in: Movies | February 9, 2017 | by: Irham

Review Film The Lego Batman Movie: Batman-nya Bikin Gigi Kering!

Review batman lego movies poster

Lego Movie lagi-lagi kembali di tahun 2017 ini dengan mengangkat karatkter utama seorang superhero, yaitu Batman. Lego Batman sendiri sebelumnya sudah muncul di film awal Lego Movie yang tayang di tahun 2014 lalu. Tapi kali ini Batman benar-benar mengisi keseluruhan film, bahkan juga dengan basis cerita dari DC Universe, di film ‘The Lego Batman Movie.’

Review batman lego movies 4

Dibuka dengan narasi yang kocak, dengan suara berat.

“All important movies start with a black screen,”

langsung seketika memecah tawa penonton.

Intriknya aneh bin ajaib, namun untungnya tak seabsurd film parodi Scary Movie. Dimulai dari Joker merasa yang kesal karena Batman tidak menggagapnya sebagai musuh utama. Akhirnya berusaha mencari strategi agar Batman mau bertarung dengannya. Dan Batman justru tidak senang saat Joker akhirnya menyerahkan diri pada kepolisian Gotham. Batman menyadari ada sesuatu yang sedang direncanakan oleh Joker. Batman pun akhirnya terjebak oleh tak-tik yang dibuat oleh Joker, yang malah Batman membantu Joker melepaskan seluruh super villain dari Phantom Zone.

Review-batman-lego-movies-6

Sama seperti karakter Batman di DC, Batman di Lego Movie ini juga punya sifat arogan, keras kepala dan senang menyendiri. Suara gahar Will Arnet memerankan Bruce Wayne memberikan ekspersi yang sesuai dengan karakter Batman.

Tapi sebaliknya  untuk karakter Joker yang diperankan oleh Zach Galifianakis, Uh.. joker disini sangat berbeda dari joker yang pernah dibuat dimanapun. Joker bukanlah penjahat licik dan psycho, tapi malah jadi penjahat yang paling baper yang pernah ada. Tapi justru karakter Joker ini justru yang selalu memecah tawa penonton. Joker yang baperan!

Review batman lego movies

Ironisnya, Batman yang punya karakter lebih arogan dari superhero biasa ini, harus mengasuh Robin yang telah menjadi anak angkatnya. Lucunya Robin diangkat menjadi anak oleh Bruce Wayne karena sebuah ‘kecelakaan’ di sebuah pesta. Yang jelas, hubungan antara Batman dan Robin disini jauh dari cerita aslinya, Atau mungkin lebih mirip Gru yang mengasuh para minion.

Review batman lego movies 5

Kerennya lagi, jadinya Batman tak hanya harus melawan Joker, tapi juga seluruh penjahat lain yang ada. Penjahat seperti Bane, Harley Quinn, Two Face, ScareCrow, Poison Ivy, atau bahkan penjahat dari luar film DC seperti Voldemort, Sauron, Kaiju, dan King-Kong, semua bersatu menjadi musuh kota Gotham. Lebih superior dari yang pernah ditampilkan, bahkan di semua film DC Universe.

Lalu dimana karakter superhero dari Justice League yang lainnya ? Dimana Superman, The Flash, Green Lantern, dan kawan-kawan? Mereka ada dan lengkap, tapi tak perlu berharap Justice League kebagian scene yang banyak. Batman senang bekerja sendirian.

Review batman lego movies 2

Untuk dialog sebenarnya agak tidak cocok untuk penonton usia dini.Bukan karena banyak ekplisit, tapi karena jokesnya terlalu sarkas dan akan sulit untuk dimengerti anak-anak. Dan beberapa jokes yang dilontarkan juga berkaitan dengan DC universe, yang mungkin hanya akan dimengerti oleh penggemar komik DC.  Satu lagi yang selalu membuat penonton terbahak-bahak, yaitu saat Bruce Wayne menyebutkan password komputernya. Password: ‘Iron Man Sucks’.

Tapi ini adalah dunia Lego, dimana aksi-aksi seru harus ditampilkan dengan konsep ‘brick’ khas Lego. Susun-menyusun balok Lego, membuat senjata pamungkas untuk melawan musuh, hingga transformasi dari semua kendaraan dan peralatan perang Batman di Bat Cave seperti Bat Mobile dan Batpod dengan konsep transformasi ala Lego, tampaknya menjadi alasan kenapa Batman benar-benar seru untuk digarap di Lego Movie.

batman lego movies 3 Scene yang super cepat, dialog yang super padat,  membuat cerita jadi jelas walaupun dalam durasi yang terbilang singkat. Karena dimuat dalam bentuk animasi, jadinya terasa lebih masuk akal. Padahal kalau ini dijabarkan dengan seperti film aksi biasa, pasti akan jauh lebih panjang dan tak akan cukup ditampilkan dalam durasi 104 menit. Bisa jadi juga butuh waktu lebih dari 2,5 jam.

Pastinya Batman versi Lego ini menawarkan nuansa baru dari Batman yang pernah anda saksikan sebelumnya. Bahkan kalau perlu, tak cuma Batman saja yang dihadirkan dalam film Lego Movie. Superhero lain pun sepertinya asyik jika dibuat versi legonya. The Lego Batman Movie tayang mulai 10 Februari 2017 di bioskop-bioskop tanah air. Dan mungkin saat anak atau keponakan anda mengajak anda untuk menyaksikan film ini, bisa jadi akan berujung dimana anda yang lebih puas berada di dalam bioskop ketimbang anak-anak.

Video Trailer

Tanggal Rilis: 10 Februari 2017

Rating: BO

Durasi: 104 Menit

Sutradara: Chris Mckay

Pemain: Will Arnet, Zach Galifianakis, Michael Cera, Rosario Dawson, & Ralph Fiennes

Studio: Warner Animation, DC Entertaintment, Animal Logic

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES