Hands-On Review Asus RT-AC52U: Wireless AC Murah dengan Fitur Lengkap

Reading time:
February 18, 2015

Wireless Router dengan dukungan standar 802.11ac atau Wireless AC saat ini sudah semakin mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya perangkat dengan dukungan untuk kecepatan tinggi, seperti AC1750 ke atas, saat ini router Wireless AC dengan kecepatan yang relatif lebih rendah pun sudah mudah ditemukan. Lantas, apakah router Wireless AC “kecepatan rendah” menarik untuk dilirik? Bukankah keunggulan Wireless AC adalah kecepatan tinggi yang dimilikinya?

Asus RT-AC52U - 01

Berdasarkan pengamatan kami, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah: menarik! Wireless AC, selain memang bisa menghadirkan bandwidth yang lebih besar dari standar sebelumnya, juga dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Penggunaan frekuensi “wajib” di 5 GHz juga memungkinkan koneksi yang lebih baik karena frekuensi tersebut tidak “sekotor” 2.4 GHz yang umum digunakan di standar sebelumnya. Selain itu, router dengan dukungan kecepatan yang lebih rendah ini umumnya dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

Asus, perusahaan yang produk wireless routernya sudah sering mampir ke kantor JagatReview, mencoba untuk menghadirkan router Wireless AC berkecepatan rendah dengan harga yang terjangkau. Produk tersebut, RT-AC52U, beberapa waktu lalu mampir ke kantor kami, menyusul beberapa saudaranya yang lain. Seberapa menarik router Wireless AC murah racikan dari Asus ini?

Paket Penjualan

Asus RT-AC52U - 02

Router RT-AC52U dari Asus ini hadir dalam sebuah kemasan boks yang memiliki warna serupa dengan beberapa produk wireless networking dari merek tersebut yang sudah pernah hadir sebelumnya. Boks tersebut berukuran tidak terlalu besar dengan warna dasar hitam dan corak warna biru. Terlihat jelas dari tulisan di kemasan bahwa perangkat ini mendukung standar Wireless AC750 (300 Mbps di 2.4 GHz dan 433 Mbps di 5 GHz).

Asus RT-AC52U - 03

Terdapat beberapa perlengkapan pendukung penggunaan dari perangkat tersebut yang disertakan Asus dalam paket penjualan router tersebut, yaitu:

  • Adaptor daya
    Asus RT-AC52U - 04
  • Kabel Ethernet
    Asus RT-AC52U - 06
  • Quick Start Guide
  • CD berisi aplikasi pendukung
    Asus RT-AC52U - 07
Asus RT-AC52U - 05

Asus juga menyertakan semacam stand yang dapat digunakan pengguna untuk memposisikan router tersebut dalam posisi berdiri.

Asus RT-AC52U

Router RT-AC52U ini memiliki ukuran yang ringkas, lebih kecil bila dibandingkan dengan router Wireless AC lain dari Asus. Ukuran ringkas tersebut dimungkinkan karena router ini hanya mendukung standar Wireless AC750, sehingga Asus tidak perlu memasukkan komponen berukuran besar dan banyak antena ke dalam router ini.

Asus RT-AC52U - 08

Secara umum, seperti beberapa router kelas menengah ke atas dari produsen yang satu ini, RT-AC52U menggunakan corak elegan dengan pola menyerupai “kilau mutiara”. Pengguna dapat menempatkan router ini di posisi mendapat seperti perangkat jaringan pada umumnya. Namun, karena Asus menyertakan sebuah stand di paket penjualan perangkat, pengguna juga bisa menempatkan router ini di posisi berdiri dengan memamerkan bagian depan perangkat yang memiliki corak elegan.

Asus RT-AC52U - 09

Terdapat beberapa lampu di bagian depan perangkat, bila perangkat diposisikan dalam keadaan berdiri, untuk menunjukkan status dari fungsi dalam router ini. Lampu tersebut disembunyikan di sisi dalam bagian depan, sehingga ketika menyala akan menampilkan efek kilau cahaya di permukaan bagian depan. Lampu indikator yang ada berfungsi untuk menunjukkan status power, wireless 5 GHz, wireless 2.4 Ghz, WAN, LAN, dan USB.

Asus RT-AC52U memiliki beberapa port konektivitas yang semuanya terdapat di samping kiri perangkat, dekat dengan tombol power. Port konektivitas yang ada adalah:

Asus RT-AC52U - 12
  • port daya
  • port Ethernet untuk WAN
  • 4 port Ethernet untuk LAN
  • port USB 2.0
Asus RT-AC52U - 11

Selain port konektivitas dan tombol power, di sisi yang sama terdapat pula tombol WPS. Terdapat dua buah tombol lain di sekeliling badan dari RT-AC52U, yaitu tombol reset yang terdapat di sisi belakang dan tombol WiFi On/Off di sisi samping kanan. Di bagian belakang, terdapat pula lubang untuk memasang router ini ke tembok.

Asus RT-AC52U - 10

Perangkat dari Asus ini memiliki sederet lubang ventilasi di bagian bawah dan atas perangkat. Lubang tersebut tentunya disiapkan untuk membantu melepas udara panas dari dalam router sehingga ketika bekerja router tidak menjadi terlalu panas. Sepanjang pengujian kami, router RT-AC52U ini cenderung tidak menghasilkan panas yang tinggi. Cukup wajar, mengingat perangkat ini hanya mendukung standar Wireless AC750 yang bisa dikatakan tidak terlalu tinggi.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…