Masak Apa: Selalu Ada Resep Baru

Reading time:
August 24, 2011

Bagi sebagian orang, memasak adalah kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan yang dijadikan hobi oleh banyak orang ini akan terasa semakin seru jika banyak pilihan resep baru yang bisa dicoba. Inilah yang coba ditawarkan oleh Detikfood melalui aplikasi terbarunya, Masak Apa, yang diluncurkan Sabtu (6/8) lalu.

Screen 20110808 1238481

Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Agranet Multicitra Siberkom dan dapat digunakan di beberapa smartphone, seperti Blackberry, Android Phone, iPhone, dan juga tablet iPad. Dalam review kali ini, kami menggunakan salah satu smartphone saja yaitu Blackberry dengan OS 5.

Instalasi

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini langsung dari Blackberry App World. Jika Anda tidak mendapatkannya di menu home, Anda dapat mencarinya melalui search. Aplikasi ini masuk ke dalam kategori reference. Untuk mengunduhnya, Anda tidak akan memerlukan waktu yang lama karena aplikasi ini memiliki kapasitas yang cukup ringan, 796 KB.

Screen 20110823 110028 Screen 20110823 110419

Feature

Didominasi dengan warna cerah hijau muda dan kuning, aplikasi ini tampil begitu fresh. Di menu home, Anda akan mendapatkan deretan menu di bagian kanan atas layar, yaitu home (Koleksi Resep), Katalog Resep, Rekomendasi Hari ini, Favorit, dan Daftar Belanja.

Home (Koleksi Resep)

Menu ini berada di bagian Home aplikasi. Di menu ini, Anda dapat menemukan banyak resep yang dikategorikan atas beberapa jenis yang sudah diuji di dapur Detikfood, yaitu Cake Istimewa, Salad Populer, Ikan Bumbu Tradisional, Cake Cantik untuk Bingkisan, dan Kue Kering Lebaran. Kategori ini selalu di-update tiap beberapa waktu sehingga variasinya bisa berubah-ubah.

Screen 20110813 141016

Saat mengklik menu ini, Anda akan masuk ke submenu Daftar Resep yang berisi berbagai jenis masakan yang sesuai dengan kategorinya. Misalnya, dalam pilihan Cake Istimewa, Anda akan menemukan beberapa resep cake, seperti Red Velvet Fruit Cake, Chocolate Kiwi Cake, Heavy Fruit Cake, White Fruit Cake, dan orgasmic Chocolate Cake. Untuk mendapatkan resepnya, Anda tinggal mengklik gambar yang dimaksud.

Screen 20110813 141216

Di bagian detail resep, Anda akan menemukan tiga pilihan menu, yaitu Ringkasan, Bahan, dan Langkah. Di bagian ini, Anda akan menemukan berbagai informasi lengkap mengenai deskripsi masakan yang dimaksud, jumlah porsi, bahan-bahan yang diperlukan, dan langkah pembuatan. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan resep tersebut via email ke teman-teman Anda, menjadikannya resep favorit, atau memasukkannya di daftar belanja.

Screen 20110813 141336

Katalog Resep

Di menu ini, Anda dapat mengunduh beberapa resep yang ditawarkan aplikasi ini, mulai dari masakan tumis hingga variasi cake dan kue kering. Proses unduh pun tidak rumit karena aplikasi ini akan langsung mengunduh resep yang diinginkan hanya dengan satu kali tekan.

Screen 20110813 141553

Rekomendasi Hari ini

Tiap harinya, aplikasi ini menawarkan resep pilihan yang diletakkan di menu ini. Tiap hari ada tiga pilihan resep yang bisa Anda coba buat di rumah untuk disajikan sebagai menu makan pagi, makan siang atau makan malam.

Screen 20110813 141713

Favorit

Semua resep di aplikasi ini yang menjadi favorit Anda akan dikumpulkan menjadi satu di menu ini. Jadi, Anda tidak perlu membuka kembali tiap menu dan submenu untuk menemukan resep favorit Anda.

Daftar Belanja

Tertarik dengan salah satu resep dan ingin mencobanya di rumah? Jangan lupa untuk memasukkannya di daftar belanja dengan mengklik opsi yang ada di bagian penjelasan resep. Resep-resep yang sudah Anda masukkan ke daftar belanja akan masuk secara otomatis ke menu ini. Jadi, ketika Anda sedang berada di supermarket dan ingin membeli bahan-bahan resep yang dimaksud, Anda tidak perlu repot membuka aplikasi ini dari awal dan mencari resep yang dimaksud satu per satu. Menu ini sangat memudahkan dan praktis.

Screen 20110822 143751

Pengujian

Aplikasi ini dapat berjalan baik dalam keadaan online maupun offline. Jika Anda hanya ingin mengambil resep-resep yang sudah ada, Anda dapat mengaksesnya walaupun dalam keadaan tanpa koneksi internet. Namun, Anda memerlukan koneksi internet saat ingin mendapatkan update terbaru tiap harinya di menu Rekomendasi atau saat ingin mengunduh resep-resep di menu Katalog Resep.

Secara umum, aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar. Saat melakukan unduh resep atau apa pun yang berhubungan dengan internet, pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan prima, atau Anda akan sedikit jengkel dengan proses unduh yang cukup lama. Kami juga sempet mencoba meng-install aplikasi ini di iPod Touch dan menemukan fakta bahwa kinerja aplikasi ini di iPod Touch lebih baik ketimbang di perangkat Blackberry. Proses loading dan unduh berjalan lebih cepat.

Oleh karena aplikasi ini masih dalam masa pengembangan, terkadang kami menemukan beberapa error, terutama saat sedang mengunduh resep. Proses pengunduhan resep berjalan lama atau bahkan gagal diunduh. Kadangkala, kerusakan proses unduh menyebabkan perangkat Blackberry hang. Kami berharap pihak pengembang akan segera membereskan masalah ini agar aplikasi ini dapat digunakan dengan nyaman.

Support

Aplikasi ini tidak menyediakan menu help untuk panduan penggunaan. Ini dapat dimaklumi karena desain dan tampilannya yang sederhana yang dapat digunakan dengan mudah tanpa panduan dari pihak pengembang. Keberadaan menu help digantikan dengan pencantuman alamat email appsupport@detik.com yang akan menampung semua kritik dan saran dari pengguna demi pengembangan aplikasi ini agar dapat menjadi aplikasi yang bermanfaat.

Screen 20110823 12298

Kesimpulan

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang patut diunduh oleh mereka yang memiliki hobi memasak. Resep yang ditawarkan aplikasi ini cukup beragam dan selalu diperbarui. Beberapa feature-nya memudahkan pengguna untuk mengelompokkan resep-resep yang ada ke dalam resep favorit dan memisahkannya di menu tertentu yang dapat membantu pengguna saat ingin berbelanja bahan-bahan pembuatan masakan yang diinginkan.

Aplikasi ini layaknya buku resep digital yang dapat dibawa ke mana saja dan dapat diakses dengan mudah dengan atau tanpa koneksi internet. Sayangnya, aplikasi ini masih memiliki beberapa kekurangan khususnya di saat proses pengunduhan resep karena seringnya terjadi kegagalan/hang tiba-tiba.

Keterangan

Kategori:
referensi

Unduh File:
Blackberry App World
http://apps.detik.com

Vendor:
PT Agranet Multicitra Siberkom

Versi:
1.0.2

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…