in: Notebook / Laptop | August 24, 2020 | by: Friska Suryawinata

Review ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T: Laptop Ini Terlalu Kencang!

Beberapa hari yang lalu, ASUS baru saja mengumumkan kehadiran laptop terbarunya, ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T, di mana laptop yang termasuk dalam sub-brand “ProArt” ini memang merupakan laptop yang ditujukan untuk para content creator. Biasanya, konsumen yang memberli produk ProArt ini berarti telah mengetahui bagaimana memanfaatkan laptop tersebut untuk bisa membuat konten untuk kemudian bisa menghasilkan uang, sehingga bisa mendukung pekerjaan kreatif mereka ke depannya.

Laptop ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T ini jelas akan cocok untuk digunakan oleh para desainer, arsitek, animator, dan bisa juga untuk programmer. Tentunya, bukan berarti pengguna biasa tidak boleh memakai laptop ini, selama kinerja laptop memang bisa dipakai untuk mendukung pekerjaan mereka. Tapi, sekencang apa ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T yang telah resmi dikenalkan tersebut?

Desain dan Spesifikasi

ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T memiliki dapur pacu berupa prosesor Intel Xeon E-2276M (Coffee Lake, 14 nm, 6C/12T, TDP 45W), dengan RAM DDR4-2600 64 GB (4x 16 GB) yang sudah Dual Channel serta memiliki RAM ECC (Error-Correcting Code) di mana kode ini dipakai untuk mencegah kesalahan data di memori yang bisa berakibat fatal/crash pada sistem. Storage internalnya menggunakan SSD M.2 1 TB NVMe PCIe, dengan telah tersedia slot M.2 kedua untuk menambahkan storage jika diperlukan.

GPU dari laptop ini menggunakan Quadro RTX 5000 dengan VRAM 16 GB yang memiliki jumlah CUDA Core sama dengan GeForce RTX 2080 Super. VRAM ini sendiri masif cocok untuk kebutuhan content creator seperti untuk animasi 3D dengan tekstur tinggi, dan lain sebagainya. Sementara Integrated GPU yang dimilikinya adalah UHD Graphics 630. Untuk audio, laptop ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T menggunakan 2 speaker yang telah bersertifikasi Harman/Kardon, konektivitas menggunakan Intel Wi-Fi AX200 dengan dukungan Bluetooth 5.1 dan Wi-Fi 6, serta memiliki fingerprint scanner sebagai sekuritasnya.

Layar utama dari ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T memiliki besar 17″ resolusi 1920 x 1200 piksel dengan aspect ratio 16:10, berpanel IPS, color gamut 97% DCI-P3, Delta E< 1.5, serta telah Pantone Validated yang jika dibutuhkan, color calibration bisa dilakukan dari aplikasi ASUS ProArt Creator Hub. Untuk Color Profile, bias diatur melalui aplikasi MyASUS. Permukaan layarnya sendiri sudah Anti Glare dengan NanoEdge Display yang memiliki bingkai tipis di empat sisi layar utamanya.

ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T memiliki layar kedua yang disebut sebagai Screenpad 2.0, di mana layar kedua ini memiliki besar 5.65″ beresolusi 2160 x 1080 piksel panel Super IPS dan sudah mendukung touchscreen. Fungsi dari layar kedua ini juga cukup unik layaknya sebuah layar tambahan yang terdapat pada sebuah laptop pada umumnya, di mana selain bisa digunakan untuk input tulisan tangan dan menggambar, Screenpad 2.0 ini bisa digunakan sebagai touchpad, virtual number, dan lain sebagainya.

Bodi utama dari ASUS ProArt StudioBook Pro X W730G5T ini memiliki form factor Clamshell dengan material Magnesium Alloy yang kokoh. Laptop ini memiliki pilihan warna Star Grey dengan garis berwarna Rose Gold, berdimensi 38.2 x 26.5 x 3.19 cm seperti dimensi untuk laptop ukuran 15.6″, serta bobot 2.9 kg. Keyboard memiliki layout full-size dengan physical numpad, serta memiliki backlit putih dengan tiga tingkat kecerahan yang bisa diatur.

Konektor di sisi kiri terdiri dari DC In, HDMI, 2x USB 3.1 Gen 2, audio combo jack, dan SD Card reader. Sementara di sisi kanan terdiri dari 2x Thunderbolt 3, USB 3.1 Gen 2, Ethernet, dan Kensington Lock.

Selain itu, laptop ini juga memiliki opsi Performance Mode yang bisa diatur melalui aplikasi AUS ProArt Creator Hub, di mana terdapat opsi Normal Mode dan Rendering Mode.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES