Hands-On Review: ASUS MG24UQ Gaming Monitor

Reading time:
October 11, 2016

Monitor

asus-mg24uq-monitor

ASUS MG24UQ tampil sederhana dalam balutan warna hitam matte disekujur permukaan bodi. Monitor ini memiliki ukuran bodi sebesar 55,6 x (39,2~54,2) x 27,6 cm sehingga tidak terlalu memakan tempat saat diletakkan di atas meja. Sementara itu dengan bobot mencapai 7,2 kg, monitor ini tergolong cukup berat terlebih mengingat ukuran layar sebesar 23,6 inci. Walaupun begitu hal tersebut masih mengingat desain bodi yang digunakan. Terlebih dengan bobot seperti itu membuat monitor ini lebih kokoh saat berdiri.

asus-mg24uq-screen

ASUS MG24UQ merupakan monitor LCD LED ukuran 23,6 inci dengan dengan tingkat resolusi gambar Ultra HD/4K/3840×2160 piksel. Kombinasi ukuran layar dan resolusi gambar tersebut membuat ASUS MG24UQ memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 186 PPI (Pixels per Inch) sehingga mampu menghasilkan gambar tajam untuk berbagai kondisi. Monitor LCD ini menggunakan panel tipe IPS (In-plane Switching) dengan kemampuan menghasilkan 16,7 juta variasi warna. Selain mampu menghasilkan warna lebih akurat, penggunaan panel IPS juga membuat monitor LCD ini memiliki sudut penglihatan luas hingga 178°, baik sudut horizontal maupun vertikal, tanpa menghasilkan perubahan warna berarti. Tidak sampai disitu saja, ASUS MG24UQ juga memiliki tingkat response time sebesar 4 miliseconds (Grey-To-Grey). Tergolong tinggi terlebih monitor LCD dengan panel IPS umumnya memiliki tingkat response time sebesar 5 miliseconds atau di atasnya. Tingkat response time tersebut memang masih belum dapat menyamai panel TN yang saat ini telah menyentuh angkat 1 miliseconds. Akan tetapi kami tidak menemukan sama sekali gejala image ghosting meskipun ASUS MG24UQ harus menangani adegan cepat sekalipun.

asus-mg24uq-menu-30 asus-mg24uq-freesync

Salah satu keistimewaan ASUS MG24UQ adalah hadirnya teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync. Walaupun begitu pada produk monitor ini, ASUS meyebut teknologi tersebut dengan Adaptive-Sync. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi VSync. Alhasil kualitas tampilan pada saat bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearing. Tidak hanya itu, gejala input lag dan stuttering juga dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali sehingga game menjadi lebih responsif saat dimainkan. Teknologi Adaptive-Sync pada ASUS MG24UQ mendukung rentang refresh rate 40 Hz hingga 60 Hz.

asus-mg24uq-rear-side

Pada sisi belakang panel layar ASUS MG24UQ dapat ditemukan lubang ventilasi yang menghadap sisi atas, kanan, dan kiri. Lubang ventilasi digunakan untuk melepaskan panas dari dalam panel layar monitor sekaligus mengeluarkan suara dari dua speaker dengan rating 2 Watt RMS. Terlihat pula ASUS menempatkan tombol pengoperasian menu pada sisi belakang penel layar monitor.

asus-mg24uq-basestand-front-rear-view

Penopang layar monitor LCD dengan desain konstruksi seperti ini memang memberikan sejumlah keuntungan tersendiri pada ASUS MG24UQ. Tidak hanya membuat monitor LCD lebih kokoh saat ditempatkan, penopang tersebut juga membuat pengguna dapat dengan mudah dan bebas mengatur posisi layar monitor LCD sesuai dengan keinginan mereka.

asus-mg24uq-hinge

Pada permukaan penopang layar monitor LCD dapat ditemukan informasi tingkat ergonomi ASUS MG24UQ seperti sudut putar untuk arah kanan dan kiri, tingkat ketinggian minimum hingga maksimum, dan lainnya.

[toggles class=”yourcustomclass”]
[toggle title=”Rotate – Right” class=”in”]asus-mg24uq-swivel-left[/toggle]
[toggle title=”Rotate – Left”]asus-mg24uq-swivel-right[/toggle]
[/toggles]

Penopang layar monitor LCD pada ASUS MG24UQ mengijinkan pengguna untuk memutar hingga sudut 60 ° baik ke arah kanan maupun kiri.

asus-mg24uq-basestand-rotational-joint

ASUS menempatkan penanda pada kaki penopang untuk memastikan posisi layar monitor LCD dapat kembali lurus setelah diputar ke arah kanan dan kiri.

[toggles class=”yourcustomclass”]
[toggle title=”Height – Maximum” class=”in”]asus-mg24uq-maximum-height[/toggle]
[toggle title=”Height – Minimum”]asus-mg24uq-minimum-height[/toggle]
[/toggles]

Penopang layar monitor LCD pada ASUS MG24UQ juga mengijinkan pengguna untuk mengatur ketinggian hingga 15 cm lebih tinggi dari posisi paling rendah.

[toggles class=”yourcustomclass”]
[toggle title=”Potrait Mode – Front” class=”in”]asus-mg24uq-potrait-mode-front[/toggle]
[toggle title=”Potrait Mode – Rear”]asus-mg24uq-potrait-mode-rear[/toggle]
[/toggles]

Layar monitor LCD pada ASUS MG24UQ dapat diputar hingga sudut 90 ° atau diposisikan pada potrait mode. Posisi ini sangat menguntungkan pengguna saat membaca dokumen atau website tanpa perlu terlalu banyak melakukan proses scroll.

asus-mg24uq-connectivity

Konektor display pada monitor LCD ASUS MG24UQ terdiri dari (kanan ke kiri) 1x Display Port 1.2, 1x HDMI 2.0, dan 2x HDMI 1.4a. Untuk penggunaan di resolusi 3840 x 2160 piksel dengan tingkat refresh rate 60 Hz dan untuk menjalankan teknologi Adaptive-Sync, wajib menggunakan konektor Display Port 1.2 atau HDMI 2.0.  Terdapat pula konektor audio 3,5 mm untuk mengakomodir perangkat speaker eksternal atau headphone dan lubang kensington security lock pada sudut bawah monitor LCD ini.

asus-mg24uq-release-button

Tidak jauh dari konektor display dapat ditemukan sebuah tombol hitam untuk melepas penopang dari layar monitor LCD.

asus-mg24uq-power

Konektor tempat masuknya suplai daya listrik ke monitor LCD.

asus-mg24uq-cable-holder-01

Sistem manajemen kabel pada ASUS MG24UQ untuk merapikan semua kabel yang terhubung ke monitor LCD.

asus-mg24uq-cable-holder-02

Pengunci kabel dapat dilepas dengan mudah dengan menekan sisi atas.

asus-mg24uq-operational-buttons

ASUS MG24UQ hadir dengan satu tombol joystick merah dan lima tombol ekstra. Untuk melakukan navigasi menu cukup menggunakan tombol joystick yang memang menjadi nilai tambah tersendiri dari monitor LCD ini. Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersembunyi monitor LCD. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick ke empat arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi.

Lima tombol lainnya memiliki fungsi power on/off (paling bawah), mengakses menu GameVisual dan GamePlus (tombol nomor dua dan tiga dari bawah), memilih konektor display yang akan digunakan (nomor empat dari bawah), dan tombol untuk keluar (Exit).

asus-mg24uq-button-mark

Pada sisi depan sebelah kanan dapat ditemukan deretan lambang fungsi tombol operasional menu.

asus-mg24uq-indicator-lamp

Lampu indikator kondisi monitor LCD dalam keadaan menyala atau tidak, ditempatkan pada sisi bawah tidak jauh dari tombol operasional menu.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 11, 2024 - 0

Masuk First Take, Nobuo Uematsu Bawa OST Final Fantasy VII Rebirth – “No Promises to Keep”

Karir yang cukup panjang dan ragam karya yang tidak tergantikan…
March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…