuk kebutuhan gaming membuat motherboard ini menjadi terlihat menarik.

Satu hal yang perlu diperhatikan, untuk pengguna chipset H97, chipset ini memiliki perbedaan dukungan kecepatan memori maksimal dari Z97. H97 hanya mendukung penggunaan memori hingga DDR3-1600. Selain itu, chipset ini juga tidak mendukung unlocked multiplier.

Honorable Mention

MSI Z97 – Guard Pro

five_pictures4_3160_20140430104032

 

Sebagai alternatif dari MSI Z97M-G43 di atas, terdapat varian motherboard MSI lain yang memiliki desain dan set fitur yang serupa dengan sang pemenang Gold Award tersebut, yaitu MSI Z97 Guard Pro. Anda yang membutuhkan motherboard dengan ukuran ATX standar, atau yang membutuhkan lebih banyak slot PCIe x1, mungkin cenderung akan lebih memilih produk yang satu ini. Sayangnya, penambahan beberapa komponen tersebut membuatnya dipasarkan sedikit lebih mahal dari saudaranya di atas, yaitu di kisaran Rp 1.800.000.

Tags:

Share This: