in: News | April 21, 2016 | by: Luthfi Fuardi

Optimalisasi Game Anda dengan GeForce Experience

geforce-experience-header

Saat ini, banyak game triple A baru hadir dengan permintaan spesifikasi sistem minimum yang cukup tinggi agar bisa dapat dimainkan dengan nyaman dengan detil yang bagus. Jadi banyak dari Anda yang memiliki sistem lawas atau yang memiliki
sistem dengan spesifikasi di bawah spesifikasi minimum yang diminta perlu memutar otak untuk menyesuaikan seting agar bisa memainkan game-game tersebut dengan nyaman. Untuk mempermudah para penggunanya, NVIDIA menciptakan aplikasi GeForce Experience untuk memberikan solusi untuk masalah ini. Ya, GeForce Experience hadir dengan fitur optimalisasi game yang mempermudah Anda menyesuaikan seting game yang ingin Anda mainkan dengan spesifikasi sistem yang Anda gunakan.

Sederhananya, aplikasi ini akan mengoptimalkan kualitas grafik game hingga batas tertentu dimana pengguna masih bisa mendapatkan frame rate tinggi agar game tetap nyaman dimainkan. GeForce Experience akan mendeteksi hardware apa yang digunakan untuk kemudian mencari di database mereka setting paling optimal apa yang dapat digunakan. Saat ini aplikasi ini baru mendukung deteksi setting pada 32 buah judul game pada graphics card Fermi dan Kepler. Aplikasi ini juga menyediakan feature auto update driver sehingga driver graphics card selalu berada pada kondisi terbaru.

GeForce Experience tentu saja merupakan aplikasi menarik bagi pengguna awam dimana biasanya mereka kurang mengerti bagaimana mendapatkan setting paling optimal untuk game mereka. Apalagi banyak game-game diluar sana menyediakan setting yang cukup rumit untuk dimengerti. Bagaimana dengan Anda sendiri? Tertarik menggunakan aplikasi ini? Berikut sedikit cara menggunakannya!
Screenshot (244)

Anda hanya perlu membuka aplikasi GeForce Experience yang terinstal saat Anda menginstal driver graphic card NVIDIA Anda. Lalu Anda hanya perlu masuk ke tab Games dan Anda akan menemukan game-game yang terinstal di sistem Anda.

Screenshot (245)

Setelah itu pilih game yang ingin Anda optimalkan performanya, setelah itu Anda hanya perlu mengklik tombol Optimize dan GeForce Experience akan menyesuaikan secara otomatis seting game Anda dengan spesifikasi sistem yang Anda gunakan.

Screenshot (246)

Saat Anda merasa game yang dimainkan bisa tampil lebih optimal lagi, Anda bisa melakukan pengaturan seting Optimize secara manual.

Screenshot (247)

Screenshot (248)

Di opsi ini Anda akan disuguhkan dengan opsi Resolusi dan mode displayapa yang ingin digunakan, bahkan Anda juga bisa melakukan balancing pada Performance dan Quality. Tapi semakin Anda mengeser tuas balancing itu ke arah Quality, frame rate yang Anda dapatkan semakin kecil.

Setelah tahu cara penggunaanya, Anda pasti penasaran seberapa besar peningkata frame rate yang dapat dihasilkan berkat optimalisasi GeForce Experience. Berikut hasil pengujian singkat kami!

Untuk memperlihatkan seberapa besar pengaruh optimalisasi GeForce Experience, kami mencoba mengoptimalkan game Rise of The Tomb Raide pada sistem yang bekali dengan Prosesor Core i3-4130, RAM 4GB, dan yang terpenting adalah Graphic card berarsitektur Maxwell NVIDIA GeForce GTX 950 yang hadir dengan 768 CUDA Core dan juga mengusung fitur-fitur unggulan dari Arsitektur Maxwell seperti :

  • Multi-Frame sampled Anti Aliasing (MFAA)
  • Dynamic Super Resolution Technology
  • Voxel Global Illumination (VXGI)
  • GeForce Experience
  • NVIDIA GameStream
  • NVIDIA G-Sync
  • NVIDIA GPU Boost 2.0
  • NVIDIA Native Vertical Sync
  • NVIDIA Surround
  • NVIDIA SLI Technology

Secara default gama Rise of The Tomb Raider hadir dengan preset seting grafis High, yang mana saat dimainkan pada resolusi Full HD cukup membebani sistem yang kami gunakan. Berikut hasil pengujian kami!

Grafik GFE

Dengan optimalisasi GeForce Experience, frame rate rata-rata game ini meningkat 11 angka atau lebih dari 20%. Seting yang kami dapatkan pun masih dikirasan detil medium dan tetap menggunakan resolusi 1920×1080. Jadi Anda tetap bisa mendapatkan detil yang baik serta dengan performa game yang lebih baik saat menggunakan optimalisasi dengan GeForce Experience.

Untuk Anda yang ingin melihat detil seperti apa GeForce Experience mengoptimalkan game Anda, simak video berikut ini!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES