Computex Opening Keynote oleh Intel

Reading time:
June 4, 2013
Perangkat Intel

Pada hari Selasa tanggal 4 Juni 2013, Intel mengadakan Computex Opening Keynote.  Mr. Walter M. S. Yeh selaku Executive Vice President, TAITRA membuka acara tersebut. Mr. Walter membuka dengan memberitahukan beberapa teknologi terbaru seperti NFC dan 250 produk lainnya yang ada di Computex. Acara tersebut dimulai pada jam 13:40 waktu setempat.

Mr. Walter M. S. Yeh

Pada kesempatan kali ini juga, Intel akan mengadakan Opening Keynote yang dibawakan oleh Tom Kilroy, Executive Vice President and General Manager Sales and Marketing Group dari Intel. Tom menyebutkan bahwa Intel selalu memiliki pencapaian yang menakjubkan, seperti adanya Pentium 4 pada tahun 2001, Centrino pada 2004, Netbook pada 2008, dan pada 2011 Intel menemukan Ultrabook. Dengan adanya pencapaian seperti ini pula Intel ingin merubah tren yang ada saat ini.

Tom Kilroy
Tom Kilroy

Pada Computex 2013, Tom memperkenalkan Haswell, nama sandi dari Prosesor Intel 4th Generation Intel Core. Selain itu, beliau juga memperkenalkan Silvermont yang digunakan pada platform Merrifield untuk smartphone dan  SoC Bay Trail-T untuk tablet entry level. Semua produk inilah yang akan menjadi sebuah pengubah tren teknologi dari Intel untuk ke depannya.

Silvermont

SoC Bay Trail T yang menggunakan Atom Silvermont akan mendukung tiga sistem operasi, yaitu Android, Chrome, dan tentunya, Windows. SoC ini nantinya akan digunakan pada perangkat tablet, 2 in 1, notebook, dan AIO. Pada acara ini pula, Tom memperlihatkan tablet tipis yang menggunakan SoC Bay Trail T. Keunggulan dari Bay Trail T adalah platform ini dapat menjalankan semua aplikasi yang ada pada Android. Selain itu dengan sistem operasi Windows, Bay Trail mampu menjalankan game Torchlight 2 dengan sangat baik. Yang paling mengesankan adalah Bay Trail T mampu menjalankan video dengan resolusi 4K. Tentunya, SoC yang satu ini juga telah mendukung LTE.

Haswell TDP SDPHaswell vs Ivy

Setelah itu, Intel memperkenalkan prosesor Core generasi ke 4, Haswell, yang didesain untuk  Ultrabook dengan membawa graphics bernama Intel Iris untuk pengalaman yang lebih baik. Haswell diklaim oleh Intel lebih hemat sampai 1,5 kali dibandingkan Ivy Bridge. Pada sisi grafisnya, kemampuannya bahkan mencapai 2 kalinya Ivy Bridge. Hal tersebut dibuktikan dengan menjalankan game Grid 2 tanpa adanya lag. Dengan penurunan daya, Intel bahkan berhasil memamerkan sebuah tablet dengan prosesor Haswell yang tidak menggunakan pendingin kipas.

2 in 1 Notebook

Saat ini, Intel memperkenalkan nama baru pada produknya, yaitu 2-in-1. Nama ini telah menggantikan nama Convertible, di mana sebuah notebook dapat dijadikan tablet. Walaupun begitu, 2-in-1 hanya berlaku saat produk tersebut menggunakan Windows sebagai sistem operasinya, seperti pada saat ini dengan Windows 8.

Perceptual Computing - 3D Camera

Terakhir, Tom memperkenalkan Perceptual Computing yang tahun lalu telah disinggung olehnya. Perceptual Computing ini menggunakan indera-indera yang ada pada manusia, seperti sentuhan, gerakan tangan, dan lainnya. Hal tersebut dicapai dengan menggunakan sebuah kamera 3D khusus.

Tablet Bay Trail TSmartphone Merrifield

Pada beberapa perangkat, Perceptual Computing dipakai untuk membuka kunci pada Windows dengan Face Recognition.  Lalu dengan menggunakan layar sentuh, sebuah perangkat dapat dipakai untuk bermain game fighting dengan menggunakan virtual pad. Saat dihubungkan dengan sebuah docking keyboard, sistem secara langsung memindahkan fungsi pad ke kunci pada keyboard. Dan jika notebook tersebut dilipat layaknya Lenovo Yoga, layar touch mengembalikan fungsi virtual pad tersebut.

Perceptual Computing Demo

Lalu saat melakukan gerakan tangan di depan 3D camera, seorang dokter dapat memutar model 3D dari sebuah tubuh manusia tanpa harus menggunakan mouse atau keyboard. Cukup dengan memutar tangan saja, model 3D tersebut dapat berputar sesuai dengan keinginan sang pengguna. Pada sisi perintah suara, kemampuan pada Dragon Assistant ditingkatkan. Misalnya saja untuk mengenali sebuah kata yang sulit untuk dieja seperti nama-nama obat. Pada sisi pengenalan tulisan, kemampuan ini telah ditingkatkan sehingga tulisan seorang dokter pun akan mampu dideteksi. Perceptual Computing pun mampu untuk mendeteksi detak jantung dengan mengenali detak tersebut pada wajah. Uniknya, Perceptual Computing ini dapat dipakai untuk mengganti background saat kita melakukan video call. Jadi sang lawan bicara akan sulit mengetahui kita sedang berada di mana.

Semua teknologi terbaru dari Intel tersebut akan menghiasi perangkat-perangkat 2-in-1 di tahun ini. Semoga saja kita dapat melihat perangkat-perangkat tersebut dengan cepat.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…