Gnomeo and Juliet: Dapatkah Berakhir Bahagia?

Reading time:
February 13, 2011

Romeo and Juliet adalah sebuah kisah cinta paling tragis dan mengharukan sepanjang masa. Lalu, bagaimana jadinya jika kisah tersebut disajikan dalam bentuk animasi dan berbau komedi? Sangat menarik!

08

Film animasi mengenai Romeo dan Juliet? Sudah biasa. Namun, bagaimana jika kisah tersebut diadaptasi, dikembangkan, dan dibuat dengan kemasan yang berbeda dari biasanya? Itu yang terjadi pada film produksi Touchstone Pictures terbaru, Gnome and Juliet. Animasi yang satu ini cukup menggelitik rasa penasaran saya karena seluruh karakternya merupakan gnome, para hiasan kebun yang selalu digambarkan bertopi lancip.

Film yang dirilis dalam format 3D ini memiliki alur cerita yang sama dengan kisah original Romeo and Juliet milik William Shakespeare. Dua kelompok gnome, merah dan biru, telah lama berseteru karena para pemilik kebun masing-masing memiliki hubungan yang tidak baik. Rumah mereka yang berada persis bersebelahan membuat mereka sering meributkan hal-hal kecil, mulai dari jemuran, daun pohon, dan lain sebagainya. Perselisihan kedua pemilik kebun tersebut juga berimbas ke para gnome yang mendiami kebun-kebun tersebut. Para gnome di kebun-kebun tersebut telah berselisih untuk waktu yang cukup lama, bahkan sesekali melancarkan serangan untuk memberikan lawannya “pelajaran”. Sayangnya, Gnomeo (James McAvoy), anak dari ketua kelompok Topi Biru, Lady Blueburry (Maggie Smith) tak sengaja bertemu dengan Juliet (Emily Blunt), anak dari Lord Redbrick (Michael Caine) ketua kelompok Topi Merah. Mereka saling jatuh cinta walau pada akhirnya menyadari bahwa hubungan mereka mustahil. Seperti yang sudah dapat ditebak semua orang, kisah ini dipenuhi konflik dan pertentangan atas hubungan Gnomeo dan Juliet. Berhasilkah Gnomeo dan Juliet mempertahankan cinta mereka dan hidup bersama selamanya, atau, mengulang ketragisan kisah yang dibuat Shakespeare, berakhir dengan kematian?

02

Film penuh warna yang menggemaskan ini benar-benar dapat dijadikan pilihan tontonan keluarga di akhir pekan. Banyak kelucuan yang terjadi di antara para gnome saat mereka saling berselisih. Kelakuan hiasan kolam berbentuk kodok, sahabat baik Juliet, Nanette (Ashley Jensen), juga mengundang tawa. Hal-hal konyol lainnya akan Anda temukan berkaitan dengan kehidupan mereka sebagai gnome. Walau begitu, bukan berarti film ini berisi komedi hingga akhir. Sang sutradara, Kelly Asbury, menyelipkan kisah mengharukan mengenai kisah cinta flamingo ekspresif, Featherstone (Jim Cummings) yang dijamin akan menguras air mata Anda.

Hiburan menyegarkan tersebut dilengkapi dengan deretan musik yang digarap eksklusif oleh Elton John dan Bernie Taupin. Bagi para penggemar lagu-lagu Elton John, Anda akan menemukan beberapa lagu legendaris Elton John yang digunakan sebagai soundtrack film ini. Di film ini, Elton John juga berduet dengan beberapa musisi, seperti Nelly Furtado, Lady Gaga, dan Kiki Dee. Film animasi yang mengambil tema kisah cinta komedi dan dilengkapi dengan soundtrack yang memukau ini mengingatkan saya pada film-film lawas Disney yang juga tidak hanya unggul dari segi cerita, namun juga memiliki soundtrack yang berkualitas.

04

Sayangnya, format 3D yang digunakan untuk “menghidupkan” film ini tidak bekerja dengan baik. Adegan-adegan yang ada di dalam film ini tidak memberikan efek 3D yang maksimal. Disarankan untuk menyaksikannya dalam bentuk 2D karena tidak ada perbedaan signifikan yang terlihat.

Tanggal rilis:
12 Februari (UK)
Genre:
animasi
Durasi:
84 menit
Sutradara:
Kelly Asbury
Pemain:
James McAvoy, Emily Blunt, Michael Caine, Jason Statham, Maggie Smith, Patrick Stewart, Ashley Jensen, Matt Lucas, Stephen Merchant, Ozzy Osbourne
Studio:
Touchstone Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…