JR Award 2015 untuk 2016: HSF

Reading time:
February 22, 2016

Sejak beberapa tahun lalu, perkembangan perangkat pendingin prosesor sudah mulai didominasi oleh produk-produk Watercooling AIO yang pada umumnya memiliki performa pendinginan yang lebih baik dibandingkan dengan heatsink fan (HSF). Bahkan, pada tahun 2015 lalu, semakin banyak pengguna PC yang melirik Watercooling AIO untuk pendingin prosesor di desktop mereka. Namun, tren ini tidak membuat produsen heatsink berhenti berinovasi dan mengeluarkan produk unggulan baru. Bahkan, sepanjang tahun 2015 lalu, terdapat beberapa produk HSF terbaru yang cukup menarik.

Feat.-Image-HSF

Setelah memilah-milah produk HSF menarik yang dirilis pada tahun 2015 lalu, akhirnya kami mendapatkan beberapa produk yang layak untuk mendapatkan penghargaan. Dikarenakan minimnya pilihan HSF tahun 2015 yang berhak mendapatkan penghargaan, kami memutuskan untuk menyajikan artikel pemberian award ini tanpa pembagian kelas harga ataupun ukuran. Berikut beberapa produk HSF keluaran tahun 2015 yang patut dilirik pada tahun 2016 ini, berdasarkan pilihan kami!

NOCTUA NH-D15S

Noctua-NH-D15S

Noctua kembali merilis produk HSF flagship mereka dari seri Noctua NH-D. Noctua kembali melakukan revisi pada produk Noctua NH-D15 milik mereka dan merilis Noctua NH-D15S yang memiliki kompatibilitas yang lebih baik terhadap penggunaan memori RAM high-end yang dilengkapi dengan heat-spreader berukuran besar dan tinggi. Selain itu Noctua juga tidak lupa meningkatkan kompatibilitas HSF NH-D15S ini terhadap motherboard Micro-ATX dan Mini-ITX, dimana Noctua memastikan bahwa HSF ini tidak akan berbenturan dengan VGA card yang dipasang pada slot ekspansi teratas/pertama motherboard berukuran kecil.

Noctua NH-D15S hadir sebagai produk HSF dual-tower yang memiliki desain fisik yang mirip dengan produk pendahulunya NH-D15 yang sama-sama telah dilapisi dengan nikel agar tidak mengalami korosi. HSF ini juga dilengkapi dengan 6 buah heatpipe tebal yang siap mengoptimalkan performa pendinginan. Selain itu, HSF NH-D15S ini juga dilengkapi dengan sebuah fan pendingin berdiameter 140 mm yang mampu mampu mengoptimalkan performa HSF ini dengan sunyi. Performa pendinginan yang ditawarkan oleh NH-D15S ini tentunya tidak kalah dengan Watercooling AIO, dan bahkan mampu mengalahkan performa pendinginan yang ditawarkan oleh beberapa produk Watercooling AIO pada range harga yang sama. HSF Noctua NH-D15S bisa menjadi pilihan yang menarik bagi gamer dan enthusiast yang ingin mendapatkan pendingin prosesor yang memiliki performa setara dengan Watercooling AIO, tanpa harus memikirkan resiko bocor dan tidak mempermasalahkan ukuran heatsink yang tergolong besar dan bongsor.

Tidak bisa dipungkiri, HSF ini adalah salah satu HSF terbaik di tahun 2015 dan masih menawarkan kemampuan yang sangat baik untuk komputer di tahun 2016 ini. Oleh karena itu, kami memberikan Gold Award untuk produk Noctua ini.

Enermax ETS-T40fit

Enermax-ETS-T40Fit

Pada akhir tahun 2015 lalu, Enermax merilis HSF ETS-T40 fit White Cluster yang merupakan penerus dari ETS-T40 yang cukup populer di pasar PC rakitan Indonesia. Pada pengujian kami beberapa waktu lalu, HSF ini terbukti sedikit lebih unggul dibanding seri pendahulunya dengan perbedaan suhu sebesar 1~2 oC lebih dingin. Selain performa yang lebih baik dibanding dengan seri pendahulunya, ETS-T40fit White Cluster ini sangat ramah terhadap penggunaan RAM yang dilengkapi dengan heatspreader berukuran besar dan tinggi.

Menariknya, paket penjualan HSF ini juga dilengkapi dengan 2 unit fan ber-LED putih yang siap menerangi bagian dalam casing penggunanya. Selain itu, kedua fan tersebut memiliki spesifikasi kecepatan putaran yang tinggi, mencapai 2200 RPM. Terdapat juga switch On/Off lampu LED dan fitur switch kecepatan yang memberikan 3 opsi kecepatan maksimum fan bawaan HSF ini (1600 RPM, 1800 RPM dan 2200 RPM). Bagi yang ingin mengurangi suara bising fan bawaan HSF ini dapat membatasi kecepatan putar maksimum fan bawaan HSF ini melalui fitur switch ini, tetapi tentunya hal ini akan mengorbankan performa pendinginan pada HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster.

HSF ini menurut kami sangat layak untuk mendapatkan penghargaan Gold Award karena berbagai kelebihannya tersebut.

Raijintek Tisis

Raijintek-Tisis

 

 

Raijintek Tisis merupakan HSF yang cukup menarik yang dirilis di tahun 2015 lalu. HSF ini memiliki ukuran besar, serta dilengkapi dengan 5 heatpipe, dan menawarkan performa pendinginan yang mendekati sebuah Watercooling AIO dengan radiator 240 mm. Harga dari HSF ini juga menarik, terutama bila dibandingkan dengan performanya yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 800 ribu, lebih terjangkau bila dibandingkan dengan Watercooling AIO berkemampuan serupa yang rata-rata dipasarkan di atas Rp 1 juta.

Sayangnya, ukuran fisik Tisis yang besar ini sedikit menjadi penghambat, terutama karena masalah kompatibilitas dengan casing dan RAM dengan heatspreader besar/tinggi. Walaupun begitu, Tisis tetaplah menjadi produk yang menurut kami layak diperhitungkan bila Anda sedang mencari HSF untuk mendinginkan prosesor di desktop Anda, dan Anda tidak menggunakan casing sempit atau RAM berheatspreader besar. Oleh karena itu, kami memberikan Silver Award untuk Tisis.

ID-Cooling SE-204K

ID-Cooling-SE-204K

HSF lain yang tidak kalah menarik untuk tahun 2015 lalu adalah produk dari ID-Cooling yang satu ini, SE-204K. Produk ini memiliki kemampuan pendinginan yang memadai, bahkan untuk PC dengan prosesor yang di-overclock untuk kebutuhan harian sekalipun. Ukuran dari HSF ini juga tidak membuatnya memiliki masalah kompatibilitas dengan RAM ber-heatspreader besar/tinggi.

SE-204K memiliki kemampuan untuk menampung dua kipas dengan konfigurasi push-pull untuk pendinginan yang lebih optimal. Hanya saja, Anda harus menambahkan sendiri kipas kedua tersebut karena ID-Cooling tidak menyertakannya di paket penjualan. Namun, dengan satu kipas-pun, HSF yang satu ini tetap menawarkan kemampuan yang memadai, sehingga kami berani mengganjarnya dengan Silver Award.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 12, 2024 - 0

Monster Hunter: World Tembus 25 Juta Kopi

Salah satu keputusan terbaik yang pernah diambil Capcom, ini mungkin…
March 12, 2024 - 0

Sakuna: of Rice and Ruin Tuju Anime

Melihat proses adaptasi video game super populer ke media yang…
March 12, 2024 - 0

Film Super Mario Bros. Kedua Tayang April 2026

Mulai memahaminya sebagai “mesin pencetak uang” yang super efektif, Nintendo…
March 12, 2024 - 0

Gamer Berkumpul, lkut Berkabung dengan Kepergian Akira Toriyama

Seperti kehilangan kepingan masa kecil, ini mungkin yang dirasakan banyak…