RootsMagic Essential: Mencatat Silsilah Keluarga

Reading time:
June 6, 2011
pict5

Setiap keluarga memiliki silsilah yang biasanya diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya. Ada yang menceritakannya secara lisan dan ada pula yang memiliki catatan silsilah keluarga. Catatan-catatan tersebut biasanya akan usang dimakan waktu, hilang akibat bencana alam, atau beberapa kemungkinan lainnya sehingga Anda tidak memperoleh informasi mengenai silsilah keluarga Anda.

Di zaman modern seperti sekarang ini, untuk mengumpulkan dan menjaga sebuah informasi atau data bukanlah hal yang sulit lagi. Begitu juga untuk memelihara informasi mengenai silsilah keluarga. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama RootsMagic Essential. Dengan program ini, Anda dapat dengan mudah menyimpan informasi atau “mempersatukan” seluruh keluarga mulai dari generasi pertama hingga generasi saat ini. Aplikasi ini akan menyimpan semua data mengenai anggota keluarga Anda sehingga anak-cucu Anda nantinya dapat mengetahui urutan keluarganya.

Feature

RootsMagic Essential adalah software genelogi dan silsilah keluarga yang menawarkan berbagai feature utama dari RootsMagic 4. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di website resminya di http://www.rootsmagic.com/. Jika Anda kurang puas dengan feature gratis dari RootsMagic Essential, Anda bisa membeli versi berbayarnya, RootsMagic 4, dengan harga US$30.

Berikut adalah beberapa feature yang ditawarkan RootsMagic Essential.

Kapasitas Tak Terbatas

Software ini menyediakan input nama untuk anggota keluarga Anda tanpa adanya batasan. Berbagai informasi lainnya, seperti multimedia, foto, informasi pelengkap atau catatan-catatan kecil untuk tiap anggota keluarga tidak dibatasi. Hampir seluruh keterangan dapat disertakan ke dalam aplikasi ini.

pict2 600x3371 pict3 600x4361

Mencari dengan Mudah

Bila Anda sudah memasukkan urutan silsilah keluarga yang jumlahnya banyak, jangan takut akan kesulitan menacrinya suatu hari nanti. Aplikasi ini menyediakan feature pencarian yang mudah dan cepat. RootsMagic Explore mengizinkan Anda melakukan proses pencarian dengan nama dan langsung membuka file orang yang dicari atau melakukan pencarian dengan menggunakan kriteria search screen.

Dukungan Multimedia

Menambahkan informasi dengan multimedia, seperti foto, video, atau klip suara di tiap entri anggota keluarga dapat menimbulkan sensasi indah yang menyenangkan jika kembali dibuka suatu hari nanti. Aplikasi ini mendukung beberapa format multimedia sehingga Anda dapat menambahkan keterangan sehingga informasi yang ada semakin lengkap.

Power Tools

Software ini memiliki berbagai macam tools yang berguna, mulai dari tools membersihkan data, potensi terjadinya masalah terhadap aplikasi, teknik penggabungan yang canggih, sampai dengan sistem penanggalan dan kalkulator. Berbagai tool lainnya juga tersedia untuk mempermudah Anda mengelola data.

Pengujian

Tidak aneh bila aplikasi ini memiliki desain ala profesional software mengingat bahwa ia merupakan versi gratis dari RootsMagic 4. Bila Anda merasa kurang puas dengan batasan feature dalam RootsMagic Essential, Anda dapat meregistrasi atau membeli lisensi kode untuk mengubahnya ke RootsMagic 4.

pict12

Kompatibilitas data yang dihadirkan program ini sangatlah baik. Proses impor dan ekspor dapat dilakukan dengan mudah dan file aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi genelogi lainnya. Selain itu, RootsMagic Essential telah mendukung penuh GEDCOM 5.5 untuk ekspor dan impor data.

Proses pengunduhan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan baik. Saat proses instalasi selesai, RootsMagic.Co menyertakan sebuah aplikasi mini tambahan, yaitu RootsMagic To-Go, yang memungkinkan Anda untuk meng-copy data atau RootsMagic Essential ke dalam flash disk. Ke mana pun Anda pergi, seluruh keluarga bersama Anda.

pict51

Saat pengujian berlangsung, saya menemukan feature tambahan yang menarik dari aplikasi ini yaitu dukungan terhadap data sejarah keluarga dengan menggunakan situs FamilySearch.net. Di sini, Anda akan mudah mencari (bila tersedia) data-data anggota keluarga besar lainnya. Selain itu, dilihat dari kinerjanya, selama pengujian berlangsung, software ini tidak menunjukkan masalah dan dapat dijalankan dengan sangat baik.

Personal

Tinggalkanlah cara lama untuk mencatat silsilah keluarga Anda karena saat ini sudah ada RootsMagic Essensial yang dapat mempersatukan seluruh anggota dan sejarah keluarga besar Anda. Aplikasi ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dibandingkan para pesaingnya. Apalagi, support yang ditawarkan aplikasi ini sangatlah baik.

Kesimpulan

Software ini pastinya akan mendapat tempat spesial di hati Anda. Kemudahan penggunaan, performa yang powerful, dan desain yang seperti profesional software merupakan daya tarik utama dari aplikasi ini. Bila Anda menginginkan feature lebih, Anda dapat meng-upgrade-nya ke RootsMagic 4.

Keterangan

Kategori:
Freeware (Home and Hobbies)

Platform:
Win Xp, Win Vista, Win 7 (Tested)

Website:
http://www.rootsmagic.com

Unduh File:
http://www.rootsmagic.com/Essential/

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…