Computex 2016: Thunderbolt 3, Satu Port untuk Berbagai Kegunaan

Author
Bimanto
Reading time:
June 11, 2016

 

SONY DSC

 

Thunderbolt 3 merupakan salah satu teknologi yang ditampilkan oleh Intel pada Computex 2016 yang bertempat di Taiwan. Saat ini diperlukan koneksi yang dapat memberikan jalur data yang besar untuk berbagai perangkat eksternal yang semakin lama semakin memerlukan koneksi yang semakin cepat. Untuk mempercepat peralihan teknologi ini, Intel pada prosesor generasi ke-6 telah memasukkan kontroller Thunderbolt 3 kedalamnya dan juga para produsen perangkat komputer mulai memberikan port yang mendukung jalur tersebut.

SONY DSC

 

Saat ini, port Thunderbolt 3 mempunyai standar bentuk port yang sama dengan USB 3.1 Type-C, sehingga port tersebut dapat digunakan oleh kedua standar itu. Cara membedakan antara USB 3.1 Type-C dengan Thunderbolt 3 adalah dengan cara melihat lambang pada port tersebut dan juga keduanya mempunyai kabel yang berbeda untuk dapat memberikan kecepatan maksimal. Hal ini juga dapat dilihat dari lambang yang diberikan pada kabel tersebut. Sebagai perbandingan, saat ini USB 3.0 dapat memberikan kecepatan 5 Gbps, USB 3.1 Type-C dapat mencapai 10 Gbps dan Thunderbolt 3 dapat memberikan kecepatan hingga 40 Gbps. Dengan kecepatan tersebut maka berbagai perangkat yang memerlukan jalur data tinggi dapat dilakukan melalui Thunderbolt 3, seperti storage eksternal berbasis solid state drive, jalur display monitor, melakukan charge untuk notebook, menghubungkan graphics tambahan dan lain sebagainya.

SONY DSC

 

Pada kesempatan itu, Intel juga memperlihatkan berbagai perangkat eksternal yang nantinya akan membanjiri pasar sehingga akan memudahkan para pengguna karena akan menggunakan standart port yang sama, baik untuk USB type-C maupun Thunderbolt 3. Kami sempat diperlihatkan sebuah notebook tipis langsiran razer blade stealth yang tipis tetapi mampu memainkan game 3D kelas atas dengan menyambungkan kepada sebuah box yang telah terisi dengan graphics kelas desktop yang dapat memberikan kinerja GPU yang tinggi melalui jalur Thunderbolt 3. Anda dapat melihat pada gambar di atas dan box graphics card pada bagian bawah. Tidak hanya itu, kami juga menemukan berbagai merek lain yang telah siap menjual box jenis ini dan dapat dibeli bebas selama notebook Anda mempunyai port Thunderbolt 3.

 

SONY DSC SONY DSC

 

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat solusi box graphics yang berbeda dengan yang ditawarkan kepada razer blade stealth. Box graphics ini langsiran dari Acer yang berisi graphics NVIDIA GeForce 950M yang mempunyai bentuk yang lebih simple, kecil dan ringan, sehingga lebih mudah dibawa kemana saja. Selain itu, box ini juga mempunyai berbagai port tambahan di bagian belakangnya, seperti port USB, ethernet, display port, HDMI dan lain sebagainya sebagai tambahan.

 

SONY DSC

Berbagai adaptor Thunderbolt 3 yang saat ini sudah dapat ditemukan di pasaran yang tetap memerlukan standar lainnya tetapi tetap melalui jalur tersebut, seperti Thunderbolt 3 ke ethernet, HDMI, USB type lama, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk solusi lainnya, beberapa produsen juga telah membuat berbagai docking tambahan dengan berbagai port yang masih sangat diperlukan saat ini, solusi ini cocok bagi Anda yang membeli sebuah notebook tetapi hanya memberikan pilihan port Type-C secara terbatas.

SONY DSC
Load Comments

Gadget

June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…
June 4, 2021 - 0

Video: Review Live On – Pra-bayar, Paket Kuota Besar, Ga Ribet!

Semua pengguna layanan internet dari operator selular prabayar, tentunya berharap…

Laptop

June 10, 2021 - 0

Review Acer Aspire 5 Ryzen 5000: Laptop Kencang yang Mudah Di-Upgrade

Acer baru saja memperkenalkan seri Acer Aspire 5 Ryzen 5000…
June 9, 2021 - 0

Review HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU): Laptop 2-in-1 Unik, Harga Bersahabat!

Berbekal Intel Core i3 Gen 11th dan layar sentuh plus…
June 3, 2021 - 0

Review Lenovo Ideapad Gaming 3 N1ID: Kencang Buat Gaming dan Edit Video, Cuma Rp 11 Jutaan

Mencari laptop dengan performa yang tinggi dan bisa diajak gaming…
May 22, 2021 - 0

Review Lenovo IdeaPad Flex 5: Laptop Convertible 2-in-1 Super Kencang!

Akhir-akhir ini, produk laptop 2-in-1 convertible dengan touch screen, kian…

Gaming

June 13, 2021 - 0

Gaya Film Akira Kurosawa, Devolver Digital Perkenalkan Trek to Yomi!

Serahkan urusan untuk memperkenalkan game-game unik ke pasaran, bergaya indie…
June 13, 2021 - 0

Ubisoft Rilis Trailer Perdana Avatar: Frontiers of Pandora

Aang terlihat aneh? Ya tentu saja, mengingat franchise Avatar yang…
June 12, 2021 - 0

Nintendo Umumkan Mario + Rabbids: Sparks of Hope

Beberapa tahun yang lalu, kolaborasi antara kedua franchise ini memang…
June 12, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Metal Slug Tactics

Melihatnya kembali di industri game dalam seri yang baru tentu…