Buyers Guide 2012: Smartphone Android Murah dengan Harga Satu Jutaan

Reading time:
December 24, 2012

Saran Kami

Di rentang harga satu sampai dua juta rupiah ada beberapa smartphone yang benar-benar menarik perhatian kami:

Smartfren Andromax I: Memiliki smartphone dengan prosesor dual core pada tahun 2012 ini akhirnya dapat dicapai dengan smartphone yang satu ini. Sayang memang, Anda diharuskan (secara legal) untuk menggunakan smartfren sebagai operator CDMA. Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang mau membeli perangkat yang satu ini demi mendapatkan kinerja smartphone kelas atas pada harga di bawah 1,2 juta rupiah.

Mito A322: Smartphone dual core dengan layar 4,5 inci pada harga tidak sampai 1,5 juta rupiah? Hal tersebut terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan. Dan hal tersebut diwujudkan oleh Mito dengan A322-nya. Selain dual core, kinerjanya juga didongkrak dengan Ice Cream Sandwich yang mampu menggunakan feature Hardware Acceleration.

IMO S88: Smartphone yang satu ini sempat menjadi primadona dan seringkali kehabisan stok pada gerai penjualannya. Tidak heran, karena IMO S88 adalah yang pertama kali menawarkan sebuah smartphone dual core pada harga di bawah dua juta rupiah. Walaupun begitu, saat ini IMO S88 harus berhadapan dengan Mito A322 dan Lenovo S560 yang memiliki spesifikasi kurang lebih sama.

Lenovo S560: Yap, smartphone ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan Mito A322 dan IMO S88. Akan tetapi, bagi Anda yang suka mendengarkan musik, sepertinya smartphone yang satu ini “kudu” menjadi pilihan Anda. Hal tersebut disebabkan oleh feature Dolby Mobile yang kerap ditemui pada perangkat di atas dua juta rupiah.

Lenovo P700i: Smartphone memiliki masalah utama: daya tahan baterai. Tidak sedikit orang yang mengeluh harus melakukan charge baterai setiap hari atau bahkan dua kali sehari. P700i memiliki baterai yang tinggi sehingga masalah tersebut pada sebagian besar kasus dapat terhindari. Jadi, dengan budget di bawah dua juta dan ingin smartphone dengan daya tahan baterai lama? P700i menjadi jawabannya.

 

Buyer’s Guide Tips

Spesifikasi vs Harga

Spesifikasi pada smartphone Android memang bermacam-macam. Akan tetapi, hal tersebut perlu Anda ketahui saat Anda membeli sebuah perangkat Android. Artikel Memahami Spesifikasi Tablet dan Smartphone Android yang pernah kami rilis pada tahun sebelumnya dapat menambah wawasan Anda mengenai spesifikasi dari Android. Telitilah sebelum membeli.

Pada saat memilih Android berdasarkan harga, Anda harus berpikir mengenai investasi yang akan Anda lakukan. Saat Anda menemukan sebuah perangkat yang murah, teliti dulu apakah dalam rentang harga Rp50.000 sampai Rp200.000 lebih mahal terdapat Android yang lebih baik dari sisi spesifikasinya. Tentu saja dengan tambahan sedikit uang dan sedikit ketelitian, Anda akan mendapatkan perangkat yang lebih baik.

Rooting

Penggunaan Android kerap kali tidak luput dari rooting. Rooting dapat membuat sebuah smartphoneAndroid memiliki ruang lebih untuk menginstal aplikasi seperti dengan menggunakan Link2SD yang terbukti lebih baik dari feature Move to SD bawaan Android. Selain itu, Anda dapat membuat bateraismartphone Anda memiliki daya hidup yang lebih lama. Feature lainnya pun juga bisa Anda dapatkan dengan melakukan rooting dan menginstal semua aplikasi yang mengharuskan Android untuk di-root. Akan tetapi yang perlu diingat, beberapa vendor akan menghanguskan garansi Anda saat Anda melakukan root. Perlu atau tidaknya Anda melakukan rooting dapat Anda lihat pada artikel yang satu ini.

Komunitas

Apa maksud dari pentingnya komunitas untuk sebuah smartphone Android? Sebuah komunitas akan membuat smartphone Android Anda lebih berkembang. Dukungan komunitas terhadap sebuah perangkat Android pun sering kali membuat sistem operasi sebuah smartphone menjadi lebih up-to-date. Biasanya, saat sebuah smartphone tidak memiliki upgrade OS ke yang terbaru, developer dari sebuah komunitas akan meramu sebuah OS berdasarkan OS Android CyanogenMod atau Android Open Source Project. Tentu saja, melakukan perubahan sistem operasi Android akan menghanguskan garansi Anda. Akan tetapi setelah garansi Anda habis, hal ini bukanlah sebuah masalah. Perlu diingat bahwa Anda harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada perangkat Anda.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…