Upgrade Performa PC dengan 500 Ribuan Rupiah

Author
Dedy Irvan
Reading time:
July 21, 2015

SSD (Solid State Drive)

Ingat bahwa semua data yang akan diolah kan diambil dari storage/penyimpanan data? Jadi jika storage utama dibuat menjadi kencang, performa sistem akan menjadi kencang juga. Saat ini, tidak ada pilihan yang lebih kencang selain SSD. Menggunakan SSD untuk drive C: dan menginstalasikan Windows di drive itu akan membuat sistem meningkat responsnya.

Pro dan kontra mengenai SSD selalu berkisar mengenai harga dan daya tahannya. Oleh sebab itu, perhatikan terlebih dahulu kedua pernyataan di bawah ini.

Harga SSD jangan dilihat dari kapasitasnya. Prosesor yang bisa membuat performa naik 2x lipat akan dibayar mahal, bukan? Nah, SSD bisa meningkatkan respons sistem 2x lipat lebih, loading game berkurang hingga separunya, dan performa aplikasi desain bisa meningkat 2-7x lipat. Melihat peningkatan performa yang diberikan, harganya menjadi terlihat murah, bukan?

Daya tahan SSD memang bergantung pada jumlah data yang ditulis. Secara teoritis, harddisk harusnya lebih tahan lama. Sayangnya, banyak yang lupa bahwa harddisk tidak dirancang untuk menerima guncangan dan getaran. Umurnya akan memendek drastis. Sementara SSD tidak bermasalah dengan guncangan dan getaran sama sekali. Berhubung PC di atas meja pun akan menerima guncangan dan getaran, umur SSD menjadi lebih panjang. Team kami bahkan sudah menggunakan puluhan SSD selama 5 tahun JagatReview berdiri dan tak satupun mati atau melamban.

Tes Perbandingan SSD - Aufmacher

SARAN: Untuk mencoba SSD dengan dana 500 ribuan pilihan terbanyaknya adalah SSD berukuran 60-64GB. Ini sudah cukup untuk tahap awal.

Catatan: Kami melihat bahwa harga SSD 120GB sudah turun lumayan pesat hingga mencapai kisaran 600-700 ribuan, bahkan ada toko online yang menjual di harga 500 ribuan. Jadi, lakukan survey ke semua toko online, dan mungkin Anda bahkan bisa mempersunting SSD 120GB dengan dana 500 ribuan rupiah.

 

Graphics Card

Tentu saja, PC gamers akan membutuhkan prosesor dan VGA yang baik. Apabila Anda masih menggunakan VGA terintegrasi Intel atau VGA lama seperti GT210 atau HD 5450, inilah saatnya Anda upgrade VGA.Tidak banyak VGA yang layak yang bisa dipersunting dengan dana 500 ribuan. Mengapa demikian? Coba simak dulu artikel kami mengenai VGA Murah yang Tidak Layak Dibeli.

GTAV6570

SARAN: Pilihan pertama kami jatuh pada AMD Radeon HD 6570 1GB DDR3 (atau HD 5570). VGA jenis ini tersedia di kisaran 600 ribuan, dan ada beberapa brand (contoh: PowerColor) yang mengadakan promo hingga VGA tersebut dijual di kisaran 500 ribuan rupiah. VGA jenis ini adalah VGA termurah yang masih “masuk di akal” untuk dibeli. Bahkan bisa memainkan game berat seperti GTA V yang kami uji dalam artikel ini: Bermain GTA V dengan VGA Murah

Upgrade PC desktop dengan dana terbatas memang membatasi pilihan. Akan tetapi, dengan menetapkan fungsi apa yang Anda butuhkan, Anda bisa mengoptimalkan performa sesuai pemakaian, dengan dana hanya 500 ribuan.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Battery Kapasitas 42 Whr Setting Brightness 50% | Volume 25%…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

Sistem Pendingin Sistem Pendingin aktif Cooler Boost 5 dengan 2…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

Sistem Pendingin Sistem pendingin menggunakan tipe Vapor Chamber yang yang…

Gaming

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 12, 2021 - 0

Capcom Sempat Rencanakan Ada Wong untuk RE Village!

Dengan lebih banyak seri Resident Evil utama yang meluncur ke…