5 Film Game Fan-Made Yang Wajib Ditonton Gamer

Reading time:
December 29, 2010

Bukan rahasia umum lagi bahwa film Hollywood yang diadaptasi dari cerita game seringkali justru membuat para gamer menunduk lesu menahan kekecewaan. Boleh disimpulkan bahwa selama ini tidak ada satupun game-movie buatan Hollywood yang sebenarnya mampu memuaskan para gamer, karena begitu banyak faktor yang membuat film-film tersebut terlihat “sampah” walaupun menelan biaya hingga jutaan dollar untuk diproduksi. Salah satu yang paling sering terjadi adalah film-film tersebut tidak mewakili game nya sendiri. Seringkali Hollywood menyediakan plot, setting, dan karakter yang jauh berbeda dengan yang terjadi di game, membuatnya terkesan hanya meminjam nama besar tanpa menyediakan sesuatu yang berkualitas bagi para gamer. Lantas apa yang terjadi? Lahir dari tangan-tangan fans, film-film fan-made berkualitas yang memang ditujukan untuk para gamer.

Walaupun film-film game ini berbasis fan-made, atau yang dibuat sendiri oleh para fans, bukan berarti kualitasnya dipertanyakan dan dibuat asal-asalan. Hampir semuanya dibuat dengan penuh dedikasi dengan tetap mempertahankan unsur gamenya yang kental, membuat film game fan-made dalam kacamata pribadi saya tampak lebih berkualitas dibandingkan yang dihadirkan oleh Hollywood sendiri. Dari begitu banyak yang hadir, saya memilih lima yang terbaik :

5. The Duke : Fate of Humanity

the duke fate of humanity

Siapa yang tidak mengenal Duke Nukem? Sang tokoh protagonis supercool ini memang layak mendapatkan filmnya sendiri. Dengan pistol besar di tangan, ucapan-ucapan dan guyonan khasnya yang menggelitik, para penari telanjang, dan para alien yang harus dibasmi, Duke Nukem menjelma menjadi sosok idola pria yang melambangkan maskulinitas. Fan-made Movie yang dibuat Paul J.Helin ini cukup merangkum semua yang melambangkan Duke Nukem. Ditambah dengan sudut pengambilan gambar yang tampak professional dengan iringan musik metal yang membantu membangun mood. All you can say is – this is really The Duke i want!

4. Metal Gear Solid : Philanthropy

metal gear solid philanthropy

Berapa banyak fans Metal Gear di dunia yang berharap adegan-adegan sinematik dan plot berat di game Metal Gear Solid dijadikan sebuah film aksi yang sesungguhnya? Hampir semua fans di dunia sebenarnya menginginkannya, bahkan meminta si jenius Hideo Kojima yang mengawasi secara langsung prosesnya. Namun apa daya, permintaan ini tak pernah terkabul. Solusi yang paling pas? Menghadirkan sebuah film fan-made yang berkualitas. Jadilah Philanthropy, yang cukup berhasil menghasilkan karakter Solid Snake dengan cukup baik. Suara Snake yang khas itu juga dihadirkan di sini, bersama dengan berbagai elemen Metal Gear Solid yang selama ini membekas di ingatan para gamer. Ini adalah film penuh yang  akan membuat para penggemar Metal Gear sendiri terkesima untuk sebuah film fan-made.

3. Modern Warfare : Frozen Crossing

modern warfare frozen crossing

Ini adalah salah satu film game fan-made yang memperlihatkan penggarapan yang serius. Berhasil membawa suasana ketegangan yang kita dapatkan di game MW, film ini juga memperlihatkan kualitas properti yang mumpuni. Senjata yang dihadirkan, CGI yang dibangun, kostum, bahkan lingkungannya sendiri. Mengagumkan!

2. Halo Movie Trailer

halo movie trailer

Halo Movie memang mungkin akan menjadi kenyataan di masa depan, setidaknya itu yang selalu berusaha ditekankan oleh Microsoft. Game FPS yang fenomenal ini memang pantas untuk dijadikan sebagai sebuah franchise film. Setiap aspek ketegangan yang mampu dihadirkan dengan plot cerita yang berat menjadikan game ini sukses luar biasa. Melalui potongan-potongan gambar dari live-action dan cinematic trailer game nya, sebuah fan-made trailer untuk Halo Movie dihadirkan. Dengan mengusung plot flashback, bagaimana manusia bercerita tentang kepahlawanan Master Chief saat mengorbankan nyawanya untuk kepentingan dunia, trailer ini tampak memukau. Oh i can’t wait for a Halo Movie!

1. Street Fighter : Legacy

street fighter legacy

Ini mungkin film fan-made terbaik yang pernah saya lihat. Dengan pengambilan gambar yang sinematik, penuh dengan adegan dramatisasi melalu efek kamera, plot Street Fighter yang sesungguhnya, jurus-jurus SF yang melegenda, dan berbagai elemen SF yang kita kenal – film fan-made ini bahkan jauh jauh jauh lebih baik dibandingkan film kacangan Street Fighter buatan Hollywood. Ini adalah Street Fighter yang sesungguhnya, game fighting ikonik yang selama ini kita cintai. Dan rasa terima kasih yang mendalam untuk mereka yang berdedikasi untuk menciptakannya.

Film Game Fan-Made di atas memang boleh diakui mampu menunjukkan kualitas yang membuat kita kagum. Dedikasi dan kecintaan mereka terhadap game yang mereka wakili begitu terasa, membuat adrenalin gamer kita terpompa tidak kalah kuatnya. Jika Anda menemukan film game fan-made yang menurut pantas untuk diketahui oleh dunia, jangan ragu berbagi. Share saja linknya di komen. Atau mungkin beberapa dari Anda mulai terobsesi untuk menghasilkan mahakarya yang sama? Ditunggu hasilnya.

Source Videos : YouTube

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…