in: Motherboard | April 3, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte H370 Aorus Gaming 3

Awal bulan April 2018 ini, Intel resmi mengeluarkan tiga chipset terbaru mereka untuk prosesor Core i 8th Gen Coffee Lake untuk desktop. Kehadiran ketiga chipset baru ini merupakan solusi yang ditawarkan Intel untuk user yang ingin menggunakan prosesor Intel Coffee Lake, tetapi tidak ingin menggunakan motherboard Z370. Memang, selama ini opsi menggunakan motherboard Z370 tidak terlalu disukai karena opsi itu dianggap kurang baik, dari sisi harga dan fitur.

Tiga chipset yang ditawarkan Intel itu adalah H310, B360, dan H370. Bertambahnya opsi chipset ini akan membuka kemungkinan hadirnya motherboard yang lebih murah untuk Core i 8th Gen. desktop, seperti yang memang umum terjadi dengan chipset Non-Z selama ini. Gigabyte, salah satu produsen hardware terkemuka asal Taiwan, turut menyambut hadirnya chipset baru dari Intel ini dengan menawarkan motherboard baru mereka, salah satunya adalah yang baru saja kami terima ini, Gigabyte H370 Aorus Gaming 3.

Gigabyte H370 Aorus Gaming 3 ini merupakan penerus dari Gigabyte H270 Gaming 3. Sebagai motherboard dengan chipset H370, motherboard ini akan memiliki hampir seluruh fitur premium dari motherboard Z370, kecuali tentu saja fitur overclocking. Karena hal tersebut, Gigabyte memposisikan motherboard baru ini di kelas yang terbilang tinggi, untuk kalangan enthusiast gamer. Di dalam artikel ini, kami akan membahas lebih jauh seputar motherboard Gigabyte H370 Aorus Gaming 3.

Paket Penjualan

Gigabyte H370 Aorus Gaming 3 ini hadir dengan box yang menampilkan logo Aorus yang cukup besar, dan sama seperti seri-seri sebelumnya nuansa warna dari box motherboard Gigabyte Aorus ini menonjolkan warna hitam. Di sisi belakang box dari Gigabyte H370 Aorus Gaming 3 ini terdapat informasi mengenai fitur-fitur yang dimiliki motherboard ini.

Paket penjualan dari Gigabyte H370 Aorus Gaming 3 ini bisa dikatakan standar, sama seperti kelengkapan yang umum tersedia untuk motherboad seri H kelas menengah-atas dari Gigabyte sebelumnya, termasuk Gigabyte H270 Gaming 3. Berikut ini perlengkapan yang ada di paket penjualan motherboard tersebut:

Tampilan Fisik

Motherboard Gigabyte H370 Aorus Gaming 3 ini hadir dengan ’upgrade’ dari sisi tampilan dibandingkan dengan pendahulunya Gigabyte H270 Gaming 3. Terdapat I/O shroud berwarna hitam yang dilengkapi dengan aksen warna orange, heatsink untuk pendinginan slot M.2 pertama, dan desain baru untuk heatsink PCH, dengan warna silver beraksen orange. Motherboard ini juga menawarkan swapable overlay accent LED, yang merupakan potongan akrilik dengan desain yang dapat Anda kreasikan sendiri. Ya, motherboard ini tentu nya masih dilengkapi dengan fitur RGB, tetapi disebut memiliki transisi warna yang lebih smooth dari generasi sebelumnya.

Terdapat 4 buah DIMM DDR4, yang mendukung RAM DDR4 dengan kecepatan maksimal DDR4-2666. Kecepatan ini merupakan kecepatan standar tertinggi yang didukung resmi prosesor Intel Coffee Lake, terutama untuk seri Non-K. Kapasistas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis non-ECC Unbuffered DDR4. Keempat DIMM DDR4 ini dilengkapi dengan Ultra Durable Memory Armor. Sela-sela di antara DIMM digunakan Gigabyte untuk meletakkan RGB LED untuk mendukung sistem tata cahaya dari motherboard ini.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX dan 8 pin ATX-12v CPU. Peletakan dari 2 konektor ini berada pada posisi yang terbilang tepat, yang akan mempermudah instalasi konektor tersebut pada casing. Heatsink VRM yang dimiliki motherboard ini juga cukup besar, dan memiliki desain yang cukup robust untuk membantu mendinginkan VRM dari motherboard ini. Selain itu, motherboard ini juga dilengkapi komponen VRM 10 phase. Dengan konfigurasi VRM 10 (8+2) phase ini, kami sangat yakin bahwa motherboard ini dapat dengan sangat mudah menjalankan CPU 6-core Coffee Lake baik untuk seri K ataupun non-K

Empat buah fan header 4-pin ditawarkan oleh motherboard ini, yang tentunya memungkinkan Anda memakai mode PWM untuk kipas. Jumlah header yang tersedia bisa dikatakan standard memadai untuk sebuah motherboard H370. Peletakan dari fan header ini juga saling berdekatan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags: