Asus Tampilkan Jajaran Motherboard X99 Baru

Reading time:
June 1, 2016

Hadirnya prosesor Core i7 Extreme Edition baru membuat produsen motherboard kembali menghadirkan produk baru dengan chipset X99 yang mendukung prosesor tersebut. Asus pun demikian. Mereka menampilkan empat motherboard X99 baru di Computex 2016 ini.

SONY DSC
SONY DSC

Empat motherboard tersebut adalah X99-E-10G WS, X99 Deluxe II, ROG Strix X99 Gaming, dan ROG Rampage V Edition 10. Keempatnya ditujukan untuk kelas user yang berbeda, tetapi tentu saja Asus melengkapi semuanya dengan fitur unggulan mereka. Penasaran dengan keempat motherboard tersebut? Berikut ini adalah penjelasan singkat keempatnya!

 

X99-E-10G WS

Asus X99 Computex 2016 - X99-E-10G WS

Sesuai kode yang diusungnya, motherboard ini ditujukan untuk sebuah workstation dengan basis prosesor LGA2011-3, baik dari keluarga Core i7 Haswell-E & Broadwell-E maupun Xeon E5 v3 & v4. Selain itu, kode “10G” yang juga menjadi bagian dari namanya merupakan penanda bahwa motherboard ini dilengkapi dengan 10Gb Ethernet. Walaupun menggunakan chipset X99, Asus menyebutkan bahwa motherboard ini mendukung penggunaan DDR4 ECC ketika disandingkan dengan prosesor Xeon E5.

Secara keseluruhan, motherboard ini dilengkapi dengan 7 slot PCIe x16. Motherboard tersebut bisa mengakomodasi penggunaan multi graphics card hingga 4-way SLI/CrossFire. Asus juga melengkapi motherboard ini dengan konektor standar terbaru, termasuk USB 3.1, M.2, dan U.2.

X99 Deluxe II

SONY DSC
SONY DSC
On-board Power & Reset, Debug LED, Clear CMOS. Port PCIe x16 dengan SafeSlot
SONY DSC
U.2, M.2, SATA 6 Gbps, & SATA Express
SONY DSC
I/O Panel
SONY DSC

Motherboard dari seri Deluxe ini menawarkan cukup banyak fitur bagi pengguna. Asus melengkapi motherboard ini dengan AURA, sistem tata cahaya yang bisa diatur dengan mudah sesuai keinginan pengguna. Beberapa slot PCIe x16 di motherboard ini dilengkapi dengan SafeSlot, sehingga bisa menahan beban lebih berat, yang akan membantu bila pengguna menggunakan graphics card besar di PC mereka. Terdapat juga fitur FanXpert 4, yang mendukung kipas dengan Ampere besar atau pompa watercooling performa tinggi.

Asus juga melengkapi motherboard ini dengan berbagai konektor modern, termasuk M.2 dan U.2 untuk storage kencang masa kini, serta USB 3.1 Type A & Type C. Tersedia juga WiFi AC 3×3 untuk koneksi nirkabel kecepatan tinggi ke jaringan. Sistem tata suara Supreme FX, on-board button untuk Power dan Reset, serta Debug LED melengkapi fitur yang ada di motherboard ini.

ROG Strix X99 Gaming

SONY DSC
SONY DSC
Slot PCIe x16 di motherboard ini juga dilengkapi SafeSlot
SONY DSC
M.2, U.2, SATA Express, dan SATA 6 Gbps
SONY DSC
I/O Panel

Motherboard ini merupakan motherboard pertama yang mengusung “darah” ROG Strix. Produk motherboard ROG Strix sendiri dirancang untuk menawarkan fitur serupa dengan seri “ROG” polos lawas. Serupa dengan X99 Deluxe II, motherboard ini juga dipersenjatai dengan fitur AURA, FanXprt 4, dan SafeSlot. Asus juga melengkapi motherboard dari lini ROG Strix ini dengan add-on card yang mendukung interface Thunderbolt 3. Sistem tata suara Supreme FX juga tersedia di motherboard ini.

Berbagai konektor modern, termasuk USB 3.1 Type A dan Type C, serta M.2 dan U.2 untuk storage kencang, juga tersedia di motherboard ini. WiFi AC 2×2 juga tersedia untuk koneksi wireless network dengan kecepatan tinggi.

ROG Rampage V Edition 10

SONY DSC
SONY DSC
I/O Panel dengan Integrated I/O Shield
SONY DSC
U.2, M.2, SATA 6 Gbps. Warna logo ROG di heatsink chipset bisa berubah-ubah karena fitur AURA
SONY DSC
Debug LED (00 karena Asus tidak memasang prosesor di unit demo ini), on-board Start & Reset, Retry & Safe Boot, Mem OK, switch Slow Mode, dan switch untuk mengaktif-nonaktifkan komponen di motherboard.
SONY DSC
Backpanel dari Rampage V Edition 10 juga dilengkapi dengan LED AURA

Seperti yang telah kami sebutkan di artikel sebelumnya, motherboard yang satu ini adalah produk yang disiapkan Asus untuk ulang tahun ke-10 lini ROG. Bila dibandingkan dengan ROG Rampage V, produk ini memiliki beberapa keunggulan, terutama dari sisi fitur, di mana Asus menyertakan beberapa fitur terbaru mereka di motherboard ini, seperti AURA. Fitur ini membuat PC pengguna terlihat lebih menarik dengan tampilan warna-warni yang bisa diatur sesuai keinginan penggunanya. Banyaknya fitur tambahan dimaksudkan agar lini “ROG” baru menjadi lebih baik dari “ROG” sebelumnya yang kini perannya diambil alih oleh ROG Strix.

Selain AURA, mirip dengan produk lain dari jajaran X99 baru ini, beberapa slot PCIe x16 di motherboard ini dilengkapi dengan SafeSlot. Motherboard ini juga dilengkapi dengan backplate khusus untuk melindungi bagian belakang motherboard, mengoptimalkan pendinginan, serta mempercantik tampilannya. Motherboard ini juga dilengkapi dengan Integrated I/O Shield, dengan penutup panel I/O terintegrasi dengan heatsink dan cover yang menutupinya. Sistem audio tidak hanya mengandalkan SupremeFX, motherboard ini juga dilengkapi dengan panel audio terpisah yang mampu menawarkan kualitas suara sebaik yang dihasilkan oleh sound card Strix yang ditawarkan oleh Asus.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…