in: HSF - Cooling Devices | February 20, 2016 | by: Hendra Wijaya

Review Watercooling ID-Cooling Frostflow 240L

Pada akhir tahun 2015 lalu, kami diberi kesempatan untuk menyicipi performa watercooling AIO Hunter Duet dari ID-Cooling yang menjadi produk watercooling AIO pertama di dunia yang mampu mendinginkan prosesor bersamaan dengan chip GPU yang ada pada VGA card.

ID-Cooling FrostFlow 240 1

Kali ini, kami kembali mendapatkan kesempatan untuk menguji performa watercooling AIO dari ID-Cooling, Frosftlow 240L. Sekilas, watercooling ID-Cooling Frostflow 240L ini tampil dengan desain mirip dengan watercooling ID-Cooling Hunter Duet yang sudah kami uji sebelumnya. Hanya saja Frostflow 240L ini hanya dilengkapi satu waterblock saja untuk mendinginkan prosesor. Waterblock Frostflow 240L ini dilengkapi dengan 14 lampu LED yang akan menyala pada saat pompa waterblock menyala. Lampu LED ini akan menyala satu per satu dan bergerak searah jarum jam.

Selain itu watercooling Frostflow 240L ini tentunya dilengkapi dengan radiator pendingin berukuran 240mm dengan ketebalan 27mm yang dilengkapi dua unit fan pendingin untuk membuang panas yang telah diserap oleh radiator. Penasaran dengan performa pendinginan watercooling AIO FrostFlow 240L ini dalam menangani panas prosesor? Berikut ulasan lengkapnya dari kami.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari ID-Cooling FrostFlow 240L ini :

spec frosflow 240LSpec Frostflow 240L 2

Paket Penjualan

ID-Cooling FrostFlow 240 1
Kemasan ID-Cooling Frostflow 240L

Kemasan Frostflow 240L ini hadir dengan desain kemasan watercooling AIO ber-radiator 240mm pada umumnya.

ID-Cooling FrostFlow 240 2
Konten dari paket penjualan ID-COOLING Frostflow 240L
ID-Cooling FrostFlow 240 3
Aksesoris dan perlengkapan dari ID-COOLING Frostflow 240L

Paket penjualan watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini terdiri dari satu unit watercooling AIO, dua unit fan pendingin berukuran 120mm, mounting kit prosesor Intel & AMD, baut mounting, thermalpaste, dan buku manual.

ID-Cooling FrostFlow 240 4
ID-Cooling Frostflow 240L

Berbeda dengan watercooling AIO Hunter Duet, watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini hanya dilengkapi dengan satu waterblock saja untuk mendinginkan prosesor.

ID-Cooling FrostFlow 240 5

Watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini menggunakan radiator berukuran 240mm dengan ketebalan 27mm.

ID-Cooling FrostFlow 240 6
Waterblock pendingin prosesor

Watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini menggunakan desain waterblock berbentuk bulat untuk waterblock pendingin prosesor. Selain itu Waterblock yang dilengkapi dengan pompa air terintegrasi ini juga dilengkapi dengan 14 lampu LED berwarna putih yang akan menyala pada saat pompa waterblock ini menyala. Lampu LED ini akan menyala satu per satu dan bergerak searah jarum jam.

ID-Cooling Hunter Duet 11

Pada bagian dasar waterblock prosesor watercooling ini juga dilengkapi dengan sticker transparan yang melindungi bagian dasar waterblock ini pada saat tidak digunakan. Pada sticker ini juga terdapat peringatan bagi pengguna watercooling ini untuk melepaskan sticker ini terlebih dahulu sebelum memasang waterblock ini pada prosesor yang digunakan pada PC miliknya.

ID-Cooling Hunter Duet 12

Watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini memiliki dasar waterblock yang terbuat dari tembaga dengan desain permukaan yang sedikit kasar atau bukan mirror finish.

ID-Cooling Hunter Duet 20

Watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini menggunakan kabel konektor fan 3-pin untuk memasok daya listrik yang akan digunakan untuk pompa dan lampu LED yang ter-integrasi didalam waterblock watercooling ini. Agar pompa dapat bekerja dengan baik dan optimal, disarankan untuk menggunakan konektor 3-pin motherboard yang tidak dilengkapi dengan fitur PWM atau bisa saja menggunakan konektor 4-pin yang memiliki fitur PWM yang sudah diatur untuk bekerja dengan konfigurasi kecepatan maksimum.

ID-Cooling Hunter Duet 17
Mounting kit Intel dan AMD

Pada paket kelengkapan mounting waterblock prosesor, watercooling ID-COOLING Frostflow 240L ini hadir dengan kelengkapan mounting yang mendukung sistem Intel LGA2011/1366/1150/1151/1155/1156/775 dan AMD FM2+/FM2/FM1/AM3+/AM3/AM2+/AM2.

Pemasangan di platform Intel dan AMD untuk heatsink ini didesain dengan menggunakan backplate dan komponen pengunci yang sama. Perbedaan mounting Intel dan AMD hanya terdapat pada penggunaan lubang mounting dan bracket pengunci waterblock. Selain itu di dalam paket kelengkapan ini juga terdapat 1 tube thermal-paste ID-COOLING dan sebuah power splitter untuk fan pendingin watercooling ini.

ID-Cooling FrostFlow 240 7
Fan pendingin bawaan untuk radiator ID-Cooling Frostflow 240L
ID-Cooling Hunter Duet 18
Baut pengunci radiator ( kiri ) dan baut pengunci fan pada radiator ( kanan )
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES